-->

Cara join di google meet via laptop untuk belajar online siswa

Di era pandemi saat ini banyak sekali masyarakat yang segala aktivitasnya baik sekolah maupun bekerja dilakukan dirumah. namun aktivitas dirumah bukan berarti diliburkan tetapi kita harus tetap produktif seperti biasanya. 

Untuk bisa menunjang itu semua segala pekerjaan diadakan secara online. Namun untuk orang awam yang belum paham dengan sistem online pasti banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya. 

Ada dua program yang sering diggunakan pelajar dan pekerja untuk menjalankan aktivitas online selama pandemi yaitu menggunakan google meet dan zoom. aplikasi tersebut diggunakan untuk saling bertemu bertatap muka dan segala aktivitas dilakukan disana semua. 

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara kerja google meet dan zoom yang diggunakan pada laptop. 

CARA KERJA GOOGLE MEET DI LAPTOP

Singkatnya untuk menggunakan google meet pada laptop sama seperti halnya anda menggunakan di ponsel akan tetapi google meet pada laptop akan sangat lebih baik karena layar serta suasana yang didapatkan akan jauh lebih besar dibandingkan di ponsel. 

Pada laptop kita tidak perlu aplikasi untuk menggunakan google meet karena kita bisa mengaksesnya lewat browser seperti google chrome ataupun mozila firefox. 

Cara menggunakanya anda tinggal join ke tautan google meet di https://meet.google.com/ maka tampilanya akan seperti dibawah ini
Setelah itu apabila anda diberikan link oleh guru atau bos anda maka tinggal masukan link tersebut ke kolom yang sudah disediakan seperti gambar diatas. 

Maka setelah itu anda bisa langsung join ke meeting rapat tersebut. 

CARA BUAT ROOM MEETING SENDIRI DI GOOGLE MEET LEWAT LAPTOP

Selain Anda bisa bergabung melalui room orang lain anda juga bisa membuat room sendiri lalu mengundang orang yang lainnya. 

Cara membuat room sendiri di google meet yaitu 

Pertama Buka google meet di browser dengan di https://meet.google.com

Buka menu new meeting Seperti gambar dibawah ini 
Ada 3 fitur yang bisa anda gunakan untuk membuat room di google meet yaitu

1. Buat rapat nanti

Pada menu ini anda bisa membuat room meeting terlebih dahulu sebelum acara dimulai yang nantinya akan diberikan link sebagai persiapan jika acaranya sudah mau dimulai. 

Anda juga bisa membagikan link tersebut terlebih dahulu beserta jadwal akan dimulainya sehingga rekan anda bisa bersiap-siap dahulu sebelum acaranya dimulai. 

2. Mulai rapat instan

Pada menu ini anda bisa memulai rapat Secara langsung tanpa harus menunggu lagi. anda bisa langsung membagikan link rapat google meet tersebut kepada rekan-rekan untuk segera langsung join dan masuk ke link tersebut. 

3. Jadwalkan di google kalender

Pada fitur ini anda bisa membuat jadwal terlebih dahulu kapan meeting tersebut akan mulai diadakan. penjadwalan meeting akan dijadwal melalui google kalender dan akan diingatkan ketika hari tersebut sudah mendekati dari hari penjadwalan. 

CARA MENGGUNAKAN ZOOM DI LAPTOP

Beda halnya dari google meet jika menggunakan zoom di laptop anda harus menginstal aplikasi di laptopnya terlebih dahulu. memang sangat ribet akan tetapi jika guru atau bos menyuruh menggunakan aplikasi ini maka mau tidak mau harus menginstal terlebih dahulu aplikasinya. 

Pertama download dulu aplikasinya di https://zoom.us/download

Setelah selesai instal aplikasinya caranya seperti anda menginstal program lain di laptop

Setelah itu login bisa menggunakan gmail atau facebook

Setelah membuat akun anda bisa memilih untuk bergabung dengan room orang atau membuat room sendiri. 

Apabila ingin membuat room sendiri tinggal pilih new meeting dan apabila ingin bergabung di meeting orang lain maka bisa pilih join dan masukan id anda. 

PENUTUP

Itulah cara menggunakan zoom dan google meet di laptop semoga bisa membantu anda yang lagi kesusahan membukanya. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel