-->

Contoh pidato tentang pentingnya disiplin di lingkungan sekolah

Boy, Girl, Hand In Hand, Kids, School

Assaalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMAN 9 Cirebon
Kepada yang terhormat Wakil kepala sekolah SMAN 9 Cirebon

Yang terhormat seluruh Bapak dan Ibu guru beserta jajaran Staf Tata Usaha SMAN 9 Cirebon

Pertama-tama mari kita panjatkan Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas berkat limpah dan rahmatnya kita semua dapat berada disini mengikuti upacara bendera dalam keadaan sehat amin yarrobal allamin. sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW kepada para keluarganya,sahabatnya serta pengikutnya sampai akhir zaman termasuk kita semua.

Anak-anaku sekalian semua yang berada disini. pada kesempatan kali ini bapak akan memberikan sedikit nasihat yaitu pentingnya disiplin untuk ketertiban dan kenyamanan pada diri sendiri. pastinya anak-anak disini semua pada bangun pagi kan? dan fungsinya bangun pagi yaitu adalah agar kita tidak kesiangan pada saat berangkat sekolah. nah itu adalah salah satu sikap atau perilaku yang mencerminkan bahwa kamu telah melakukan disiplin waktu. dengan disiplin apapun pekerjaan yang kita kerjakan pasti akan berjalan dengan tertib lancar sehingga kita sendiri akan merasa nyaman. sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis disiplin yang perlu adek-adek ketahui diantaranya ada disiplin waktu, disiplin aturan, disiplin beribadah dan disiplin berbangsa dan bernegara.

Untuk disiplin waktu kita sudah mengetahui yaitu berangkat sekolah tepat waktu, bangun tepat waktu dan melakukan aktifitas sesuai dengan jam yang telah ditentukan. untuk disiplin aturan pasti adek-adek disini juga sudah tahu kan? yap disiplin aturan yaitu adalah disiplin yang harus kita taati ketika ada aturan yang sudah ditetapkan contohnya yaitu aturan menjaga kebersihan dilingkungan sekolah itu adalah aturan yang harus kita patuhi di sekolah dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan kerja bakti dengan rutin agar lingkungan sekolah terlihat rapih dan bersih. jika sudah bersih dan rapih bukankah nanti kita juga akan merasa nyaman kan. contoh lagi disiplin aturan yaitu menjaga ketertiban tidak diperbolehkan menggunakan handphone pada saat jam pelajaran. nah itu adalah contoh sikap disiplin aturan diruangan kelas yaitu kita tidak boleh menggunakan ponsel pada saat jam belajar.

Disiplin ketiga yaitu adalah disiplin beribadah. nah disini kan hampir semua anak-anak beragama islam. pastinya tahu dong jadwal ibadah yang harus kita laksanakan. yaitu mengerjakan sholat dzuhur,azhar,maghrib dan isya. nah untuk disiplin beribadah kita juga harus tepat waktu melaksanakan ibadah selepas adzan bersegeralah untuk sembayang di rumah atau dimasjid itu baru namanya disiplin beribadah. yang keempat yaitu adalah disiplin berbangsa dan bernegara. pastinya adek-adek disini pernah kan jalan-jalan naik mobil atau motor dan banyak melihat lampu merah dimana-mana. pada tombol warna merah itu artinya berhenti, lampu kuning bersiap-siap dan hijau artinya jalan. itu semua harus kita taati ketika hendak berada di jalan raya jika kamu sudah menaati nya berarti adek-adek disini sudah melakukan disiplin berbangsa dan bernegara yaitu menaati rambu-rambu lalu lintas contohnya lampu merah.

Dari semua jenis-jenis disiplin mana aja nih yang belum adek-adek lakukan. ayo yang masih melanggar segera tertib ya karena disiplin itu mempunyai banyak sekali manfaatnya untuk diri sendiri dan orang lain juga. dengan disiplin kita bisa membagi waktu,menjadi pribadi yang taat aturan dan yang satu lagi terpenting semuanya akan selamat dan lancar. cara yang paling mudah agar kita bisa disiplin yaitu adalah dengan membuat jadwal dan apapun yang harus kita lakukan tulislah disitu semua dan jangan hanya ditulis aja tetapi harus patuhi serta dijalankan contoh nya jam 5 harus bangun dan sholat subuh, jam 6 sarapan sampai seterusnya hingga malam hari. jadi apapun yang kita lakukan menjadi lebih rapih dan terencana.

Nah itulah arti pentingnya disiplin dan berbagai macam-macam disiplin. bapak berharap anak-anak disini selalu mempunyai etika disiplin yang baik dirumah disekolah maupun di lingkungan masyarakat. dengan begitu kamu bisa menjalani aktifitas dengan menyenangkan tanpa ada rasa penyesalan dikemudian hari. karena jika kita tidak mempunyai sikap disiplin hidup kita akan menjadi berantakan dan tidak mempunyai rencana kedepan yang bisa diatur karena memang tidak ada tujuan yang ingin dilakukan. sekian dari bapak apabila ada kata-kata yang kurang berkenang mohon dimaafkan. wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel