-->

Mending rekening giro atau rekening tabungan? yuk simak lebih dalam


Saat ini penggunaan rekening bank sudah sangat meluas sekali. mulai dari anak sekolah hingga orang tua banyak menggunakanya untuk menyelesaikan kebutuhan finansialnya. dengan memiliki rekening bank segala macam transaksi dapat terselesaikan dengan baik contohnya dalam hal transfer. begitu pula dengan berkembangnya zaman segala kebutuhan sudah memberlakukan sistem transfer, sehingga mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman.

Akan tetapi bagi anda yang mau membuat rekening harap mempertimbangkan terlebih dahulu. karena memang jika kita memilih jenis tabungan yang salah maka kita sendiri yang dirugikan. pilihlah jenis rekening yang sesuai dengan kebutuhan. oleh karena itu sesuai judul postingan, kita akan membahas lebih dalam dari kedua jenis rekening yaitu rekening tabungan dan rekening giro.

REKENING TABUNGAN 


Dengan jenis rekening yang satu ini pasti anda sudah tahu. yap rekening tabungan ini adalah rekening yang biasa dipakai oleh orang-orang pada umumnya. kartu ATM sebagai alat untuk bertransaksi tarik atau transfer uang serta beberapa fungsi yang lainnya seperti belanja,bayar tagihan sedangkan buku tabungan untuk melihat sisa saldo serta riwayat transaksi pada rekening tabungan anda. 

Namun dengan menggunakan rekening tabungan ada hal yang tidak bisa kamu lakukan yaitu menarik saldo dalam jumlah besar. walau memang sudah ada beberapa jenis kartu ATM dengan limit yang kecil sampai terbesar tidak bisa mengalahkan besar limit jumlah penarikan dari rekening giro.

Pada rekening tabungan laporan keuangan bisa dicek melalui menu mutasi pada internet banking dan mesin ATM sehingga anda tidak perlu repot lagi pergi ke bank. berbeda dengan rekening giro yang hanya bisa didapatkan dari kantor bank tiap bulanya. rekening bank bisa juga meminta laporan keuangan nya di bank akan tetapi memerlukan persyaratan khusus agar bisa dibuatkan.

Untuk pembukaan rekening tabungan diperlukan beberapa persyaratan khusus diantaranya yaitu :

1. Mengisi permohonan pembukaan rekening
2. KTP
3. NPWP
4. Uang setoran awal jumlahnya tergantung kebijakan bank

REKENING  GIRO


Bagi anda yang memiliki jumlah saldo yang besar dan suka melakukan transaksi dalam jumlah lebih dari 100 juta maka jenis rekening giro ini bisa menjadi pilihan anda. berbeda dengan rekening tabungan, rekening giro ini anda hanya dapat menggunakan cek dan bilyet cek sebagai alat transaksi (tidak ada kartu ATM). cek merupakan sebuah surat perintah dari nasabah yang diberikan untuk pegawai bank yang bertujuan untuk dapat melakukan pencairan. Untuk pencairanya yaitu dengan cara memberikan cek tersebut ke bank agar bisa menjadi uang. apa bedanya dengan bilyet? Jika bilyet anda hanya dapat memindahkan saldo dari satu rekening ke rekening lainnya baru setelah dipindahkan anda dapat mencairkanya.

Lalu bagaimana cara melihat laporan keuangan pada rekening giro? yang namanya rekening bank pasti kita harus tau dong laporan pemasukan serta pengeluaran saldo yang telah terjadi pada rekening kita. tenang saja rekening giro juga bisa melihat mutasi. jika yang belum tau mutasi bisa lihat Disini

pada rekening giro data laporan keuangan sering disebut sebagai rekening koran. apa itu rekening koran? rekening koran sama halnya dengan mutasi akan tetapi bedanya rekening koran sangatlah lengkap rincianya dimulai dari nama pengirim,penerima,nominal transfer keluar masuk hingga tanggalnya. jadi anda tetap dapat melihat informasi tersebut seperti layaknya rekening tabungan. 

Pada rekening giro rekening koran dapat dibuat minimal setelah melewati 1 bulan dan kita bisa mendapatkan laporan setiap bulanya. berbeda dengan rekening tabungan jika kita tidak memintanya maka tidak dibuatkan. 

Untuk melakukan pembukaan rekening giro diperlukan persyaratan berikut :

1. Berusia 21 tahun ke atas
2. Melampirkan kartu identitas seperti KTP SIM PASSPORT
3. Mengisi form pembukaan rekening giro
4. Melampirkan pas foto 4x6
5. Membawa NPWP
6. Setoran awal yang jumlahnya tergantung kebijakan masing-masing bank

Nah bagaimana? Apakah anda tertarik untuk membuat rekening koran atau rekening tabungan? 
Rekening giro diperuntukan bagi orang/perusahaan yang memiliki usaha besar karena alat transaksinya berupa cek maka rekening giro sifatnya sebagai alat  pembayaran maka dari itu suka bunganya sangatlah rendah.

Namun bagi anda yang menggunakanya hanya untuk menerima gaji,menabung,bayar tagihan dan belanja online maka gunakanlah rekening tabungan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel