-->

Langkah-langkah pendaftaran SNMPTN 2020 beserta solusi tidak bisa daftar SNMPTN


pembukaan pendaftaran SNMPTN telah di buka pada hari ini tepatnya 14 Februari 2020 pada pukul 14.00 . memang tanggal tersebut sudah melewati jadwal yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara Sbmptn yang memang sebarusnya di jadwal tertera pada tanggal 11 februari 2020 tetapi mungkin ada kendala suatu hal yang membuat jadwal pendaftara SNMPTN diundur 3 hari.


Dengan diumumkanya pendaftaran tersebut siswa sudah bisa mendaftar pada halaman portal http://web.snmptn.ac.id. pendaftaran tersebut bisa dilakuka  secara pribadi atau melalui perantara sekolah.
akan tetapi sebelum melakukan pendaftaran tersebut terlebih dahulu siswa harus memenuhi beberapa persyaratan agar siswa dapat melakukan pendaftaran. karena jika ada satu syarat yang tidak terpenuhi maka pendaftaran tidak dapat dilakukan. tentunya persyaratan ini adalah wajib untuk seluruh siswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi melalui jalur ini. Jadi harap diperhatikan dan disimak baik-baik agar tidak terjadi kekeliruan.

Berikut adalah syarat dan tata cara pendaftaran SNMPTN 2020 :

  1. Siswa telah melakukan registrasi akun atau aktifasi akun serta telah melakukan permanenan data melalui web LTMPT yang sudah dibuka pada bulan lalu yaitu pada tanggal 2 Desember 2019 -  9 Januari 2020. 
  2. Setelah itu siswa diharuskan melihat pemeringkatan yang telah diumumkan oleh sekolah. Apakah nama adik-adik terdaftar pada pemeringkatan atau tidak. Jika tidak terdaftar maka anda harus mengurungkan niatnya untuk mendaftar SNMPTN dan jika terdaftar dalam pemeringkatan maka siswa bisa melanjutkan pendaftaran. Untuk dapat mengetahui peringkat dapat login ke web snmptn linknya ada diatas lalu liat pada bagian pengumuman pemerigkatan seperti gambar dibawah ini. 
  3. Harap diingat siswa yang dapat mendaftar SNMPTN hanya siswa angkatan 2020. Untuk SBMPTN semua siswa angkatan 2018-2020 bisa mendaftar. siswa yang lulus pemeringkatan akan dilanjutkan pada pendaftaran berikutnya dan jika tidak lulus pemeringkatan maka akan ada keterangan "data siswa tidak ditemukan"
  4. Lalu siswa yang telah masuk pemeringkatan di halaman selanjutnya harus menyetujui syarat dan ketentuan yang telah dituliskan disana. Harap dibaca dulu agar mengerti, jika sudah maka klik setuju dan lanjutkan. Setelah menyetujui anda akan dialihkan ke form pendaftaran
  5. Setelah itu isi PTN beserta prodi yang kamu inginkan pada pilihan 1 dan 2. Harap diingat pilihan 1 adalah pilihan yang prioritas dan ke 2 adalah pilihan cadangan. setiap siswa hanya boleh mendaftar 2 PTN dan 2 prodi. Misalnya pilihan 1 PTN UI prodi informatika dan pilihan 2 PTN ITB multimedia. 2 PTN yang sama dengan prodi berbeda juga boleh-boleh saja.
  6. Setelah mengisi PTN dan prodi maka selanjutnya isi form pendaftaran seperti nama,tanggal lahir,asal sekolah DLL. Isi saja semua kolom yang masih kosong. Jika ada KIP maka masukan nomor kip beserta unggahan dokumen nya.
  7. Lalu isikan form prestasi jika mempunyai prestasi yang sebelumnya pernah didapatkan disekolah beserta unggahan foto bukti prestasi seperti piagam atau sertifikat.
  8. Khusus bagi diswa yang melamar pada prodi seni atau olahraga maka diharuskan mengupload portofolio. Max ukuran portofolio 10 MB dan max ukuran video 15 MB. Caranya dengan mengupload kegiatan prodi yang pernah dilakukan misalnya memilih prodi tari maka unggah kegiatan seni tari tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa lihat syarat dan ketentuan upload dokumen portofolio pada gambar di bawah ini.






  9. Setelah itu sampailah kita dalam tahap finalisasi pendaftaran. Pada tahap ini harap di cek satu persatu semua data yang telah kita isi tadi dengan benar yaitu sesuai dengan data diri yang dimiliki. Jika sudah yakin maka centang ketiga kolom tersebut lalu klik kolom warna merah untuk mengakhiri pendaftaran. Harap diingat kalau anda sudah mengakhiri proses pendaftatan maka kita sudah tidak bisa mengubah lagi data yang sudah di isi tadi alias sudah tersimpan permanen dan anda sudah terdaftar pada pendaftaran SNMPTN. Oleh karena itu jika masih ragu dengan data yang di isi tadi maka bisa simpan sementara dulu jangan klik finalisasi.
  10. Setelah daftar dan klik finalisasi maka unduh dan cetaklah kartu bukti pendaftaran sebagai bukti telah mendaftar SNMPTN
  11. Menunggu hasil pengumuman SNMPTN pada tanggal 4 april 2020. Jadwal tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan pihak penyelenggara SNMPTN.
Urutan singkat pendaftaranya bisa dilihat gambar dibawah ini


CATATAN PENDAFTAR 
  • Harap jangan melakukan pendaftaran di awal dan akhir pendaftaran. Mengapa? dikarenakan pada waktu tersebut pengakses web tersebut sangatlah ramai. Jadi apabila anda memaksa mendaftar takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya server down (tidak bisa diakses), tidak bisa upload dokument dengan lancar,muncul halaman kesalahan atau pendaftaran ditolak. Oleh karena itu daftar lah pada pertengahan atau pada waktu-waktu yang sepi seperti pada malam hari untuk menghindari server yang padat.
  • Sebelum daftar alangkah baiknya tentukan PTN dan prodi dengan sebaik-baiknya dan sematang matangnya. Kalau bisa diskusikan dengan orang tua terkait dengan masalah ini. dikhawatirkan nanti setelah diterima dan jurusan yang kita pilih tidak disukai anda tidak bisa mundur lagi. ini adalah kejadian yang sering dialami siswa ketika daftar SNMPTN maupun SBMPTN.
  • Setelah daftar jangan lupa klik finalisasi jika data telah yakin benar dan sesuai. Banyak dari pendaftar yang menunda proses finalisasi sampai masa pendaftaran selesai atau bahkan ada kejadian siswa yang tidak finalisasi sama sekali maka hal tersebut adalah kejadian yang sangat fatal karena jika tidak finaslisasi anda sudah gagal dalam hal pendaftaran.
  • Jika pada SNMPTN anda tidak diterima maka anda boleh mengikuti SBMPTN sama dengan siswa lainnyw
Dengan lolosnya perankingan pada saat pendaftaran SNMPTN tidak menentukan lulusnya seorang peserta dalam meraih mimpinya untuk masuk ke perguruan tinggi impian mereka. seluruh siswa akan melakukan seleksi sesuai dengan nilai raport dari tiap-tiap sekolah yang ada di Indonesia. oleh karena itu kemungkinan peserta bisa lolos masuk ke PTN melalui jalur ini sangat-sangatlah ketat sekali. disarankan jangan terlalu berharap  pada seleksi SNMPTN ini karena dikhawatirkan akan menimbulkan rasa kekecewaan. 

Untuk dapat mengincar PTN dengan prodi yang diinginkan. disarankan siswa mulai belajar mulai saat ini untuk mengikuti SBMPTN sebagai antisipasi jikalau tidak lolos dalam SNMPTN. anggap saja jika lolos dalam SNMPTN adalah bonus atas kerja keras kita selama disekolah. jika masih gagal dalam SBMPTN jangan berkecil hati karena anda akan bisa mengikutinya lagi selama 3 tahun kedepan. misalnya jika kamu lulusan tahun 2020 maka kamu bisa ikut SBM 3x pada periode 2020-2022 begitu pula dengan angkatan-angkatan selanjutnya.

Call center SNMPTN : 0804-1450-450

QNA SEPUTAR PENDAFTARAN SNMPTN 2020

Question: apakah nanti setelah lolos SNMPTN boleh ganti jurusan?

Answer : tidak bisa, maka dari itu tentukan jurusan dengan matang pada saat pendaftaran. jika sudah lolos dan diterima kamu tidak bisa mengganti atau merubahnya.

Question : apakah ada biaya SNMPTN?

Answer : pendaftaran SNMPTN tidak dipungut biaya. Dan jika lulus nanti kamu tidak usah bayar uang pangkal kuliah. hanya bayar biaya UKT persemesternya saja. apabila masih tidak mampu maka kamu bisa mengajukan pemberian kip atau sktm agar bisa meringankan biaya ukt tsb.

Question : Apakah SNMPTN itu?

Answer : SNMPTN merupakan singkatan dari seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang seleksinya dilakukan berdasarkan nilai raport sekolah dari semester 1 sampai semester akhir.

Question : kapan pendaftaran SNMPTN 2020 berlangsung?

Anwer : mulai tanggal 14 Februari pukul 14.00 hingga 27 februari 2020 pukul 23.59

Question : Mengapa pada saat saya masuk halaman SNMPTN tertulis halaman tidak dapat ditampilkan/halaman tidak dapat ditemukan seperti gambar dibawah ini?


Answer : itu disebabkan oleh padatnya server yang menyebabkan server down. disarankan untuk membuka web pada saat jam sepi yaitu pada saat malam hari atau ditengah-tengah hari pendaftaran.

Question : mengapa saya tidak bisa mengupload dokumen di web SNMPTN?

Answer : coba perhatikan minimal dan maximal ukuran file yang diupload disana. kebanyakan peserta mengupload tidak sesuai dengan ketentuan upload.

Question : Gimana caranya mengubah file dokumen menjadi PDF di SNMPTN.

Answer : silahkan adik-adik kunjungi laman https://www.ilovepdf.com lalu masukan file yang ingin dijadikan pdf. maka klik upload lalu unggah kembali file tersebut dan hasilnya file telah diubah menjadi pdf.

Question : apakah bisa daftar SNMPTN sendiri tanpa harus dengan sekolah?

Answer : bisa. Asalkan dokumen yang diperlukan pada saat pendaftaran sudah lengkap. Jika ada dokumen yang diperlukan berkaitan dengan sekolah maka hubungi pihak sekolah berkaitan dengan dokumen yang diperlukan.

Question : Mengapa saya gagal terus pada saat login akun snmptn?

Answer : jika anda lupa password bisa klik lupa password lalu ikuti langkah-langkah yang diberikan. harap selalu catat dan ingat password pada saat masuk ke akun anda.

Question : Apakah mencetak kartu bukti peserta pendaftaran itu penting?

Answer : sangat penting. Pada saat verifikasi kelulusan kartu tanda bukti peserta sangat diperlukan. jadi jangan lupa simpan file kartu peserta setelah daftar dan cetak secepatnya agar tidak lupa.

Question : mengapa web SNMPTN error terus? Padahal koneksi internet saya lancar. seperti gambar dibawah ini


Answer : itu dikarenakan web snmptn lagi padat server. maka coba lagi lain kali pada saat server sedang tidak terlalu penuh misalnya malam hari atau subuh.

Question : apa penyebob login siswa ditolak pada saat daftar SNMPTN?

Answer : hal tersebut dikarenakan server penuh sehingga anda tidak bisa login. Cobalah login dilain waktu. Atau bisa disebabkan server sedang dalam perbaikan jadi di tunggu saja.

Silahkan komen dibawah untuk pertanyaan seputar SNMPTN 2020. Nanti akan kami jawab secepatnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel