-->

Ternyata segini jumlah gaji youtuber dengan jumlah 1000 subscriber dan 100 ribu subscriber

Menjadi seorang youtuber merupakan sebuah pekerjaan yang paling banyak diminati oleh banyak orang. mengapa demikian? yang pastinya adalah karena disini kita bisa mendapatkan keuntungan yaitu mendapatkan uang.

Melalui platfrom youtube ini semua orang bisa mendapatkan uang hanya dengan membuat sebuah karya berupa video lalu menggungahnya ke channel youtube pribadi masing-masing.

Berbeda dengan bekerja seperti pada umumnya. menjadi youtuber tidak diperlukan keahlian atau persyaratan khusus, siapa saja bisa menjadi seorang youtuber dan menggapai kesuksesanya kita beri contoh saja youtuber atta halilintar yang meraih penghasilan hampir 1 milyar setiap bulanya hanya dengan merekam aktivitas keseharianya.

Tentu saja banyak sekali orang yang ingin menjadi youtuber karena pekerjaan seperti ini tidak banyak menguras tenaga seperti pekerjaan biasa yang sangat menguras pikiran tenaga serta mental pada umumnya dan menjadi youtuber dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tidak terikat oleh waktu.

Yang mendorong seseorang sangat ingin menjadi seorang youtuber adalah jumlah gajinya bisa melebihi gaji para pegawai kantoran bahkan PNS sekalipun. Pastinya orang-orang lebih memilih menjadi seorang youtuber dengan berbagai keuntungan yang dimilikinya dibandingkan harus bekerja diluar.

Setelah kita mengetahui keuntungan yang didapatkan seorang youtuber sekarang kita bahas bagaimana sih cara mendapatkan uang dari youtube? dan bagaimana bisa mendapatkan uang milyaran seperti atta halilintar? Yuk disimak dibawah ini.

SYARAT CHANNEL YOUTUBE AGAR BISA DIPASANG IKLAN

Untuk dapat memasang iklan pada channel youtube ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Channel youtube sudah mendapatkan 1000 subscribe dan 4000 jam tayang

Untuk dapat menampilkan iklan pada channel anda maka anda haruslah memenuhi kriteria 1000 subscriber serta 4000 jam tayang. 

Tentu hal ini terbilang lumayan sulit bagi para youtuber pemula. karena bisa dikatakan mencari subs serta penonton ketika channel masih baru adalah hal yang sangat sulit sekali.

Jadi untuk dapat menarik para viewers anda harus memiliki modal konten video yang bagus. inilah modal satu-satunya yang harus kamu punya agar bisa mencapai itu semua.

2. Anda harus mendaftar akun adsense

Hal kedua yang harus anda lakukan yaitu mendaftar akun adsense. akun adsense ini berfungsi sebagai penampil iklan pada channel youtube anda. 

Jadi sebenarnya kita akan mendapatkan penghasilan berupa uang yaitu berasal dari akun adsense bukan dari youtube. 

Nantinya jika anda sudah mendapatkan akun adsense maka tinggal mensingkronkan dengan channel youtube anda agar bisa menampilkan iklan

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka video anda haruslah berdurasi lebih dari 10 menit. ini bagus untuk membantu menambah jumlah jam tayang anda dan apabila persyaratan tersebut sudah terpenuhi maka ini sangat bagus terhadap pendapatan adsense anda. karena jika video anda berdurasi 10 menit anda bisa memasang iklan lebih dari 2 iklan dibandingkan durasi video dibawah 10 menit yang hanya bisa menampilkan 2 iklan saja.

3. Lakukan verifikasi akun adsense anda

A. Verifikasi pin

Sebelum anda menerima pembayaran dari adsense terlebih dahulu ada hal yang harus diverifikasi terkait dengan pembayaranya.

Pertama anda harus melakukan verifikasi alamat yang nanti akan ada surat pos yang berasal dari google yang berisi kode yang wajib di input pada akun adsense anda.

Verifikasi ini dilakukan biasanya ketika saldo akun adsense anda sudah mencapai minimal 10 dollar atau 100 ribu rupiah baru notifikasi pemberitahuan pengiriman surat google akan muncul.

Hal ini wajib dilakukan jika tidak maka anda tidak bisa menerima pembayaran dari google.

Biasanya surat datang sekitar 2 hingga 4 minggu. Jadi saran saya anda cek secara berkala di pusat kantor pos sekitar daerah rumah anda untuk memeriksa surat ini. jika perlu minta nomor ponsel kurirnya untuk memberitahu surat tersebut.

B. Verifikasi identitas

Setelah verifikasi pin anda harus memverikasi identitas anda. pada tahap ini anda tidak perlu repot karena hanya perlu mengupload ktp saja sebagai bukti alamat yang anda masukan adalah memang benar.

C. Verifikasi rekening bank

Untuk dapat menerima pembayaran pastinya anda harus lah menambahkan metode pembayaran. oleh karena itu anda perlu menambahkan rekening bank pada akun adsense anda. caranya yaitu pergi ke pengaturan akun adsense > lalu pilih pembayaran > pilih kelola metode pembayaran. nah setelah itu tambahkan jenis bank beserta nomor rekening bank anda.

Tidak punya rekening bank?

Tenang saja anda bisa gunakan metode pembayaran menggunakan dompet digital seperti ovo,gopay atau dana caranya anda dapat lihat disini Cara setting pembayaran menggunakan gopay ovo dana

Setelah melalui ketiga tahap itu semua maka anda sudah siap untuk menerima pembayaran jika saldo adsense anda sudah mencapai ambang pembayaran yaitu sebesar 1,3 juta rupiah.

CARA AGAR MENDAPATKAN BANYAK UANG DARI YOUTUBE

1. Konsisten

Untuk bisa mendapatkan penghasilan yang besar di youtube langkah yang harus anda ambil pertama kali adalah konsisten.

Dalam dunia youtube seseorang yang rajin membuat video dan menggungah nya setiap hari ke youtube merupakan sebuah langkah awal untuk mencapai keberhasilan memulai karirnya di youtube.

Karena jika kita rajin mengupload video kemungkinan video kita dilihat oleh orang lain sangatlah besar. 

Oleh karena itu usahakan untuk membuat video rutin setiap hari jika tidak bisa buatlah jadwal agar penonton setia anda bisa tahu kapan anda mengupload video baru.

2. Kreatif

Untuk bisa mendapatkan view yang banyak tentu video anda harus dibikin sekreatif mungkin untuk dapat menarik perhatian para penonton. pada langkah ini kreativitas anda harus benar-benar diuji karena jika anda tidak bisa melakukan sebuah hal yang menarik maka dapat dipastikan channel anda akan sepi penonton. 

Banyak para youtubers yang mengedepankan sebuah modal dibandingkan karya. memang modal kamera,laptop & lighting merupakan peralatan pendukung agar video anda menjadi lebih baik. tetapi justru peralatan tersebut tidaklah terlalu penting karena apabila anda sudah membuat video yang menarik maka penonton akan berdatangan dengan sendirinya walaupun kualitas video anda pas-pasan. jadi utamakan sebuah kreativitas. contohnya video dari channel alip_ba_ta yaitu merupakan channel cover lagu yang bakat bermain gitarnya sangat luar biasa. bahkan dengan bermodalkan video dengan kualitas yang tidak terlalu bagus channel alip_ba_ta bisa mendapatkan view serta subs yang banyak.

Akan tetapi untuk dapat membuat video yang kreatif anda tidak perlu sampai menjual harga diri atau membuat video yang dapat membahayakan serta merugikan orang lain. karena saat ini banyak youtuber pemula yang salah arah dalam membuat konten di youtube nya yang malah terjerumus dalam hal negatif dan bahkan sampai berurusan oleh polisi. contohnya video prank sembako sampah, penyiksaan binatang dan masih banyak yang lainnya.

3. Pakailah ciri khas

Ketika anda membangun sebuah channel youtube buatlah sebuah ciri khas menonjol yang menunjukan diri anda. contohnya seperti salam pembuka, intro, kata-kata untuk menyambut para subscriber atau buatlah hal lain sesuai keinginan anda yang terpenting lucu dan bisa diingat sehingga bisa menjadi bahan candaan oleh para penonton anda.

4. Jangan terlalu terpaku dengan uang

Banyak youtuber yang terlalu terpaku dengan uang sehingga mengabaikan kualitas konten yang mereka produksi. jika anda ingin menjadi seorang youtuber karena hanya mau mendapatkan uangnya saja sebaiknya anda pilih lah bekerja umum saja karena jika diteruskan lambat laun pasti anda akan lelah dengan sendirinya. mengapa?

Menjadi seorang konten kreator itu tidak mudah. perlu waktu untuk membangun channel menjadi berkembang apalagi sampai bisa mendapatkan banyak uang, pasti akan sangat mengeluarkan banyak energi dan tenaga untuk mencapai semua itu. jadi jika anda ingin mendapatkan uang dalam waktu singkat dengan menjadi youtuber sebaiknya pikirkanlah lagi karena semua itu akan sia-sia.

Berbeda dengan orang yang ngeyoutube dengan tujuan ingin berkarya. dengan tujuan mereka yang ingin berkarya pasti akan memiliki konten jauh lebih bagus dibandingkan yang hanya ingin mendapatkan uang. dan apabila karya mereka sudah diakui maka uangpun juga akan datang dengan sendirinya.

Jadi sebelum memulai melangkah ubahlah dulu mindset anda. tujuan menjadi youtuber tidak hanya untuk mendapatkan uang melainkan untuk berkarya. memiliki keinginan mendapatkan uang dari youtube boleh saja, akan tetapi fokuslah dulu pada karya yang mau dibuat terlebih dahulu.

5. Lakukan promosi channel

Langkah terakhir yang harus anda lakukan untuk dapat mensukseskan channel youtube anda yaitu adalah dengan mempromosikan channel anda. 

Lakukan promosi channel anda di tempat yang ramai seperti sosial media atau yang lainnya. usahakan konten yang anda promosikan itu sesuai dengan topik pembahasan yang dibahas di suatu forum. dengan begini anda tidak hanya mendapatkan penonton dari pencarian youtube saja melainkan dari luar juga ada.

Apabila konten yang anda promosikan bisa berpontensi trending maka bisa dipastikan tanpa anda share lagi video anda akan lebih banyak tersebar dengan bantuan share dari orang lain. karena konten trending atau viral itu bisa berpontensi mendapatkan share lebih banyak dibandingkan konten yang biasa saja.

Memang berapa sih gaji youtuber?

Banyak sekali orang yang menilai gaji seorang youtuber berdasarkan jumlah subscriber. okelah jika memang anda ingin mengetahui penghasilan dari jumlah subscriber mari kita lihat perbandingan penghasilan gaji seorang youtuber dari 1000 subscriber dan 100 ribu subscriber.

Disini saya akan membandingkan gaji youtuber 1000 subscriber dari channel Khamus Tv dan channel Ko AntS

PENGHASILAN YOUTUBER 1000 SUBSCRIBER


Pada channel Khamus tv bisa anda lihat diatas jumlah view nya rata-rata hanya ratusan saja dan pada salah satu videonya dia sudah menjelaskan penghasilanya setelah mencapai 1000 subscriber yang berarti channel nya baru saja dimonetisasi (di iklankan) dia menjelaskan hanya mendapatkan 165 ribu saja selama 3 bulan dengan tayangan 65 ribu pada seluruh videonya.

Yang berarti pada 1000 subscriber kita belum terlalu berharap bisa mendapatkan banyak uang dari youtube.

PENGHASILAN YOUTUBER 100 RIBU SUBSCRIBER


Pada channel Ko AntS yang jumlah subscribernya 100 ribu ia menjelaskan bahwa penghasilanya selama ngeyoutube memang terbilang tidak terlalu besar dikarenakan saat ini view nya hanya sekitar ribuan saja. akan tetapi ada juga view terbesarnya yaitu 2 juta view mendapatkan penghasilan sebesar 8 juta  hanya dari satu video saja dan video lainnya yang memiliki ribuan view hanya mendapat 2 - 5 ribu rupiah saja.

KESIMPULAN 

Nah sekarang kita tahu bahwa gaji youtuber tidak dipengaruhi oleh jumlah subscriber. yang paling menentukan pendapatanya yaitu jumlah view pada setiap videonya. belum tentu channel youtube yang memiliki subscriber besar bisa mendapatkan view yang banyak. faktor lain yang menentukan banyak view itu adalah seberapa menarik konten anda di mata penonton maka itulah video yang banyak penontonya.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GAJI YOUTUBER

Berdasarkan pengalaman youtuber pemula, besar kecilnya gaji dari youtube dipengaruhi oleh beberapa faktor. apa saja itu? Simak dibawah ini.

1. View

Jumlah view sangat mempengaruhi besar kecilnya pendapatan. semakin banyak view yang didapat maka kesempatan tayangan iklan yang tampil di video kita akan semakin banyak. oleh karena itu perbanyaklah view pada video anda jika ingin mendapatkan penghasilan yang banyak.

2. Durasi menonton iklan

Tidak hanya jumlah view saja, untuk mendapatkan penghasilan yang banyak maka penonton harus menonton iklan secara full dalam satu kali tayangan iklan. apabila view anda banyak akan tetapi iklan nya banyak di skip oleh penonton maka jangan berharap penghasilan anda akan tinggi.

3. Durasi video yang anda buat

Jika anda pikir durasi video tidak mempengaruhi penghasilan maka anda salah besar. menggungah video dengan durasi lama akan bisa menambah jumlah iklan yang ingin ditayangkan. minimal durasi video jika anda ingin memasang banyak iklan adalah 10 menit. 

Apabila video anda kurang dari 10 menit anda tidak dapat memasang iklan secara manual. yang ada anda hanya bisa memasang iklan di awal dan di akhir video tidak bisa ditengah video.

Oleh karena itu, perbanyaklah durasi video anda dengan mengunggah konten minimal 10 menit pada setiap videonya. agar anda bisa memasang lebih dari 2 iklan di video tersebut.

4. Jumlah klik

Selain dari tayangan iklan pada video anda. jumlah klik juga sangat mempengaruhi penghasilan anda. apabila pada video anda mendapatkan jumlah klik yang banyak maka dipastikan penghasilan nya juga semakin besar. 

Hal ini terbukti dari penelitian saya bahwa konten video dengan 7 ribu view mendapatkan penghasilan lebih besar dibandingkan video yang memiliki 10 ribu view. dikarenakan perbedaan klik iklan yang hampir 50% lebih banyak yang 7 ribu view.

Memang untuk klik ini sendiri hanya dipengaruhi oleh sikap penonton yang ingin menonton video kita apakah tertarik dengan iklan yang ditayangkan di video kita atau tidak. jika ya tertarik pasti penonton akan otomatis mengklik iklan yang ditampilkan.

5. Jenis konten

Konten juga akan sangat berpengaruh pada penghasilan youtube anda. apabila anda membuat video tentang insvestasi atau yang berhubungan dengan uang maka jenis iklan yang muncul juga akan disesuaikan dengan konten anda. biasanya iklan keuangan memiliki harga tayangan dan klik yang sangat mahal dibandingkan dengan jenis iklan lainnya.

Sebaliknya jika anda menggungah video kekerasan atau lagu yang memiliki hak cipta maka video anda akan mendapatkan dolar kuning. dolar kuning disini memiliki arti bahwa konten anda tidak bisa ditayangkan iklan sesuai peraturan kebijakan youtube tentang konten berhak cipta atau kekerasan. oleh karena itu hati-hati dalam membuat konten agar tidak terkena dolar kuning yang akhirnya tidak bisa bisa mendapatkan uang dari video tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai dunia youtube semoga bisa bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel