-->

Untung ratusan juta. Begini panduan Cara main saham yang benar

Banyak orang kaya yang mencoba terjun ke dunia saham untuk melipatgandakan hasil kekayaan nya menjadi lebih banyak lagi. keuntugan berinvestasi saham bisa menjadi passive income yang akan berjalan sendiri. dengan begitu anda tinggal tenang santai sambil menunggu uang tersebut datang dengan sendirinya.

Sebelum memulai kita harus tau terlebih dahulu istilah yang sering diggunakan ketika memulai investasi saham seperti dividen,pialang,bursa efek dan masih banyak lagi istilah yang harus anda ketahui.

Sebagai orang awam penyampaian maksud istilah tersebut harus disampaikan dengan sederhana agar mudah dimengerti dan dipahami dengan begitu semua ilmu yang disampaikan bisa diggunakan dengan sebagaimana mestinya.

MAKSUD ISTILAH YANG SERING ADA PADA INVESTASI SAHAM

ARTI SAHAM

Seringkali kita mendengar kata saham akan tetapi tidak mengetahui arti dari kata tersebut. pengertian saham adalah surat berharga yang menunjukan bagian kepemilikian atas suatu perusahaan.

Contohnya apabila anda membeli 5% dari total saham maka kita sudah membeli sebesar 5% dari kepemilikan perusahaan itu dan berhak atas dividen.

ARTI DIVIDEN

Dividen memiliki arti pembagian laba kepada pemegang saham terakhir berdasarkan prosentase atau banyaknya saham yang dimiliki

Artinya apabila kita memiliki suatu saham diperusahaan maka kita juga berhak atas keuntungan yang didapatkan perusahaan tersebut. pembagian keuntungan tersebut dibagi berdasarkan banyaknya persentase kepemilikan saham kita terhadap perusahaan tersebut.

Biasanya pembagian dividen diadakan setiap satu tahun sekali antara akhir tahun atau awal tahun tergantung dari kebijakan perusahaan tersebut.

Berapa jumlah saham minimum yang dapat kita beli?

Dalam jual beli saham anda diperbolehkan membeli saham minimal sebesar 1 lot. untuk 1 lot itu sendiri sama dengan 500 lembar saham (menurut BEI) ada juga yang menyebutnya 1 lot itu sebanyak 100 lembar saham biasanya itu untuk saham-saham perbankan.

1 lot itu nilainya berapa rupiah?

Untuk menilai harga saham itu sendiri ditentukan dari jenis saham yang dibeli. ini termasuk dalam strategi membeli saham yaitu kita harus membeli saham dengan kualitas terbaik yang artinya saham yang memiliki nilai tinggi.

Pada umumnya nilai saham berkisar antara 1000 hingga 3000 perlembar. jadi apabila anda membeli satu lot saham yang harganya 1000 rupiah berarti anda telah mengeluarkan uang sebesar 500 x 1000 = 500.000 ribu rupiah.

Dimana bisa mendapatkan atau membeli saham?

Anda bisa melakukan jual beli saham di Bursa Efek Jakarta (BEJ) atau Bursa Efek Surabaya (BES). tempat tersebut merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh para investor untuk melakukan jual beli saham.

Di dalam perdagangan saham kita biasanya melakukan penawaran saham. ada yang dinamakan saham pertama yaitu saham yang ditawarkan langsung oleh perusahaan kepada investor dan ada saham sekunder yaitu saham yang ditawarkan kepada sesama investor.

PENGERTIAN PIALANG SAHAM ATAU BROKER SAHAM

Dalam berinvestasi kita pasti akan mengenal istilah pialang saham atau broker saham artinya yaitu sebuah badan usaha yang memiliki lisensi untuk melakukan jual beli saham atau bisa menjadi pihak ketiga yang membantu mempertemukan investor dengan perusahaan untuk melakukan jual beli saham.

Apabila anda ingin menjual atau membeli saham maka anda bisa menggunakan jasa broker saham. 

Perhatikan juga jasa broken saham yang anda pilih apakah sudah resmi dan terdaftar di OJK atau belum. jangan sampai anda terkena penipuan investasi bodong yang sedang ramai diperbincangkan saat ini.

TUTORIAL CARA BELI SAHAM

Dalam urusan membeli saham anda tidak usah khawatir. sebagai orang awam yang baru pertama kali beli saham hal yang harus anda lakukan yaitu dengan menghubungi perusahaan pialang yang sudah anda yakin terpercaya setelah itu akan diminta untuk membuka akun rekening untuk bisa menyetor uang. apa gunanya sampai membuka rekening segala? nanti rekening tersebut akan diggunakan pialang untuk transaksi saham

Pihak pialang akan memantau trafik jual beli saham dan menghubungi anda sesekali untuk memberitahu anda apakah anda menginginkan bertransaksi jual beli saham atau tidak.

CARA KERJA INVESTASI SAHAM

Dibawah ini adalah proses bagaimana cara kerja saham simak baik-baik

1. Perusahaan menerbitkan saham yang nantinya akan dibeli oleh para investor sebagai langkah awal untuk mencari modal untuk usahanya. saham tersebut dijual di Bursa Efek Jakarta.

2. Investor membeli saham tersebut melalui BEJ dengan tujuan ingin memperoleh keuntungan dari jual beli saham atau keuntungan dividen. bagi para investor saham perusahaan yang memiliki laporan keuangan bagus akan mempunyai potensi besar. biasanya laporan keuangan dilaporkan secara berkala oleh perusahaan

3. Harga saham dipengaruhi oleh tingkat permintaan pembelian saham. semakin banyak yang ingin membelinya maka harga saham akan terus naik dan naik

4. Pemegang saham bebas ingin menyimpan atau menjual saham tersebut ke investor lain dengan melihat pasaran harga saham pada saat itu. apabila keadaan saham tersebut bisa membawa keuntungan karena sedang ramai dicari oleh para investor lain maka keuntugan yang didapat akan sangat besar.

5. Pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen adalah pemegang saham terakhir yang menyimpan saham tersebut sampai akhir tahun yaitu pada saat perusahaan membagi keuntunganya. jadi apabila anda menjual saham kepada investor lain 1 bulan sebelum dividen maka anda tidak berhak mendapat dividen tersebut.

CARA MAIN INVESTASI SAHAM

Bermain saham terbilang sangat sederhana layaknya seperti membeli dan menjual barang dipasar. akan tetapi jual beli ini dilakukan secara online. berikut saya kasih gambaranya.

1. Pertama belilah saham di tempat yang terpercaya misalnya Bursa Efek Jakarta. untuk pemula anda bisa beli 1 lot dulu.

2. Pilihlah saham dengan nilai yang tidak terlalu rendah. nilai tinggi rendah suatu saham bisa menunjukan bahwa perusahaan tersebut memiliki reputasi yang kurang bagus. belilah saham yang nilai satuan saham nya senilai 1000.

3. Jika sudah maka tunggu beberapa minggu atau bulan hingga harga saham yang kita beli sebelumnya mengalami kenaikan, apabila menurun maka jangan jual saham tersebut tunggulah hingga naik harganya.

4. Apabila harganya sudah naik dan sudah tau berapa keuntunganya. semuanya tergantung kemauan anda. mau jual bisa atau mau menunggu hingga harganya naik lagi juga bisa.

5. Apabila harga saham yang anda punya nilainya malah menurun lebih baik anda jangan menjualnya dan jika kedepanya tidak ada kenaikan maka lebih baik sahamnya disimpan saja untuk menunggu pembagian dividen dari pada mengalami kerugian mending nunggu hingga perusahaan membagi hasil keuntungan dividen nya.

PENUTUP

Begitulah cara kerja dan main saham. terdengar mudah akan tetapi tidak semudah itu karena kita perlu melakukan analisa yang matang dengan memperkirakan kapan saham tersebut bisa naik agar bisa menjual saham tersebut dan mendapatkan keuntungan.

Mendapatkan keuntungan dari main saham juga tidak bisa dibilang cepat karena butuh waktu berminggu-minggu bahkan bulanan karena harus menunggu pergerakan naik turunya saham untuk bisa untung.

Apabila anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar maka diperlukan pembelian saham dalam jumlah banyak. terlebih lagi jika harga saham tersebut makin hari semakin meningkat harganya maka diperkirakan bisa mendapatkan keuntungan puluhan juta hingga ratusan juta dalam sekali menjual saham.

Akan tetapi sebagai pemula tentu harus memiliki pengalaman yang banyak agar bisa mengerti penuh bagaimana mekanisme jual beli saham yang benar. karena jual beli saham juga memiliki resiko kerugian maka belilah saham yang tidak terlalu mahal dulu. baru jika sudah mengerti bisa meningkat secara bertahap.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel