-->

Cara investor menilai harga saham yang akan dibelinya agar tidak terjadi kerugian


Di zaman sekarang ini mencari sebuah penghasilan yang besar merupakan hal yang lumayan sulit. dan jika memang bisa kita harus bekerja sangat ekstra agar tujuan bisa tercapai. Apalagi di Indonesia angka kemiskinan dan pengangguran dari tahun ke tahun semakin bertambah. banyak orang yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya karena sulitnya mendapatkan kerja ditambah lagi banyak persaingan dimana-mana.

Pasti anda sempat berifikir seperti ini "apakah ada suatu usaha yang tidak perlu melakukan apapun tetapi bisa mendapatkan penghasilan secara instan tiap bulanya?" jika anda pernah memikirkan seperti ini maka anda tidak salah. jika ya maka bagaiman caranya? tentu anda bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja dengan keras yaitu dengan melakukan jual beli saham.

Tentunya kalian sudah mengetahui tentang saham bukan? Jika belum saham merupakan surat berharga yang mencatat kepemilikan kita pada suatu perusahaan. apabila anda membeli saham pada suatu perusahaan anda berhak mendapatkan penghasilan dari keuntungan yang telah didapatkan oleh perusahaan, keuntungan yang diperoleh ini disebut laba. oleh karena itu banyak orang awam yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan melakukan jual beli saham.

Jual beli saham ini merupakan keuntungan jangka panjang yang bisa anda dapatkan jika anda membeli suatu saham. apabila saham yang anda punya memiliki nilai yang tinggi maka keuntungan yang didapat dari perusahaan bisa besar dan juga apabila dijual kepada para investor lain akan besar juga sehingga kita mendapatkan keuntungan dari dua tempat yaitu dari laba perusahaan dan dari hasil jual saham. itu juga tergantung seberapa besar jumlah saham yang anda beli. 

Pada kesempatan ini saya tidak akan membahas lebih detail mengenai pengertian saham. sesuai judul kita akan membahas bagaimana caranya kita menilai suatu saham yang bisa memiliki potensi besar yang bisa membawa kesuksesan dalam melakukan perdagangan saham.

Pembicaraan kali ini adalah mengenai saham yang dijual pada perusahaan terbuka yang diperjualbelikan oleh bursa efek Indonesia.

CARA MEMPERKIRAKAN HARGA SAHAM AKAN NAIK

Sebagai investor yang bijak dalam melakukan jual beli saham pasti akan selalu mempertimbangkan dan memprediksi dengan matang bagaimana saham tersebut apakah akan memiliki nilai jual tinggi atau tidak. dalam melakukan pertimbangan ini langkah langkah yang bisa dilakukan untuk dapat bisa mengetahui potensi dari saham yang mau kita beli. cara tersebut yaitu dengan menganalisa, analisa tersebut terbagi menjadi 2 yaitu analisa fundamental dan analisa teknikal.

ANALISA FUNDAMENTAL

Secara sederhananya analisa ini nilai suatu perusahaan saat ini dan di masa depan. ini diketahui dengan cara menganalisa laporan keungan perusahaan dan juga menghitung faktor eskternal lainnya. setelah mengetahui nilai suatu perusaahaan dan memprediksi kinerja masa depan nya. kita akan membandingkan nilai perusahaan tersebut dengan harga sahamnya saat ini dan kita mencari saham-saham yang harganya murah dan bisa dibilang "salah harga" dalam tanda kutip. Salah harga ini misalnya terjadi dikarenakan harga saham turun untuk sementara saja.

Misalnya pada tahun 2013 hingga 2015 harga minyak jatuh sehingga harga saham minyak juga jatuh padahal penurunan harga komoditas itu sifatnya sementara. Jadi saat itu banyak perusahaan yang harga sahamnya tidak mencerminkan asset atau modal sesungguhnya perusahaan tersebut. dengan membeli saham dengan tanda kutip "murah" tapi hasilnya bagus. harapanya adalah dimasa depan perusahaan akan menampilkan kinerja yang baik sehingga masyarakat lain juga akan sadar bahwa harga saham perusahaan tidak semurah itu. maka apresiasinya akan naik dan harga sahamnya juga naik.

Analisa fundamental umunya dipakai ketika beli saham untuk invsetasi dan lebih untuk jangka panjang misalnya dari yang 3 bulan bahkan sampai ditahan sampai lebih 5 tahun.

ANALISA TEKNIKAL

Pada analisa teknikal yang kita lihat bukan kinerja suatu perusahaan melainkan lebih ke pergerakan harga dan volume jual beli suatu saham kita akan menggunakan chart untuk melihat polda dan trend pada suatu saham. ini bisa dilakukan karena harga saham jangka pendek dapat bergerak sesuai supply and demand.

Misalnya kalau ada banyak yang mau beli dan tidak ada yang mau jual berarti yang mau beli harus menawarkan harga yang paling tinggi dan ternyara pergerakan harga ini membentuk pola pola dan trend yang bisa kita pantau.

Jadi dalam analisa teknikal harapanya adalah kita bisa beli saham ini sebelum saham tersebut di incar oleh investor lain. ini dilakukan dengan cara beli sahamnya disaat waktu yang tepat.

Jika anda masih belum mengerti dengan penjelasanya maka sederhananya seperti ini :

Pada analisa fundamental

-Beli barang yang harganya diskon
-Lalu jual saat harganya sudah tidak diskon

Pada analisa teknikal

-Cari barang apa saja yang bakal dicari orang
-Jual barangnya saat sudah langka

Nah itulah penjelasan cara menilai saham yang akan dibeli. dengan tehnik seperti ini tentunya kita akan sangat terbantu dalam cara melakukan proses jual beli saham yang benar dan tidak mengalami kerugian yang besar.

Bisnis investasi seperti ini akan sangat menguntungkan bagi anda yang ingin menabung untuk masa depan. anda mungkin akan membutuhkan investasi saham karena kebutuhan akan uang pasti akan terus ada. pasti suatu saat keperluan biaya yang akan datang seperti biaya untuk anak sekolah serta yang lainnya akan membebani anda maka mulailah untuk memikirkanya pada saat ini.

Tidak sedikit orang yang tergabung dalam investasi perusahaan terbuka karena lebih menguntungkan dan menjanjikan jika memang kita benar-benar serius memerankanya. tetapi anda juga harus tetap berhati-hati dengan investasi bodong yang saat ini sedang memarak. carilah investasi yang terbukti kebenaranya jangan sampai dana yang telah anda kumpulkan menjadi sia-sia .

Cobalah untuk belajar sedikit demi sedikit apa saja yang sudah anda ketahui mengenai investasi saham ini. jika sudah maka anda tinggal melakukanya saja dengan mengikuti tehnik dan tata cara yang ada sehingga anda bisa menjadi investor yang handal.

Penjelaskan mengenai cara menilai harga saham semoga bisa bermanfaat bagi anda yang mau memulai terjun sebagai investor pemula. Salam akhir kata semoga sukses.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel