-->

TERAKHIR. Cara lolos Prakerja gelombang 10 jangan sampai anda lewatkan

Seperti yang anda ketahui saat ini pendaftaran peserta prakerja sudah mau mencapai tahap akhir yaitu akan berakhir sampai gelombang 10. seperti yang dikatakan akun instagram prakerja.go.id kuota pendaftaran peserta prakerja tahun 2020 hanya sebesar 5,6 juta orang saja dan gelombang 10 ini sekaligus menjadi penutup dikarenakan jumlah kuota sudah memenuhi apa yang direncanakan pemerintah untuk program kartu prakerja ini.

Jika dilihat dari peserta yang mendaftar sepertinya sangat jauh sekali jumlahnya dengan kuota yang diberikan. itu sebabnya masih banyak peserta yang tidak lolos. 

Lantas apa yang bisa dilakukan oleh peserta yang tidak lolos seleksi?

Apakah ada cara agar bisa lolos kartu prakerja di gelombang 10? 

Menjawab dari pertanyaan tersebut sebenarnya ada hal yang bisa dilakukan agar anda lolos kartu prakerja. seperti yang dijelaskan di FAQ prakerja di atas anda bisa membuat surat pernyataan prakerja apabila sudah gagal 3 kali.

Berikut contoh surat pernyataan yang harus anda isi 


Anda bisa mengunduh surat pernyataan tersebut di web prakerja surat pernyataan

Jika anda sudah mengisi semuanya maka anda bisa mengirimnya ke email prakerja di kepesertaan@prakerja.go.id

Proses pernyataan permohonan tersebut harus dievaluasi terlebih  dahulu oleh tim prakerja sehingga membutuhkan sedikit waktu. 

FAKTOR LAIN YANG BISA MEMBUAT LOLOS KARTU PRAKERJA

Selain dari membuat surat pernyataan tersebut kita bisa melakukan beberapa hal agar meningkatkan kemungkinan kelulusan seleksi kartu prakerja anda. 

Apa saja langkah yang bisa dilakukan agar bisa lulus prakerja? Simak caranya dibawah ini

1. Mendaftar tepat waktu 

Jika pendaftaran prakerja sudah dibuka maka bersegera untuk mendaftar dikarenakan jika kuota sudah penuh anda sudah pasti akan gagal dan tidak bisa mengikuti seleksi. 

Pendaftaran prakerja biasanya dilakukan pada hari Kamis jam 12 siang. sebaiknya daftar di waktu-waktu menjelang pendaftaran buka. 

Sebelum mendaftar sebaiknya anda registrasi akun sehari sebelumnya atau jauh sebelum pendaftaran dibuka dikhawatirkan akan membutuhkan waktu yang lama ketika registrasi karena kita diharuskan mengisi form pendaftaran serta menjawab soal ketika pertama kali registrasi akun prakerja. 

2. Registrasi dengan data yang benar

Jika anda ingin mendaftar usahakan isi data yang benar/valid dikarenakan jika data kita tidak valid akan bermasalah pada saat seleksi nanti. 

Jika data seperti nik dan nomor kk anda belum diperharui sehingga dinyatakan belum terdata anda harus mengurusnya terlebih dahulu di kantor catatan sipil. 

Jangan lupa isi soal motivasi dengan benar jangan asal-asalan. karena hal tersebut bisa menjadi faktor penentu kelulusan kartu prakerja. isi juga pertanyaan kepribadian yang diberikan sesuai dengan kondisi kamu saat ini. 

3. Masukan Foto KTP yang jelas & tidak blur

Harap diperhatikan untuk upload foto ktp jangan sampai terlihat blur atau sampai ada data yang terlihat tidak jelas. dikhawatirkan nanti managemen pihak prakerja tidak bisa memverifikasi data anda yang akhirnya akan berdampak pada tidak lulus seleksi kartu prakerja. 

Disarankan gunakan foto KTP ditempat yang terang dan gunakan ponsel yang mempunyai spesifikasi kamera yang bagus jika tidak punya silahkan pinjam. 

4. Pastikan anda bukan peserta yang dilarang untuk mendaftar kartu prakerja

Ada beberapa jenis peserta yang tidak diperbolehkan untuk mendaftar prakerja diantaranya adalah 
  1. Pejabat Negara
  2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  3. Aparatur Sipil Negara
  4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  6. Kepala Desa dan perangkat desa
  7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.
Jika anda merupakan salah satu dari ke 7 masyarakat tersebut maka anda tidak bisa mendaftar kartu prakerja dan sudah dipastikan akan gagal terus. 

5. Buktikan jika anda memang sangat membutuhkan kartu prakerja tersebut

Jika anda memang sangat membutuhkan kartu prakerja tersebut harap kontak pihak prakerja melalui email dan nomor telepon yang di cantumkan dan jelaskan kondisi perekonomian anda bahwa anda memang peserta yang wajib diprioritaskan untuk mendaftar prakerja. 

Jangan lupa sertakan bukti-bukti yang mendukung. 

Kontak prakerja di

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja
info@prakerja.go.id

Call Center Layanan Masyarakat:
021-25541246
Jam operasional Call Center:
Hari Kerja Senin - Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB

Itulah cara yang bisa dilakukan agar bisa lolos seleksi kartu prakerja semoga bisa membuat anda lolos di gelombang 10 yang terakhir ini. Good luck

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel