-->

Apa itu mutasi pada rekening bank BCA,BNI,BRI,MANDIRI dan cara ceknya


Saat ini layanan perbankan merupakan layanan yang sering diggunakan oleh masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhanya dalam bertransaksi. pada umumnya mereka yang sudah bekerja akan melakukan pembukaan rekening untuk bisa menerima gaji dari perusahaan tempat mereka bekerja. dikarenakan saat ini sudah banyak atau bahkan hampir semua perusahaan yang melakukan pembayaran gaji dengan sistem transfer.

Jika seseorang sudah melakukan pembukaam rekening tabungan aktivitas perbankan pun sudah dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. aktivitas perbankan yaitu misalnya melakukan pembayaran dengan cara transfer,tarik tunai,belanja online,menabung dan masih banyak yang lainnya. apalagi saat ini sudah terdapat sms banking maupun internet banking yang membuat segala aktivitas apapun menjadi lebih mudah tanpa harus pergi ke bank.

Menabung di bank tentunya banyak manfaatnya. seperti yang dijelaskan diatas bahwa kita tidak perlu repot lagi melakukan pengiriman uang kepada orang yang berada jauh seperti di luar kota.

Untuk mengurangi kecurigaan terhadap setiap transaksi di akun rekening nasabah diberikan adanya mutasi bagi semua pengguna rekening tabungan. apa itu mutasi?

Mutasi merupakan riwayat transaksi saldo masuk serta keluar yang bisa dilihat pada setiap rekening tabungan nasabah. saldo masuk disebut kredit jika saldo keluar disebut debet. dengan adanya ini semua saldo masuk dan keluar bisa dipantau secara jelas sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan saldo secara tidak jelas karena semuanya sudah jelas kapan kita mengirim dan dari mana kita menerima saldo.

Contoh jenis mutasi rekening yang diambil pada BCA Mobile


Lantas bagaimana cara melihat mutasi rekening? 

Melihat mutasi rekening dapat dilihat di 3 tempat yaitu di handphone,ATM dan kantor bank itu sendiri. jika anda sudah mengaktifkan mobile banking tentu anda tidak perlu lagi jauh-jauh pergi keluar untuk melihat transfer masuk/keluar pada rekening bank anda. cukup dengan membuka aplikasi bank anda contohnya saya sekarang mempunyai rekening bank BCA maka saya bisa melihatnya di aplikasi BCA mobile.

Mutasi rekening ini sangatlah berguna sekali bagi anda yang suka melakukan transaksi melalui ATM seperti berjualan di online shop. dengan begitu anda bisa menyesuaikan data antara transferan masuk di rekening bank anda dengan bukti transfer dari para pembeli. dengan begitu anda terhindar dari penipuan atau kekeliruan karena kesalahpahaman.

CARA CEK MUTASI REKENING

Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara cek mutasi rekening pada mobile banking dan internet banking.

Cek mutasi pada mobile banking

Pertama buka aplikasi BCA Mobile dan pilih info


Kemudia setelah itu pilih mutasi rekening


Setelah itu pilih jenis mutasi yang diinginkan. Jika anda ingin melihat semua transaksi masuk dan keluar maka pilih semua. 


Setelah itu pilih periode rentang waktunya. maksimal 31 hari terakhir dan yang dapat kita lihat adalah riwayat selama 7 hari.


Setelah itu akan masukan pin bca anda lalu anda dapat melihat mutasi rekening nya


Cara cek mutasi melalui internet banking

Cara cek mutasi melalui internet banking ini anda harus mendaftar terlebih dahulu di mesin ATM jika belum maka tidak bisa mengakses menu internet banking

Pertama masuk ke web https://m.klikbca.com/login.jsp
Tampilanya seperti ini


Lalu masukan use id dan pin anda.

Setelah itu pilih informasi rekening lalu pilih mutasi rekening

Lalu anda tinggal pilih rentang waktu yang ingin dilihat riwayat transaksinya

Apa perbedaan mutasi rekening dengan rekening koran?

seperti yang kita tahu mutasi dan rekening koran merupakan hal yang sama yaitu sebuah data yang didalamnya terdapat riwayat transaksi keluar masuk dari rekening bank yang kita miliki. akan tetapi memiliki perbedaan diantara keduanya. seperti apa perbedaanya? Mari kita simak dibawah ini

PERBEDAAN MUTASI REKENING DAN REKENING KORAN

Dalam hal ini mutasi dan rekening koran merupakan sebuah pengertian yang sama yaitu sebuah data yang menunjukan riwayat transaksi pada sebuah rekening bank. akan tetapi rekening koran biasanya menunjukan sebuah riwayat transaksi dengan lebih jelas selama 30 hari terakhir. artinya terdapat banyak penjelasan mengenai apa yang terjadi pada lalu lintas rekening anda dimulai dari nama penerima,nama pengirim,saldo out,saldo in,tanggal dan waktu terjadi.

Rekening koran juga hanya bisa didapatkan setelah minimal 1 bulan sampai 1 tahun. contohnya bulan ini merupakan akhir juni dan keesokan harinya baru kita bisa mendapatkan rekening koran selama periode bulan juni. rekening koran hanya bisa didapatkan di kantor bank dan tidak bisa didapatkan melalui mbanking maupun masin ATM karena memerlukan persetujuan tanda tangan serta cap dari atasan bank untuk dapat memperolehnya.

Untuk melakukan permintaan rekening koran juga diperlukan beberapa persyaratan yang harus dibawa seperti buku tabungan,kartu ATM,KTP serta biaya cetak. untuk biaya cetak setiap bank berbeda beda ada yang 2500 hingga 10 ribu.

Berikut rincian biaya untuk membuat rekening koran pada setiap bank

Bank mandiri : 2500/lembar (3 bulan) 5000/lembar (6 bulan)
Bank BCA : 2500 perlembar
Bank BNI : 3000 perlembar
Bank BRI : 25000/lembar (12 bulan)
Bank permata : 10 ribu perlembar

Sedangkan jika mutasi rekening kita bisa akses kapan saja dan dimana saja. mutasi rekening dapat diakses melalui mobile banking,mesin ATM serta kantor bank. akan tetapi mutasi rekening tidak sejelas rekening koran yang menampilkan banyak riwayat transaksi dalam jangkauan waktu yang luas yaitu kita hanya dapat melihat beberapa riwayat transaksi dalam beberapa hari terakhir maksimal 1 bulan serta data yang diberikan sangatlah ringkas tidak seperti rekening koran yang sangat terperinci.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan rekening koran dengan mutasi rekening semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel