-->

Cara memperkuat sinyal wifi yang jaraknya jauh dari lokasi kita berada

Menggunakan sinyal ponsel saja untuk terhubung ke internet pastinya akan terasa kurang sekali. apalagi kita sedang dalam keadaan terdesak yang membutuhkan koneksi internet cepat untuk mengunduh beberapa file penting serta berbagai keperluan lainnya. disaat itulah sinyal wifi sangat dibutuhkan agar semua tugas kita dapat terselesaikan dengan cepat.

Pastinya anda juga sudah tau koneksi internet ponsel dan wifi sangat berbeda jauh sekali dimana perbandinganya bisa dua kali lipat atau bahkan tiga kali lipat sehingga sangat direkomendasikan menggunakan sinyal wifi untuk kegiatan yang membutuhkan kecepatan ekstra.

Namun kekurangan dari sinyal wifi yaitu ditentukan oleh jarak dimana tempat wifi tersebut berada karena semakin jauh tempat kita berada maka sinyal akan semakin berkurang.

Oleh karena itu pada artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara memperkuat sinyal wifi walaupun jaraknya sangat jauh dari lokasi kita berada.

1. GUNAKAN WIFI REPEATER

Solusi untuk mengatasi sinyal wifi yang kurang adalah menggunakan wifi repeater. wifi repeater sangat membantu sekali meningkatkan sinyal wifi yang lemah. cara kerja alat wifi repeater yaitu dengan menerima sinyal wifi kemudian memancarkanya kembali dengan sinyal yang lebih kuat dengan begitu sinyal yang anda terima akan lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Cara menggunakan wifi repeater sangat mudah sekali. anda hanya perlu mengikuti alur step by step nya dengan benar.

Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti seperti dibawah ini

1. Pertama sambungkan alat tersebut ke stopkontak dan tunggu sampai lampu indikatornya menyala. jika sudah menyala berkedip-kedip itu tandanya perangkat sudah aktif dan anda bisa langsung mengkoneksikanya.

2. Buka komputer atau laptop anda dan hubungkan pada bagian SSID. jika anda tidak tahu SSID perangkat tersebut yang mana maka bisa dilihat dibagian belakang label repeater. disitu ada informasi SSID nya.

3. Setelah semuanya sudah terhubung lalu bukalah browser dan pergi ke halaman http://tplinkextender.net kalau dihalaman tersebut anda diminta user dan password maka isi saja user dan password tersebut admin. 

4. Setelah berhasil masuk maka anda sudah bisa mengontrol settinganya. biasanya bahasanya inggris maka setting dulu ke bahasa indonesia.

5. Setelah itu kita sudah masuk dan sudah bisa memperkuat sinyal wifi yang kita inginkan. maka langkah terakhir tinggal pilih saja wifi yang mau diperkuat dengan mencentangnya. Lalu next

7. Silahkan masukan password wifi jika wifi tersebut meminta password. lalu tinggal tunggu loadingnya 100% dan wifi sudah bisa diggunakan.

2. MENGGUNAKAN ROUTER WIFI


Alat kedua yang bisa anda gunakan untuk memperkuat sinyal wifi adalah menggunakan Router. 

Saat ini router banyak diggunakan diperkantoran sebagai alat yang paling berguna untuk memancarkan sinyal. fungsi router itu sendiri adalah untuk memancarkan sinyal agar dapat dijangkau diseluruh ruangan. router akan sangat berguna bagi anda yang ingin mempunyai sinyal wifi yang bagus tidak hanya disatu tempat melainkan diseluruh ruangan rumah.

Router memancarkan sinyal pada jarak maksimal 5 meter. selain itu apabila anda ingin menggunakan router didalam rumah pastikan letakan router tersebut ditempat yang tepat dikarenakan pelatakan router akan sangat berpengaruh terhadap kualitas sinyal yang diterima pada setiap ruangan. letakan router ditempat yang terbuka dan tidak terhalang oleh dinding misalnya di ruang keluarga

Sinyal router juga akan berpengaruh dengan adanya benda elektronik disekitar rumah anda contohnya tv,kulkas,radio dan perangkat elektronik lainnya. Oleh karena itu hindarkan alat-alat elektronik lainnya agar sinyal router bisa berjalan dengan lancar.

Untuk harga router itu sendiri berkisar antara 150 ribu hingga 2 juta tergantung dari kualitas barangnya. semakin mahal router tersebut maka jangkauan pemancar yang diggunakan akan semakin bagus. 

3. MENGGUNAKAN APLIKASI PENGUAT SINYAL

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk memperkuat sinyal yaitu dengan memasang aplikasi penguat sinyal yang ada di playstore atau apps store anda. saat ini banyak sekali aplikasi penguat sinyal yang bertebaran di internet. akan tetapi tidak semua aplikasi tersebut berfungsi dengan semestinya.

Dibawah ini merupakan rekomendasi aplikasi penguat sinyal yang benar-benar membantu menguatkan sinyal.

1. Wifi manager

Wifi manager bisa menjadi aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menguatkan sinyal. saat ini wifi manager sangat banyak diggunakan oleh orang-orang. bisa dibuktikan dengan jumlah unduhan yang bisa mencapai 10 juta pengguna.

Untuk masalah ukuran file nya tidak terlalu besar yaitu hanya membutuhkan 2,2 MB saja.

2. Wifi signal booster

Aplikasi ini dapat membuat anda mendapatkan koneksi internet yang cepat. aplikasi ini juga bisa memberitahu anda seberapa cepat lambatnya sinyal wifi yang ada disekitar. aplikasi ini mempunyai ukuran sebesar 2 mb saja

3. Wifi master key

Aplikasi ini dapat membantu anda untuk memperkuat sinyal sekaligus untuk mengetahui kecepatan jaringan yang sedang diggunakan. tidak kalah dari yang lainnya aplikasi ini juga ramah penyimpanan yaitu hanya sebesar 8 mb saja

4. PASTIKAN WIFI YANG DIGGUNAKAN TIDAK BANYAK TERHUBUNG KE BANYAK PERANGAT

Jika perangkat wifi yang anda gunakan tersambung pada beberapa perangkat lainnya sudah dipastikan kecepatan wifi tersebut akan dibagi-bagi dan akan menyebabkan lemot. agar hal tersebut tidak terjadi anda bisa memutuskan beberapa sambungan yang terhubung pada wifi agar dapat meningkatkan kembali kecepatan koneksi wifi tersebut.

Sebagai pemiliki wifi anda harus perhatikan setiap perangkat yang terhubung jangan sampai ada orang asing yang menggunakan koneksi wifimu seenaknya apalagi sampai menggunakanya dengan sangat tidak wajar (misalnya mengunduh file hingga ratusan giga) tentu hal tersebut akan merugikan anda.

5. UPGRADE FIRMWARE

Seperti yang kita tahu apabila versi wifi yang kita gunakan itu sudah usang maka kecepatan transfer data yang diterima juga pasti akan sangat lama. Oleh karena itu, gunakan versi wifi yang terbaru untuk mendapatkan koneksi internet yang bagus.

Anda bisa melakukan upgrade firmware (jika tersedia) pada ponsel anda atau mengganti perangkat terbaru agar versi wifimu bisa lebih terbaru.

Saat ini wifi yang ada pada ponsel terbaru menggunaan frekuensi 5 GHZ dengan menggunakan frekuensi tersebut pastinya akan membuat koneksi internet anda akan lebih cepat.

PENUTUP

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperkuat sinyal wifi. 

Apabila memang koneksi wifimu masih segitu saja kemungkinan itu diakibatkan oleh daftar paket wifi yang anda pilih. cobalah untuk membeli paket wifi dengan kecepatan yang besar misalnya 20 Mbps. dengan menambah kecepatan internet wifi tentu harga yang diminta juga akan lebih besar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel