-->

Solusi permasalahan tidak bisa daftar/login pada akun LTMPT


Tak terasa semester 5 sudah hampir selesai. bentar lagi kita sebagai anak SMA maupun SMK sudah harus mengadapi berbagai macam ujian sekolah setelah itu kita akan dihadapi dengan ujian nasional. belum lagi kita harus lanjut ke perguruan tinggi dan harus lagi mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. ternyata perjalanan menuju kesuksesan itu sangat panjang dan butuh perjuangan ya :). jika kita melihat kilas balik mulai dari sekolah dasar saja kita sudah menghadapi berbagai macam ujian yang sangat berliku-liku dan membuat kita hampir menyerah. tetapi berkat dorongan orang tua papah dan mamah membuat semangat diriku bangkit untuk bisa menjalani ujian ini. dan hari ini saya sudah hampir mendekati titik akhir dari perjuangan itu dan harus lanjut lagi ke jenjang yang lebih tinggi lagi.
Tak lama lagi kita bukanlah lagi seorang siswa melainkan adalah mahasiswa. hanya butuh waktu 4 tahun atau 8 semester lagi untuk bisa menjadi sarjana dan bisa bekerja untuk membahagiakan kedua orang tua kita. untuk itu tentunya teman-teman juga tidak akan menyianyiakan kesempatan ini untuk dapat masuk ke perguruan tinggi yang diimpikan. oleh karena itu teruslah bangkitkan semangat dari dalam diri untuk bisa lebih rajin dan giat untuk dapat lulus menjalani ujian masuk perguruan tinggi ini dengan hasil yang memuaskan. dan kini kita telah sampai ke pendaftaran perguruan tinggi semoga bisa lancar hingga sampai masuk untuk jadi mahasiswa. amin amin yarobbal alalmin 

Untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi baik SNMPTN SBMPTN atau UTBK setiap siswa kelas 12 diwajibkan untuk mendaftar akun LTMPT sebagai syarat untuk dapat mengikuti tes masuk perguruan tinggi. dengan dirilisnya peraturan baru pada awal tahun januari 2019 ini sebagai persyaratan seleksi ke tes peruguran tinggi dari 3 jalur tersebut dilakukan agar memudahkan dalam pengolahan data. dengan begitu terjadinya kesalahan data pendaftar akan sangat kecil sekali. karena siswa tidak diharuskan lagi mendaftar pada web yang berbeda untuk bisa mengikuti seleksi. mereka hanya harus mendaftar pada satu portal  yang sama sehingga data yang mereka punya pasti akan sama yaitu pada web LTMPT ( Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) yang beralamat di portal.ltmpt.ac.id

JADWAL PELAKSANAAN PENDAFTARAN LTMPT

Untuk melakukan registrasi akun LTMPT SNMPTN dapat dilakukan dari 2 Desember - 7 Januari 2020 sedangkan yang registrasi akun LTMPT untuk SBMPTN dan UTBK yaitu pada 7 Februari - 5 April 2020.
Berikut rincian lebih jelasnya

JADWAL PELAKSANAAN SNMPTN ANGKATAN THN 2020

Registrasi akun LTMPT : 2 Desember 2019 - 7 Januari 2020
Pengisisan data PDSS dan pemeringkatan oleh sekolah : 13 Januari - 6 Februari 2020
Pendaftaran SNMPTN : 11 - 25 Februari 2020
Pengumuman hasil SNMPTN 2020 : 4 April 2020

Baca juga : Langkah langkah daftar SNMPTN 2020

JADWAL PELAKSANAAN UTBK DAN SBMPTN 2020

Registrasi akun LTMPT : 7 Ferbruari - 5 April 2020
Pendaftaran UTBK : 30 Maret - 11 April 2020
Pelaksanaan UTBK : 20 - 26 April 2020
Pengumuman hasil UTBK : 12 Mei 2020
Pendaftaran SBMPTN : 2 - 13 Juni 2020
Pengumuman hasil SBMPTN 2020 : 30 Juni 2020

TATA CARA PENDAFTARAN AKUN DAN REGISTRASI LTMPT



  • Pertama anda masuk ke halaman portal.ltmpt.ac.id setelah dibuka lalu pilih menu siswa. silahkan registrasi akun siswa dengan memasukan biodata yang diperlukan seperti NISN NPSN dan tanggal lahir
  • Setelah memasukan data seperti diatas maka nanti anda akan dialihkan ke halaman dimana ada data-data kamu. pastikan cek seluruh data-data pada halaman tersebut dengan benar. apabila terdapat kesalahan maka kamu bisa koordinasi dengan pihak sekolah untuk melakukan perubahan data. jika data sudah benar maka tinggal isi kolom yang masih kosong seperti email dan password.
  • Setelah itu maka otomatis anda sudah membuat akun LTMPT dan selanjutnya diharuskan melakukan aktivasi akun yang dikirim melalui email. setelah itu klik aktivasi akun pada email teresebut. setelah itu anda tinggal login menggunakan email dan password yang sudah dibuat tadi. setelah itu akan dialihkan ke halaman dasboard portal LTMPT. dan pilih menu verifikasi dan validasi data. lalu isi kolom yang masih kosong. jika sudah pilih selanjutnya
  • Pada halaman verifikasi riwayat sekolah kamu diharsukan cek data tersebut apakah sudah sesuai atau belum. jika belum maka bisa menghubungi sekolah untuk melakukan perubahan data.
  • Setelah itu upload pas photo kamu berukuran dengan ketentuan yaitu : ukuran photo 4x6 dan resolusi photo berukuran 200x300 dengan latar belakang polos berwarna apa saja. jika sudah memenuhi syarat tinggal kamu unggah photo tersebut. setelah itu klik selanjutnya
  • Jika sudah maka anda akan dialihkan ke halaman penyesuaian foto. sesuaikanlah posisi photo kepala dan wajah kepada area panduan yang sudah ditentukan.
  • Kemudian selanjutnya cek keseluruhan informasi data akun yang telah tadi anda isi. jika sudah benar maka bisa klik simpan permanen. harap diperhatikan jika kamu sudah menyimpan permanen maka data yang sudah anda isi tadi tidak lagi dapat diubah. jadi pastikan data-data tersebut sudah benar.
SOLUSI PERMASALAHAN PADA SAAT PENDAFTARAN AKUN

Akan tetapi pada saat pendaftaran LTMPT ini masih banyak saja siswa yang mengalami permasalahan pada pendaftaran dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. untuk itu kita akan berusaha menjawab segala permasalahan yang didapat ketika mendaftar akun di web LTMPT ini. beberapa orang di forum diskusi menjelaskan permasalahan nya tak kunjung mendapat solusi. dengan begini dikhawatirkan mereka tidak bisa mengikuti proses seleksi SBMTPN maupun SNMPTN hanya karena tidak bisa mendaftar. berikut ini adalah solusi yang mungkin teman-teman alami dan cara mengatasinya ketika mendaftar LTMPT.

KEGUNAAN AKUN LTMPT

QUESTION: Apa fungsi akun LTMPT?

ANSWER : Fungsi akun LTMPT ialah sebagai pendaftaran untuk melanjutkan study ke perguruan tinggi negeri ( jalur SBMPTN & SNMPTN) bagi yang telah tamat sekolah SMA/SMK/MA atau yang setara lainnya.

TIDAK DAPAT MENGAKSES WEBSITE LTMPT

QUESTION : Permisi kenapa ya saya tidak bisa mengakses website LTMPT? notif nya situs ini tidak dapat dijangkau terus. bagaimana cara mengatasinya? terimakasih

ANSWER : Untuk teman-teman yang tidak dapat membuka web LTMPT usahakan tidak mendaftar pada awal pembukaan pendaftaran dan akhir penutupan pendaftaran. dikarenakan pada waktu itu banyak sekali orang seluruh indonesia yang mengakses web tersebut di waktu yang bersamaan. oleh sebab itu server mengalami error dan tidak dapat diakses. untuk itu daftarlah pada pertengahan hari untuk mencegah web error pada saat mendaftar.

Bagi yang ingin tetap mengakses web di hari yang padat itu juga cobalah buka pada malam hari sekitar jam 1 atau 2 dini hari dikarenakan pada jam-jam tersebut tidak terlalu banyak orang yang mengakses. sehingga anda dapat daftar dengan lancar dan terhindar dari gangguan error. 

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI NISN DAN NPSN PADA SAAT PENDAFTARAN

QUESTION : Pak saya tidak tahu nomor NISN dan NPSN nya. jadi gimana cara mengetahui nomor saya?

ANSWER : Untuk nomor NISN kamu bisa mengetahuinya di raport sekolah atau di daftar absen. dan untuk mengetahui NPSN  bisa cek sendiri secara online dengan cara buka halaman referensi.data.kemdikbud.go.id setelah itu klik menu data master pendidikan > lalu klik submenu pendidikan dasar dan menengah ( kategori satuan pendidikan NPSN) > klik nama provinsi > klik nama kabupaten > klik nama kecamatan > data NPSN tercantum pada tabel sesuai nama sekolah. seperti gambar dibawah ini.


MUNCUL NOTIF NISN TIDAK TERDAFTAR DI AKUN LTMPT

Mengapa saat pendaftaran akun LTMPT saya mendapatkan notifikasi NISN tidak terdaftar? 

Coba registrasi lain waktu kemungkinan server sedang down karena banyaknya yang akses. jika memang masih seperti itu hubungi pihak TU sekolah untuk info lebih lanjut. sebelum itu tanyakan juga kepada pendaftar yang lain apakah mereka mengalami hal yang sama atau tidak. 

TIDAK MENERIMA VERIFIKASI AKTIFIKASI AKUN PADA EMAIL

QUESTION : Kenapa saya tidak dapat email aktivasi akun pendaftaran LTMPT? padahal saya sudah mengisi alamat email dengan benar.

ANSWER : Bagi yang mempunyai permasalahan tidak munculnya email aktivasi coba kamu refresh browser nya atau reftesh aplikasi emailnya. jika masih tidak ada bisa mencek folder spam. apabila masih tidak ada juga maka tunggu hingga 1X24 jam karena memang saking banyaknya yang mendaftar kode aktivasi membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk dapat sampai ke email anda. untuk itu cobalah terus refresh email kamu secara berkala. jika dalam satu hari masih belum saja menerima email aktivasi akunya maka cobalah daftar kembali dengan email yang sama.

TIDAK BISA MENDAFTAR UNTUK SISWA ANGKATAN SEBELUMNYA

QUESTION : Pak saya adalah alumni tahun 2019 dan ingin mengikuti SBMPTN tahun ini. tetapi mengapa saya tidak bisa mendaftar akun LTMPT?

ANSWER : Untuk saat ini yang diperbolehkan mendaftar adalah peserta angkatan tahun sekarang terlebih dahulu (angkatan tahun 2020 mulai dari 2 desember 2019 s/d 7 januari 2020). Untuk registrasi pendaftaran akun LTMPT (Untuk SBMTPN termasuk siswa alumni) bisa dilakukan pada tanggal 7 Februari hingga 5 Arpril 2019 dan selanjutnya untuk pendaftaran SBMPTN yaitu pada tanggal 2 -13 Juni 2020


TERJADI MASALAH PADA API DAPODIK KEMDIKBUD SAAT REGISTRASI AKUN LTMPT

Saya sedang daftar akun LTMPT tapi kenapa tiba-tiba ada notifikasi masalah dengan API Pusdatin Kemdikbud solusinya gimana? 

Jawab : Banyak siswa yang mengeluh karena ini tapi jangan khawatir karena hal tersebut dikarenakan banyak yang mengakses situs tersebut karena server penuh. solusinya adalah coba akses situs pada saat web sedang low seperti di malam hari atau pagi hari. 



TIDAK BISA LOGIN AKUN LTMPT

QUESTION : Permisi pak saya tidak bisa login akun LTMPT padahal saya baru saja membuat akun LTMPT nya gimana cara bisa login nya ya?

ANSWER : Untuk yang tidak bisa login ke akun LTMPT pastikan password untuk login sama dengan pada saat waktu pendaftaran. apabila masih saja tidak bisa masuk kamu bisa gunakan fitur ubah password. caranya : masukan email kamu setelah itu cek email reset password di folder kotak masuk email setelah itu kamu bisa mengganti dengan password yang baru. harap diingat baik-baik ya passwordnya.

CARA MENGECILKAN UKURAN FOTO

QUESTION : Pak bagaimana caranya agar bisa mengecilkan ukuran foto ya. soalnya ukuran foto saya terlalu besar untuk bisa diupload di halaman LTMPT nya

ANSWER : Caranya kamu bisa cari di google dengan kata kunci "kompres foto" atau bisa langsung kunjungi https://www.iloveimg.com/id/kompres-gambar kemudian upload file foto kamu lalu pilih kompres foto setelah itu unduh file nya. maka foto tersebut akan kecil ukuran nya. atau kamu bisa menggugah foto lewat situs facebook lalu simpan kembali fotonya maka ukuran foto akan menjadi kecil.


DAFTAR AKUN SISWA SENDIRI

QUESTION: Apakah bisa daftar akun LTMP sendiri tanpa harus didaftarkan oleh pihak sekolah?

Answer: bisa. Bagi yang ingin daftar akun ltmpt bisa secara sendiri tanpa harus didaftarkan oleh sekolah.

DATA REGISTRASI TIDAK DITEMUKAN

QUESTION : Mengapa data registrasi saya tidak ditemukan pada saat pendaftaran akun?

ANSWER: Untuk permasalahan data registrasi kemungkinan nomor NISN yang ada di raport kamu berbeda dengan yang terdaftar di data dapodik. Harap cek kembali data tersebut di website dapodik dengan mengisi biodata sesuai dengan identitas anda seperti nama dan asal sekolah.
Banyak siswa yang mengalami masalah ini dikarenakan nomor NISN nya tidak sesuai dengan nama mereka/tetukar dengan siswa lain. oleh karena itu cek secara teliti apakah nomor NISN tersebut adalah benar-benar milik anda.

BAGAIMANA CARA MENGUBAH DATA YANG SUDAH DISIMPAN PERMANEN DI AKUN LTMPT?

Sebenarnya sudah tidak ada cara untuk mengubah data pada akun LTMPT yang sudah disimpan permanen. akan tetapi menurut pihak LTMPT mengenai masalah ini diharapkan peserta tidak perlu khawatir dengan kesalahan data tersebut karena nanti akan ada pemberkasan lagi apabila peserta sudah masuk pada PTN pilihan yang terpenting anda sudah memasukan NISN sekolah dengan benar.

Dibawah ini adalah pesan yang disampaikan oleh pihak LTMPT kepada admin lewat email pengaduan masalah.

Jika memang masih ada pertanyaan lain seputar akun LTMPT maka anda bisa menghubungi juga lewat alamat email resmi LTMPT di sekretariat@ltmpt.ac.id

CATATAN PENTING
Pendaftaran registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN akan berakhir pada 7 Januari 2020. Untuk itu diharapkan siswa telah melakukan registrasi karena jika tidak maka tidak dapat mengikuti SNMPTN.

UPDATE 7 JANUARI 2020
Pendaftaran registrasi akun LTMPT 2020 untuk SNMPTN akan diperpanjang selama dua hari yaitu sampai tanggal 9 Januari 2020. Hal ini dikarenakan banyak siswa yang belum melakukan simpan permanen data. Berita perpanjangan pendaftaran ini diinfokan berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan web resmi LTMPT sebagai berikut.


UPDATE 10 JANUARI 2020
Pendaftaran akun LTMPT SNMPTN sudah di tutup akan tetapi untuk siswa yang belum melakukan permanenan data masih bisa dilakukan hari ini 10 januari 2020 hingga pukul 13.00. Untuk lebih jelasnya bisa lihat informasi dari web LTMPT dibawah ini


UPDATE 18 FEBRUARI 2020


Pendaftaran SNMPTN 2020 sudah dibuka dari tanggal 14 Februari 2020. sekarang adik-adik sudah bisa mendaftar menggunakan akun LTMPT yang sudah dibuat sebelumnya pada bulan januari lalu. pendaftaran akan berlangsung hingga tanggal 27 Februari 2020 Pukul 23.59.Untuk tata cara pendaftaranya bisa dilihat di link ini Langkah langkah daftar SNMPTN 2020

Itulah informasi seputar pendaftaran LTMPT terbaru semoga bisa membantu.

UPDATE 3 JUNI 2020

Untuk pendaftaran LTMPT sudah ditutup dan pada saat ini sudah dibuka pendaftaran SBMPTN

Untuk jadwal lebih jelasnya bisa lihat dibawah ini


UPDATE 4 JANUARI 2021

Di awal 2021 ini pendaftaran SNMPTN sudah kembali dibuka. Periode pendaftaran registrasi akun LTMPT dimulai dari tanggal 4 Januari 2021 Jam 15.00 WIB hingga 1 Februari 2021. harap segera melakukan pendaftaran akun karena jika sudah lewat dari tanggal yang disebutkan maka anda sudah dipastikan tidak bisa mengikuti SNMPTN 2021.

Menurut pengalaman alumni kemarin banyak siswa yang tidak bisa melakukan pendaftaran SNMPTN karena mereka terlena dengan libur panjang sampai lupa dengan registrasi akun LTMPT nya. jangan sampai kejadian tahun kemarin terulang kembali

ALUR JADWAL PENDAFTARAN SNMPTN 2021

Peluncuran Sistem PMB 2021 : 4 Januari 2021
Registrasi akun LTMPT : 04 Januari - 1 Februari 2021
Penetapan Siswa yang eligible oleh sekolah : 04 Januari 2021 - 08 Februari 2021
Pengisian PDSS : 11 Januari 2021 - 08 Februari 2021
Pendaftaran SNMPTN : 15-24 Februari 2021
Pengumuman Hasil SNMPTN : 22 Maret 2021
Daftar Ulang peserta lulus SNMPTN : Lihat Di Halaman PTN yang dituju

Untuk lebih jelasnya bisa lihat tabel dibawah ini
Sumber : Halaman Situs Web LTMPT Resmi

Pertanyaan singkat

1. Apa itu penetapan siswa eligible oleh sekolah? #daftarakunltmpt 

Penetapan siswa eligible adalah penetapan siswa yang bisa mendaftar SNMPTN yang telah ditentukan oleh sekolah. perlu diketahui tidak semua siswa kelas 12 angkatan 2021 bisa daftar SNMPTN karena nanti akan ada perangkingan nilai siapa-siapa saja yang bisa daftar. menurut info hanya 40% dari seluruh siswa kelas 12 yang bisa daftar SNMPTN. Jadi tanyakan dulu ke pihak sekolah kita termasuk 40% itu apa tidak. 

2. Apa itu pengisian PDSS?  #daftarakunltmpt

PDSS adalah singkatan dari Pangkalan Data Siswa dan Sekolah yang artinya sedang dilakukanya proses pengisian data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai raport siswa yang eligible mendaftar. 

HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN KETIKA INGIN REGISTRASI AKUN LTMPT

Sebelum mengakses situs web untuk daftat akun LTMPT sebaiknya anda persiapkan beberapa persyaratan untuk mendaftarnya. Berikut adalah syarat untuk daftar LTMPT. 

1. NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) 
2. NPSN (Nomor Pokok Siswa Nasional) 
3. Tanggal lahir
4. Email aktif
5. NIK (KTP/dari KK) 
6. Pas foto terbaru

Untuk info lebih jelasnya liat dibawah ini

Persyaratan diatas wajib dipersiapkan agar pendaftaran akun bisa berjalan lancar. 

Admin perjelas lagi bahwa pendaftaran SNMPTN memang masih lama yaitu tanggal 15-24 Februari 2021 akan tetapi kita diharuskan mendaftar/buat akun LTMPT nya dulu yang berlangsung tanggal 4 Januari 2021 hingga 1 Februari 2021. artinya jika anda ingin daftar SNMPTN tapi belum punya akun LTMPT maka anda tidak bisa daftar SNMPTN. 

Penjelasan diatas harap dipahami karena admin mengharapkan semua peserta bisa mengerti dengan sistem pendaftaran seleksi SNMPTN ini karena tahun lalu masih banyak siswa yang salah dengan alur pendaftaranya. 

Untuk perihal SBMPTN nanti akan admin infokan kembali karena sampai saat ini masih sedikit info yang bisa didapatkan karena sekarang masih mengurus pendaftaran SNMPTN terlebih dahulu. 

Klik ikuti blog ini agar mendapat informasi seputar pendaftaran SNPTN,SBMPTN,UTBK dan Info penting lainnya. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel