-->

Wa Web : Tutorial cara terhubung ke Whatsapp Web dari ponsel Android & IOS

Whatsapp web merupakan sebuah fitur baru yang dikeluarkan whatsaap yang memungkinan orang bisa chatting melalui browser Web terutama di komputer atau laptop. 

Dengan adanya fitur ini sekarang anda bisa menggunakan whatsapp di dua tempat yaitu di ponsel dan komputer. keuntungan lain yang bisa didapatkan anda juga bisa melakukan transfer dari hp ke komputer dengan sangat mudah tanpa harus menggunakan kabel data atau bluetooth.

Namun Ketika ingin menggunakan whatsaap web syaratnya anda harus mempunyai akun terlebih dahulu yang aktif pada ponsel dikarenakan whatsapp yang kita buka di web tersebut merupakan akun yang ada pada ponsel yang artinya sistem whatsapp web ini bersifat paralel karena saling terhubung satu sama lain.

Syarat lain agar anda bisa menggunakan whatsapp web yaitu ponsel harus tetap terhubung dalam jaringan. jika tidak maka pesan whatsapp yang dikirimkan melalui komputer tidak akan terkirim. jadi pastikan ponsel anda harus ada koneksi internet agar bisa tetap diggunakan di komputer.

CARA MENGGUNAKAN WHATSAPP WEB DARI HP KE KOMPUTER/LAPTOP

1. Pertama : pastikan hp dan komputer terhubung ke internet

2. Kedua : Buka browser dan kunjungi whatsapp web di https://web.whatsapp.com sampai muncul barcode yang warna hitam seperti gambar dibawah ini

3. Buka ponsel anda dan klik titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih whatsapp web

4. Scan barcode yang ada di browser komputer anda menggunakan ponsel. setelah berhasil maka akan muncul tampilan chat yang ada seperti di ponsel anda seperti gambar dibawah ini

5. Whatsapp web siap diggunakan

WA Web di atas bisa diggunakan di komputer atau laptop bahkan ponsel sekalipun asal ada browser yang mendukung seperti google chrome. 

Jadi jangan tanya lagi cara chat wa di laptop karena sama saja langkah-langkahnya

Cara menggunakan wa web di hp juga bisa dilakukan dengan syarat browser hp sudah disetting menggunakan mode dekstop.

APAKAH BISA MENGGUNAKAN CARA LOGIN WHATSAPP WEB DENGAN NO HP?

Untuk saat ini login whatsapp web hanya bisa menggunakan kode barcode lalu menscan nya dari ponsel.

Kemungkinan kedepanya akan ada fitur login whatsapp web menggunakan nomor ponsel.

CARA LOGOUT DARI WHATSAPP WEB

Setelah anda menggunakan whatsapp web ini anda diwajibkan log out dari komputer atau laptop apabila perangkat tersebut milik orang lain atau anda sedang berada di warnet. Mengapa?

Karena whatsapp web tidak bisa log out dengan sendirinya dan akan terus aktif ketika ponsel anda terhubung ke internet. tentu ini sangat berbahaya sekali jika whatsapp anda mempunyai isi chat penting atau banyak privasi didalamnya dan kemungkinan dibajak oleh orang lain akan sangat mungkin sekali.

Cara logout dari whatsapp web anda tinggal klik gerigi 3 yang ada di atas chat layar komputer anda lalu pilih log out seperti gambar dibawah ini

CARA MENGETAHUI WA KITA DI PAKE ORANG LAIN / SADAP

Sebenarnya kejadian sadap whatsapp ini seringkali terjadi dan sudah banyak korbanya. hal itu dikarenakan kita lalai dalam menjaga keamanan pada akun whatsaap sehingga seseorang bisa mengakses akun anda dengan mudah.

Apabila anda merasa akun wa nya telah di sadap ketahui terlebih dahulu ciri-ciri akun whatsaap yang telah di sadap oleh orang lain supaya anda bisa mengantisipasi dan segera mengganti password keamanan untuk menjaga akun agar tidak dikendalikan oleh orang-orang yang jahil.

1. Pesan telah terbaca

Jika anda mendapatkan pesan chat yang telah terbaca akan tetapi belum pernah anda buka sama sekali sebelumnya, maka itu dipastikan whatsapp anda ada yang membuka dan kemungkinan ada yang menyadapnya

2. Terdapat notifikasi login aktif

Jika tiba-tiba terdapat notifikasi login whatsaap dari perangkat komputer yang tidak dikenal maka itu artinya ada orang yang sedang membuka whatsaap anda pada mode browser (WA WEB)

Contoh notifikasi apabila akun whatsaap anda ada yang menggunakan terdapat notifikasi seperti gambar dibawah ini

3. Isi pesan yang aneh

Apakah anda pernah membalas chat ke orang lain dengan isi pesan yang tidak pernah anda tulis sebelumnya? 

Jika tidak, maka bisa dipastikan ada orang yang telah menggunakan whatsaap tanpa sepengetahuan anda. jangan biarkan mereka mengacaukan percakapan anda yang dapat berujung dengan salah paham.

4. Membalas pesan otomatis

Apabila anda sedang membuka whatsapp dan tiba-tiba ada sebuah pesan yang muncul dengan sendirinya dikirimkan ke salah satu teman yang ada di whatsapp anda itu berarti bukan karena ada hantu yang menggunakan whatsaap anda. melainkan ada orang asing yang sedang bersamaan sedang menggunakan whatsapp anda.

5. Status online

Apabila anda memang benar yakin ada orang yang sedang menggunakan whatsapp anda. cobalah untuk melakukan tes dengan cara pinjam ponsel teman anda dan lihat akun whatsapp kita sendiri.

Jika memang ada yang menggunakanya status whatsapp pasti sedang online atau terakhir online pada jam yang tidak wajar yang berarti anda tidak online pada jam tersebut tapi sebenarnya whatsapp anda online.

CARA MENGATASI WHATSAPP YANG DIBAJAK OLEH ORANG LAIN / DISADAP

1. Menggunakan keamanan enkripsi end to end

Jika anda tidak ingin ada orang yang membaca pesan anda maka tidak ada salahnya menggunakan keamanan enkripsi 

Pada keamanan jenis ini pesan yang telah dikirimkan dan diterima anda tidak akan bisa dibaca oleh orang lain dan hanya si pengirim dan penerima pesan saja yang dapat melihatnya karena sudah terpasang fitur kunci pesan dimana pihak ketiga atau orang lain yang sedang mengakses whatsapp anda tidak bisa membacanya demikian juga dengan pihak whatsapp itu sendiri.

Ini sangat cocok bagi anda yang sedang terkena sadap WA yang tidak tahu ingin melakukan apa untuk melindungi pesan yang ada didalamnya.

Cara menggunakanya anda harus memilih dulu kontak mana yang ingin di enskripsi  dan meminta teman anda untuk menscan  kode QR anda. jika sudah berhasil maka akan ada tanda centang hijau di barcode teman anda.

Langkah-langkah enkripsi pesan whatsapp sebagai berikut :

1. Pertama buka whatsapp

2. Pilih teman anda yang pesanya ingin di enkripsi 

3. Buka profile teman anda dan ketuk enkripsi 

4. Scan barcode yang ada di layar menggunakan ponsel teman anda begitu sebaliknya sampai tanda yang ada di barcode tersebut terdapat centang hijau seperti gambar dibawah ini

2. Mengaktifkan verifikasi 2 langkah

Mengaktifkan verifikasi 2 langkah merupakan hal yang sangat penting sekali. Hal tersebut karena jika ada orang yang mencoba login menggunakan whatsaap nomer anda tidak akan bisa dikarenakan akan ada kode verifikasi yang membantu memperketat status keamanan akun anda.

Cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah whatsaap yaitu : 

1. Pertama buka whatsapp

2. Kedua buka setelan whatsapp

3. Pilih akun

4. Pilih verifikasi 2 langkah 

5. Masukan 6 digit pin yang akan diggunakan untuk login pada saat anda login ke whatsapp


3. Logout dari semua perangkat browser

Jika anda tidak ingin lagi ada aktifitas login yang berasal selain dari ponsel anda sebaiknya cabut semua akses dari browser serta perangkat lain.

Hal ini berfungsi untuk mengeluarkan status login anda dari berbagai perangkat lain sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengaksesnya

Cara logout dari whatsapp web yaitu :

1. Buka whatsapp

2. Setelah itu pergi ke whatsapp web

3. Lalu pilih keluarkan semua perangkat yang terdaftar pada akun whatsapp mu

CARA SADAP AKUN WHATSAPP LEWAT BROWSER HP TERBARU

Setelah tadi di atas menjelaskan cara agar akun whatsapp kita tidak disadap. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara sadap akun whatsapp orang lain 

Jika ada seseorang teman pacar atau gebetan yang ingin dikepoin isi pesan whatsapnya menggunakan cara ini adalah cara yang paling tepat.

Akan tetapi sebelum memulai langkah cara sadap akun whatsapp kita membutuhkan beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu :

1. Ponsel whatsapp orang yang ingin disadap
2. Koneksi internet di kedua ponsel
3. Browser google chrome

Tentunya untuk melakukan sadap ini anda diharuskan meminjam ponsel teman anda satu kali saja untuk scan barcode mereka di browser hp kita.

Caranya cukup mudah ikuti langkah-langkah dibawah ini

1. Buka browser google chrome kamu dan kunjungi WA web di https://web.whatsapp.com jangan lupa buka browser nya di versi dekstop ya soalnya kalau di mode mobile ga bisa

2. Setelah itu pinjam hp teman anda bilang saja ingin bermain game lalu buka whatsapp nya dan pilih whatsapp web

3. Scan ponsel teman mu di hp anda yang sudah buka WA web tadi ke barcode yang berwarna hitam

4. Setelah berhasil terhubung maka tandanya anda telah berhasil 

5. Setelah status wa web berhasil pasti akan muncul notifikasi di hp temanmu seperti gambar di bawah ini 

6. Jika ada notif seperti diatas tentunya jika teman anda tahu pasti akan gagal rencananya dan langsung di logout keluar. untuk mencegah ketahuan anda harus menonaktifkan notifikasi untuk whatsapp agar tidak ada notifikasi muncul dari whatsapp tersebut.

Caranya mudah anda tinggal tekan dan tahan yang lama notifikasi tersebut lalu pilih nonaktifkan notifikasi dari whatsapp dengan cara switch ke kiri. dengan begitu ponsel teman anda tidak akan menerima notifikasi lagi dari whatsapp web.

CARA MENAMBAHKAN STIKER WHATSAPP SENDIRI MELALUI GALERY

Jika anda sering menggunakan whatsapp tentunya pasti bosan kan dengan stiker bawaan whatsapp yang gitu-gitu saja?

Jika ya maka anda sekarang bisa menambahkan stiker melalui galery anda sendiri. jika seperti itu anda bisa memodifikasi gambar stiker melalui aplikasi edit foto terlebih dahulu agar lebih cantik setelah itu menggungahnya di whatsapp.

Lantas bagaimana cara menambahkan stiker whatsapp dari galery? Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka aplikasi playstore anda dan cari "aplikasi stiker pribadi untuk whatsapp" contoh aplikasi nya seperti gambar dibawah ini


2. Setelah instal buka dan tambah stiker baru dan pilih stiker yang anda inginkan

3. Jika sudah kirim stiker tersebut ke whatsapp agar bisa diggunakan. Jangan lupa beri nama jenis stiker tersebut agar lebih mudah ditemukan

4. Stiker sudah dipasang dan siap diggunakan di aplikasi whatsapp

5. Buka aplikasi whatsapp anda pilih emot di samping dan pilih stiker. tadaa stiker sudah bisa dikirim

CARA MENGGUNAKAN 2 AKUN WHATSAPP WEB DI KOMPUTER / LAPTOP SECARA BERSAMAAN

Apakah bisa menggunakan dua akun whatsapp web atau lebih di satu browser yang sama? 

Jawabanya bisa

Tentu anda bisa login whatsapp web dengan nomor yang bebeda. Apabila anda sedang repot karena harus menerima transfer berkas yang berasal dari wa dari dua nomor yang berbeda secara bersamaan anda bisa langsung sekaligus menggunakan 2 akun di satu browser agar pengerjaan menjadi lebih mudah.

Bagaimana caranya?

1. Buka wa web di browser tab penyamaran atau incognito dan satu browser biasa

2. Buka alamat wa web

3. Lalu scan barcode dengan hp 

4. Anda sudah bisa mempunyai 2 akun whatsapp yang login secara bersamaan

Jika anda ingin menggunakan akun satu lagi maka tinggal tambahkan saja satu tab penyamaran lagi karena mode penyamaran tidak akan mensave history kita setelah diggunakan jadi bisa diggunakan untuk beberapa akun yang berbeda.

CARA MENGHILANGKAN STATUS ONLINE DI WHATSAPP

Pada aplikasi whatsapp tentu kita sering melihat status akun orang lain yang sedang online atau kapan mereka terakhir online agar kita mengetahui seberapa cepat mereka membalas pesan yang sudah kita kirim.

Namun dengan fitur seperti itu tentunya akan membuat beberapa orang menjadi agak risih karena seperti dimata-matai orang lain yang kepo ingin mengetahui apa urusan kita membuka whatsapp.

Tapi ternyata fitur online tersebut bisa kita turn off agar orang lain tidak mengetahui kalau kita sedang online atau tidak.

Bagaimana cara mematikan tanda online tersebut?

Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini

1. Buka aplikasi whatsapp anda 

2. Lalu buka setting dan pilih akun lalu privasi

3. Disinilah kita bisa menonaktifkan beberapa fitur whatsapp dimulai dari status,info serta status online terakhir dilihat.

Jika anda tidak ingin ada orang yang melihat status online anda maka bisa setting ke "tidak ada" maka otomatis tulisan tersebut akan hilang tidak terlihat lagi.

APAKAH BISA VIDEO CALL LEWAT WA WEB?

Dalam hal ini WA Web belum mendukung fitur video call sehingga anda hanya bisa melakukan video call lewat ponsel saja. 

Apabila anda memaksa ingin video call lewat Komputer atau laptop hal ini bisa dilakukan pada whatsapp yang dibikin seperti versi mobile sehingga kita bisa menggunakan fitur apa saja seperti yang ada di ponsel android. caranya yaitu dengan memasang program software whatsapp tersebut menggunakan emulator.

Caranya simak dibawah ini

1. Pertama terlebih dahulu mencari softwarenya yang bernama bluestalk. anda bisa mendapatkanya di google

2. Instal dan pasang program yang bernama bluestalk tersebut di komputer anda.

3. Setelah itu buka aplikasi whatsapp dan login menggunakan nomor ponsel anda.

4. Selamat anda bisa menggunakan video call seperti yang ada di ponsel.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WA WEB

Kelebihan

1. Bisa transfer antar perangkat dari hp ke komputer dengan mudah tanpa bantuan kabel data atau bluetooth

2. Sebagai perantara pengganti hp jika hp anda sedang menggalami error atau gangguan pada hardware misalnya touchscreen sedang rusak.

3. Bisa diggunakan untuk melacak ponsel yang hilang. walaupun dalam jarak yang jauh wa web masih dapat diggunakan asal hp anda masih terhubung ke internet.

4. Sangat praktis tidak perlu login menggunakan kode verifikasi seperti pada hp

5. Lebih mudah untuk diggunakan saat mengetik

Kekurangan

1. Dengan adanya fitur ini sangat rawan sekali terjadinya sadap akun apabila anda lalai tidak logout sehabis menggunakanya

2. Tidak bisa video call dengan orang lain karena belum ada fiturnya

3. Tidak bisa dipakai jika ponsel tidak terkoneksi internet begitupula sebaliknya

Itulah beberapa hal tentang fitur wa web yang sangat bergguna bagi anda semoga bisa diterapkan dan memberikan manfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel