-->

Pengertian docang makanan tradisional khas cirebon yang sangat enak


Docang merupakan makanan khas Cirebon yang sangat unik dan enak untuk disantap pada pagi hari. docang merupakan makanan berkuah yang di isi dengan lontong,toge,daun singkong,parutan kelapa, oncom yang terakhir kuah kemerahan yang sangat segar walaupun warnanya merah akan tetapi tidak berasa pedas. docang banyak sekali dijajakan pada gerobak jika kamu berjalan keliling menelusuri kota cirebon pada pagi hari maka kamu pasti akan menemukan penjual docang di setiap pinggiran jalanya. selain membicarakan rasanya yang enak ternyata docang merupakan makanan yang murah meriah karena hanya dengan bermodalkan uang tiga ribu saja kita suda bisa menikmati satu mangkuk docang.

Bagi kalian yang baru pertama kali mencobanya mungkin agak terasa asing karena memang makanan ini hanya ada di kota cirebon dan bahan-bahanya sangat sederhanan dan tradisional sekali. jadi wajar saja kamu yang sudah memakan makanan kekinian seperti burger atau pizza dan kemudian mencoba docang ini rasanya sangat jauh berbeda. akan tetapi jika kamu sering menicipinya bisa jadi ketagihan deh.

Selain bahan yang sudah dijelaskan diatas docang juga dilengkapi dengan kerupuk yang sangat khas rasanya yang biasanya langsung dimasuki kedalam makanan yang membuat kerupuk menjadi lebih lembut dan enak dikunyah. docang juga memiliki singkatan yang berarti bodo dan kacang  yang berarti bodo itu baceman yang berasal dari oncom dage dan kacang yaitu kacang hijau yang dijadikan toge.


Docang memang makanan yang tidak terlalu terkenal seperti nasi jamblang dan tahu gejrot karena memang sekarang penjual docang sudah jarang terlihat dikarenakan memang zaman semakin maju dan banyak terciptanya makanan baru yang membuat makanan satu ini sudah hampir tertelan zaman. oleh karena itu sebagai penduduk asli kota cirebon jangan sampai membiarkan makanan khas daerah kita sendiri lenyap begitu saja dari peredaran dan harus dilestarikan dan kalau bisa diperkenalkan kepada orang luar kota atau kalau bisa sampai mancanegara.

Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? jika memang kamu mau berkunjung ke cirebon maka docang merupakan makanan yang wajib kamu coba karena makanan docang ini tidak ada di kota lain tidak seperti makanan khas solo atau jakarta yang makanan khas nya sudah tersebar luas di beberapa kota lain. jika ingin mencobanya kamu bisa mengunjungi Jalan Stadion Bima Cirebon pada hari minggu karena disana terdapat banyak sekali makanan dan minuman termasuk penjual docang yang bisa kamu nikmati sambil berolah raga di lapangan bima.

PENUTUP

Itulah sedikit pembahasan dari makanan khas Cirebon yaitu docang semoga bisa menambah ilmu dan pengetahuan seputar makanan khas Indonesia. jika kamu ingin melihat makanan khas cirebon lain yang ingin kamu coba maka kamu bisa mengunjungi artikel ini Makanan khas cirebon untuk mengetahui apa saja sih makanan khas cirebon yang sangat unik dan pastinya enak. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel