-->

Cara mendapatkan bantuan listrik PLN gratis program stimulus covid-19 di www.pln.co.id terbaru agustus 2020

Listrik merupakan kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi oleh semua orang. bagaimana tidak? saat ini kebutuhan pangan seperti memasak nasi memerlukan suatu energi listrik untuk dapat membuatnya. apalagi bagi masyarakat indonesia nasi adalah makanan pokok yang wajib dipenuhi setiap hari.

Di masa pandemi ini tentu membayar tagihan listrik menjadi suatu kendala yang lumayan menguncang perekonomian masyarakat terutama bagi masyarakat yang terdampak PHK kerja.

Oleh karena itu, saat ini pemerintah memberikan keringanan yang cukup membantu masyarakat yaitu dengan memberikan bantuan pemotongan biaya listrik yang bisa diambil oleh masyarakat melalui website PLN resmi.

Bantuan listrik resmi ini sebenarnya sudah ada sejak bulan april 2020 dan direncanakan akan dilangsungkan hingga bulan juni 2020 akan tetapi pemerintah memperpanjang hingga bulan september 2020.

Bantuan biaya listrik dari pemerintah sebenarnya ada beberapa ketentuan yang harus diketahui oleh masyarakat untuk dapat mengklaim bantuan ini.

Bantuan ini diperuntukan bagi pelanggan yang memiliki golongan 450 VA dan 900 VA. Akan tetapi tidak semua golongan 900 VA mendapatkan bantuan. yang hanya mendapatkanya hanya golongan 900 A yang bersubsidi sementara 900 A nonsubsidi tidak berlaku dikarenakan dianggap mampu.

Bantuan klaim listrik gratis ini diperuntukan bagi pengguna listrik prabayar bagi yang pengguna pascabayar tetap menerima bantuan tetapi secara langsung dipotong dari biaya tagihan perbulanya sehingga tidak usah melakukan klaim lagi.

Pengguna listrik 900 VA mendapatkan diskon sebesar 50% sementara itu pengguna listrik 450 VA mendapatkan potongan seluruhnya alias gratis.

Untuk mengetahui lebih jelasnya berikut adalah kode yang akan menjelaskan masyarakat yang menerima bantuan atau tidak.

KODE YANG MENDAPATKAN BANTUAN

R1/450 VA = Gratis biaya
R1T/450 VA = Gratis biaya
R1/900 VA = Pemotongan biaya
RIT/900 VA = Pemotongan biaya

Untuk kode 900 VA yang tidak mendapatkan bantuan yaitu

R1M/900 VA
R1MT/900 VA

Untuk biaya pemotongan listrik 900 VA ditentukan berdasarkan pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bantuan biaya tagihan listrik yaitu bisa melalui website resmi PLN atau melalui nomor whatsap PLN di nomor 08122-123-123. harap diperhatikan dengan cermat dan perhatikan langkah-langkahnya agar anda bisa berhasil mengklaim nya.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan ponsel atau laptop yang terhubung ke internet lalu anda tentukan ingin menggambil melalui website atau melalui whatsap. dibawah ini saya akan menjelaskan cara mengambil melalui website dan whatsap.

CARA KLAIM TOKEN GRATIS MELALUI WEBSITE PLN 

Pertama kunjungi website PLN di www.pln.co.id

Setelah dibuka maka pilih menu pelanggan dan pilih lagi menu yang bertuliskan stimulus covid-19

Masukan nomor pelanggan atau nomor meter

Token gratis akan ditampilkan dilayar info pelanggan

Masukan token tersebut ke dalam meteran di rumah anda

CARA CLAIM TOKEN GRATIS MELALUI WHATSAP

Pertama simpan nomor PLN yang bernomor 08122-123-123 

Lalu buka whatsap dan pilih kontak PLN

Lalu kirim pesan berupa id pelanggan anda

Setelah itu akan ada pesan otomatis yang muncul 

Untuk melakukan klaim listrik gratis anda tinggal membalas pesan dengan angka 1

Setelah itu masukan kembali id pelanggan atau nomor meteran anda

Nanti setelah itu akan ada balasan berupa rincian informasi tagihan listrik anda. yaitu berupa format dibawah ini

Bulan :
Nomor token :
Rp token :
Jenis transaksi : gratis diskon stimulus PSBB

Nah setelah itu anda tinggal memasukan token listrik ke meteran rumah anda. maka listrik anda akan otomatis sudah gratis.

Itulah cara mendapatkan bantuan biaya bantuan listrik gratis semoga bermanfaat bagi anda yang sedang terdampak wabah covid ini

Apabila pandemi ini masih belum bisa teratasi kemungkinan bantuan listrik ini akan kembali diperpanjang. oleh karena itu selalu pantau situs ini setiap bulanya untuk mengetahui update info terbaru mengenai bantuan listrik dari pemerintah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel