-->

Tata Cara beli dan mengikuti pelatihan kartu prakerja & tips insentif cepat cair gelombang 8 9 10

Seperti yang kita ketahui, saat ini program kartu prakerja sudah mencapai pada pendaftaran gelombang ke 8. yang berarti setelah mengikuti pendaftaran ini anda sudah harus bersiap siap untuk mengikuti kelas pelatihan dari kartu prakerja. 

Akan tetapi, sebelum membahas lebih jauh tentang cara membeli kelas dan mengikuti pelatihan. ada hal yang harus diketahui terlebih dahulu apakah status pendaftaran prakerja anda diterima atau tidak. dikarenakan tidak semua pendaftaran peserta prakerja diterima seluruhnya.

Untuk dapat melihat diterima atau tidaknya pada kartu prakerja ini anda hanya tinggal login akun prakerja di halaman prakerja.go.id

Beginilah tampilan halaman peserta prakerja yang diterima



Beginilah tampilan halaman peserta prakerja yang masih dalam review proses

Beginilah tampilan halaman peserta prakerja yang gagal/tidak lolos

Disarankan anda cek pengumuman ini 2-3 hari setelah masa pendaftaran kartu prakerja berakhir dikarenakan status tampilan halamanya masih berubah-ubah sehingga kita belum menggetahui lebih pasti. jika sudah lewat 3 hari tampilan tidak berubah sama sekali maka itulah hasil akhirnya.

Untuk peserta kartu prakerja yang sudah diterima anda harus menunggu 1x24 jam dulu untuk menunggu saldo pelatihanya masuk. karena biasanya status saldo peserta prakerja yang baru diterima masih dalam proses. contohnya seperti gambar dibawah ini

Jika sudah masuk saldo maka akan ada nominal nya seperti gambar dibawah ini.

CARA BELI DAN MENGIKUTI KELAS PELATIHAN DI WEBSITE PRAKERJA

Apabila anda sudah diterima dan saldo pelatihan sebesar 1 juta sudah masuk, maka anda sudah bisa mengikuti pelatihan.

Disini saya akan menjelaskan cara beli pelatihan dari situs tokopedia dan bukalapak menuju lembaga pelatihan skill academy

Mengapa saya menyarankan untuk membeli pelatihan di skill academy? karena lebih mudah dan cepat pelatihanya dibandingkan lembaga pelatihan yang lain.

LANGKAH-LANGKAH UNTUK BELI PELATIHAN 

Pertama anda pastikan sudah mengunduh aplikasi tokopedia atau bukalapak (pilih salah satu)

Setelah itu unduh juga aplikasi skill academy dan aplikasi zoom. gunanya aplikasi zoom ini nanti untuk mengikuti webinar.

Setelah sudah di instal semua di ponsel anda maka selanjutnya anda tinggal login di web prakerja.go.id dan pilih pelatihan di tokopedia atau bukalapak. disini saya contohkan tokopedia saja ya.

Pilih tokopedia dan klik lihat pelatihan. setelah itu maka anda akan otomatis dialihkan ke aplikasi tokopedia. oh ya jangan lupa untuk login dulu ya di aplikasi tokopedianya.

Silahkan pilih jenis pelatihan apa yang anda minati. seperti gambar dibawah ini

Jika sudah maka anda bisa mengklik pelatihanya dan klik beli 


Setelah klik beli anda akan dialihkan ke halaman pembayaran. pilih metode pembayaran menggunakan kartu prakerja seperti gambar dibawah ini

Masukan nomor kartu prakerja anda yang ada di website prakerja dan setelah itu masukan kode verifikasi dari nomor yang terdaftar di kartu prakerja. setelah itu pembelian pelatihan sudah sukses dilakukan.

Masuk ke halaman utama tokopedia lalu pilih lonceng yang ada di pojok kanan atas 

Lalu klik info detail pembelian kartu prakerja dan jangan lupa salin kode vocher anda yang nanti nya akan diggunakan di aplikasi skill academy

CARA MENGIKUTI PELATIHAN PRAKERJA

Setelah sukses membeli pelatihan prakeja dan mendapatkan kode vochernya sekarang anda tinggal masuk ke aplikasi skill academy nya dan tinggal mereedem kode vochernya agar bisa mengikuti kelas pelatihan dengan segera.

Masukan kode reedem vochernya disini

Dan langsung pilih gunakan vocher 

Maka otomatis anda sudah mendapatkan kelas sesuai yang sudah anda pilih tadi di akun tokopedia 

Langkah selanjutnya anda tinggal mengikuti kelas pelatihan hingga progress kelas tersebut 100% dengan menonton video dan mengerjakan soal yang ada di kelas tersebut dengan baik dan benar.

Jika anda sudah mengikuti semua daftar video dan soalnya maka selanjutnya anda tinggal mengikuti webinar agar progres kelas menjadi 100% jika anda belum mengikuti webinar maka progress anda akan stuck di 95%

APA ITU WEBINAR?

Webinar adalah sebuah forum pertemuan online dimana anda akan mendengarkan orang berbicara secara online dengan menyampaikan materi yang sudah diajakarkan di kelas pelatihan sebelumnya

BAGAIMANA CARA MENGIKUTI WEBINAR?

Cara mengikuti webinar gampang anda tinggal klik webinar dan pilih lihat jadwal webinar seperti gambar dibawah ini

Setelah itu anda akan dialihkan ke halaman jadwal webinar. pilih jadwal webinar yang anda inginkan. 

Setelah itu isi nama dan email kamu yang terdaftar di akun prakerja lalu klik gabung dan anda sudah otomatis terdaftar pada webinar pada jam yang sudah anda pilih

Sebelum 10 menit webinar dimulai anda sebaiknya cek email yang berisi link untuk masuk ke acara webinar tersebut. nanti webinar akan dilakukan melalui aplikasi zoom. contoh email undangan webinar yaitu seperti dibawah ini 


Setelah mengikuti webinar anda akan mendapatkan 2 sertifikat kelulusan yang akan tampil di aplikasi skill academy anda. Contoh sertifikatnya yaitu seperti dibawah ini.

Jika sudah anda hanya tinggal menunggu sertifikat tersebut muncul di dashboard website prakerja anda dan begitu juga dengan jadwal insentifnya akan turun juga. biasanya membutuhkan waktu 3 hari kerja.


TIPS INSENTIF CEPAT CAIR UNTUK GELOMBANG 8 9 10

1. Beli pelatihan yang sepi peminat

Dikarenakan pelatihan sepi peminat maka proses masuknya sertifikat ke dashboard prakerja akan lebih cepat.

2. Gunakan email dan nomor telepon yang sama

Jika anda ingin mendaftar tokopedia atau aplikasi zoom untuk keperluan prakerja maka disarankan anda gunakan email dan nomor telepon yang sama agar akun kita lebih mudah terverifikasi dan proses pencairkan akan lebih cepat.

3. Pilih pelatihan yang durasi video nya sebentar

Jika anda ingin insentif cepat cair maka pilihlah durasi video pelatihan yang lebih pendek agar pelatihan cepat selesai dan sertifikat serta insentif lebih cepat masuk ke dashboard prakerja.

4. Jangan sesekali mengganti nomor rekening

Mengganti nomor rekening akan memberikan dampak serius pada proses pencairan dana insentif anda dikarenakan bisa menyebabkan gagal dan prosesnya menjadi lebih lama.

5. Selesaikan pelatihan dengan secepat mungkin

Menyelesaikan pelatihan dengan cepat maka akan membuat sertifikat dan dana insentif lebih cepat cair dibandingkan orang yang menunda-nunda pelatihanya.

Begitulah cara membeli kelas dan cara mengikuti pelatihan program kartu prakerja semoga bermanfaat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel