-->

Pengertian investasi saham adalah : Definisi dan cara mendapatkan keuntungan investasi saham


Pada saat ini membangun sebuah usaha adalah hal yang bisa dibilang sulit sekali terlebih lagi jika anda membangun usaha yang diharuskan membutuhkan banyak modal. apalagi ditambah keadaan ekonomi anda yang sedang tidak baik maka akan berat rasanya. belum lagi sekarang jika mau membuka usaha ditengah kota terdapat saingan yang begitu banyak. hal ini membuat anda perlahan-lahan mengurungkan niatnya untuk memulainya.

Dari pada anda memikirkan usaha yang belum tentu bisa terlaksana. saat ini sudah tercipta era teknologi yang canggih, bagaimana kalau anda melakukan bisnis investasi saham saja? investasi saham memberikan keuntungan yang menjanjikan dan hampir sebanding penghasilanya dengan menjalankan usaha jika anda serius mengelolanya. sebelum anda melakukan investasi saham sebaiknya anda pahami dulu apa itu investasi saham.

APA ITU INVESTASI SAHAM?

Saham adalah surat berharga yang mencatat kepemilikan kita pada suatu perusahaan. dalam artian investasi saham adalah seorang investor yang membeli saham suatu perusahaan dan menyimpan nya dalam kurun waktu tertentu kemudian berusaha kembali untuk menjual saham tersebut kepada investor lain pada saat harga saham sedang tinggi. harga saham tentu bisa naik dan turun hal tersebut ditentukan oleh banyak faktor diantaranya yaitu mengenai pandangan investor itu sendiri mengenai penilaian suatu saham,ada yang melihat kinerja suatu perusahaan,banyaknya permintaan dan masih banyak lagi.

Pada umumnya pembelian suatu saham dinyatakan sebagai Lot. 1 Lot saham memiliki jumlah 100 lembar dan apabila anda membeli 200 lot maka anda akan mendapatkan 20.000 lembar saham. 

Sebelum anda melakukan jual beli saham anda harus mendaftar pada perusahaan sekuritas. fungsi perusahaan sekuritas ini adalah sebagai perantara agar kita bisa melakukan jual beli saham. nanti kita akan dibuatkan rekening dana investor yang berfungsi untuk menyimpan uang kita untuk membeli saham sehingga apapun transaksi uang yang keluar dan masuk serta keuntungan yang didapatkan akan disimpan di rekening dana investor ini.

Yang lebih enaknya melakukan investasi saham ini kita tidak perlu pergi kemana-mana. yang anda lakukan hanya memantau pergerakan harga saham. mindset investor saham yaitu membeli harga saham pada saat harga turun dan menjual pada saat harga saham naik. tentunya pergerakan harga saham ini membutuhkan waktu. ada yang dalam jangka waktu minggu bulanan atau bahkan tahunan untuk dapat naik atau turun sangat cocok sekali untuk investasi.

CONTOH MENGHITUNG KEUNTUNGAN SAHAM

Misalkan anda memiliki modal sebesar 5.000.000 dan anda ingin membeli saham sebesar 400 perlembar nya. lalu anda membeli saham tersebut dengan semua modal yang anda punya sehinga perhitunganya 5.000.000 ÷ 400 = 12.500
Maka anda mendapatkan saham sebanyak 12.500 lembar saham.

Kemudian setelah melewati beberapa waktu harga saham tersebut naik dari 400 perlembarnya menjadi 800 dan kita akan menjual saham tersebut semuanya misalkan. Jadi pendapatan yang kita peroleh adalah 12.500 x 800 = 10.000.000

Sehingga keuntungan yang kita peroleh yaitu harga setelah jual saham dikurangi harga beli saham : 10.000.000 - 5.000.000 = 5.000.000 maka anda mendapatkan keuntungan 5 juta.

Keuntungan jual beli saham ini disebut dengan capital gain.

Saat ini perusahaan sekuritas kebanyakan sudah menyediakan website atau aplikasi yang memudahkan kita untuk melakukan jual beli saham. selain anda dapat keuntungan dari jual beli saham, anda juga bisa mendapatkan keuntungan dividen. 

APA ITU KEUNTUNGAN DIVIDEN?

Dividen adalah keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan yang dibagikan ke pemilik saham.  

CONTOH MENGHITUNG KEUNTUNGAN DIVIDEN

Sebuah perusahaan A memberikan 60% dari laba USD 56 juta ke 540 juta lembar saham dan anda mempunyai  500 lembar saham. Berapa keuntungan yang anda terima?

Sehingga tiap lembar saham akan mendapatkan keuntungan USD 56 juta ÷ 540 juta lembar saham = USD 0.10370 atau sekitar Rp 1.437

Apabila anda memiliki 500 lembar saham maka anda akan mendapatkan sebesar 718.500 rupiah. semakin banyak lembar saham yang anda punya maka semakin besar juga keuntungan yang anda terima.

CARA MENDAPATKAN KEUNTUNGAN DARI INVESTASI SAHAM

Jika anda ingin mendapatkan keuntungan dari investasi saham ini maka hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan analisa terhadap harga pasar saham. ketahuilah pola kenaikan serta penurunan suatu saham. pada investasi saham dikenal dengan adanya analisa fundamental dan analisa teknikal untuk menganalisa perkiraan kapan harga pasar sedang turun dan kapan akan naik. sebelumnya saya sudah jelaskan apa itu analisa fundamental dan teknikal bisa anda baca Disini

Pada perusahaan sekuritas anda dapat membeli dan menjual saham kepada investor lain. anda juga bisa melihat pasar saham yang sedang berjalan dan terdapat jumlah nominal harga permintaan dan penawaran saham.  pilihlah perusahaan sekuritas yang terbaik. saat ini ada banyak perusahaan sekuritas beserta kelebihan dan kekuranganya. biasanya seseorang melihat bagus atau tidak nya perusahaan sekuritas tersebut dilihat pada biaya fee yang diberikan serta kemudahaanya dalam mengelola jual beli saham tersebut.

Bagi anda sebagai pemula  yang ingin terjun ke bisnis investasi saham direkomendasikan menggunakan indo premier sekuritas. keuntunganya yaitu anda tidak perlu modal saldo yang besar karena hanya minimal 100 ribu saja anda sudah bisa membeli saham. berbeda dengan perusahaan sekuritas lainnya yang jumlah minimal untuk membeli saham nya tinggi. bisa ada yang 2 juta atau ada yang 10 juta. pendaftaranya indo premier sekuritas juga sangat mudah karena bisa dilakukan secara online.

Anda bisa mengakses website resmi indo premier di https://www.indopremier.com dan juga aplikasi nya yang bernama ipot. Bisa dilihat aplikasinya seperti dibawah ini.


Bagi anda yang tidak mempunyai KTP anda tidak perlu mendaftar melalui aplikasi. daftar saja langsung ke website indo Premier link nya ada di atas. pilih open account lalu klik tombol dibawah yang berwarna hijau seperti gambar dibawah ini.


Jika anda sudah mendaftar tidak lama lagi anda akan memiliki nomor Rekening Dana Investor (RDN) dan akun sekuritasnya. maka anda hanya perlu mengisi saldo ke nomor rekening dana investor saja dengan cara transfer bank. setelah itu anda langsung bisa membeli saham.

Dilain waktu saya akan menjelaskan bagaimana cara membeli saham dan cara menjualnya dan bagaimana cara mencairkan saldo keuntungan saham. oleh karena itu follow blog ini untuk mengetahui info tentang update selanjutnya.

Begitulah penjelasan mengenai pengertian investasi saham,fungsi serta cara mendapatkan keuntunganya semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel