-->

Kenapa insentif prakerja pertama kedua dan ketiga belum cair statusnya sedang di proses terus? Tanya jawab

Pastinya kalian bertanya-tanya tentang status insentif prakerja tak kunjung cair? Banyak orang yang sedang menunggu insentif ini yang pada akhirnya memberikan sedikit kekecewaan terhadap peserta karena pencairanya sudah lewat jauh dari jadwal yang sudah di jadwalkanya

Bagi para peserta janganlah berkecil hati. pastinya nanti semuanya akan cair juga cepat atau lambat.

Menurut media berita terlambatnya jadwal insentif ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. yaitu ada faktor dari luar dan dari dalam yang menyebabkan terlambatnya pencairan sampai melebihi waktu 5 hari kerja. apa saja penyebabnya?

FAKTOR DARI LUAR

1 BELUM MEMBERIKAN ULASAN

Faktor terpenting ketika selesai mengikuti pelatihan prakerja yaitu anda harus memberikan rating serta ulasan dilembaga pelatihan yang sudah anda pilih sebelumnya

Tanpa memberikan rating pencairan insentif prakerja akan terhambat. oleh karena itu sebelum anda keluar dari kelas pelatihan sebaiknya berilah dulu rating serta ulasan yang baik agar proses insentif berjalan dengan lancar

Biasanya terdapat 2 rating yang harus kamu isi ketika sudah membeli pelatihan yaitu di situs e-commerce nya seperti tokopedia atau bukalapak dan di lembaga pelatihanya seperti skill academy atau kemnaker.

Sebagai saya contohkan ketika ingin memberikan ulasan di tokopedia anda tinggal buka aplikasi tokopedia lalu pilih lonceng yang ada di bagian pojok kanan atas seperti gambar dibawah ini

Lalu setelah itu pilih pelatihan yang sudah anda beli seperti gambar dibawah ini

Lalu pilih beri ulasan

2. PESERTA HARUS MELAKUKAN UPGRADE AKUN E-WALLET

Jika belum melakukan upgrade E-wallet maka anda belum bisa menerima dana insentif. upgrade lah dulu menjadi akun premium agar insentif bisa dicairkan.

Ciri-ciri akun e-wallet belum diupgrade yaitu anda tidak bisa melakukan transfer saldo keluar dan apabila anda sudah memasukan nomor e-wallet dan belum diupgrade maka akan ada notifikasi pada akun prakerja anda seperti dibawah ini

pemberitahuan diatas artinya anda harus upgrade akun sesegera mungkin sebelum jadwal insentif turun. karena jika terlambat maka proses pencairan insentif akan terhambat dan bisa-bisa berujung gagal.

Lalu bagaimana cara melakukan upgrade akun e-wallet? 

Caranya mudah anda hanya perlu masuk ke aplikasi dompet digital anda lalu pilih menu upgrade dan masukan perintah yang mereka berikan seperti upload ktp serta foto selfie dan tunggu 1x24 jam untuk proses nya.

Jika anda tidak ingin ribet melakukan upgrade akun e-wallet karena prosesnya yg begitu lama maka anda bisa mendaftar rekening BNI untuk penerimaan dana insentif anda.

3. GUNAKAN DATA YANG SAMA KETIKA INGIN UPGRADE AKUN

Ketika anda ingin upgrade akun e-wallet anda diharuskan menggunakan KTP dengan nik dan nomor ponsel yang sama seperti data yang ada di kartu prakerja anda.

Menggunakan nik dan ktp yang sama akan memudahkan pihak prakerja menganalisis akun anda dengan sambungan rekening e-wallet anda dan pencairan akan langsung bisa dilakukan tanpa harus melakukan verifikasi dulu.

Oleh karena itu, usahakan upgrade akun dengan data yang sama agar tidak terjadi hambatan keluarnya insentif.

4. SELESAIKAN PELATIHAN BESERTA WEBINARNYA

Bagi anda yang belum menyelesaikan webinar kemungkinan insentif anda akan terhambat dikarenakan pada saat ini ketika sudah mengikuti kelas rata-rata peserta prakerja wajib mengikuti webinar untuk bisa tuntas menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat kelulusan.

Untuk mengikuti webinar sebaiknya anda pilih jadwal yang sesuai dengan kondisi anda. pilihlah jam yang bagi anda tidak terlalu padat dan ikuti webinar sampai selesai.

5. JANGAN GANTI-GANTI E-WALLET

peserta prakerja sebaiknya tidak mengganti-ganti rekening e-wallet dikarenakan akan berdampak bagi pencairan. gunakanlah e-wallet satu saja jangan pernah menggantinya sampai insentif seluruhnya cair.

Untuk anda yang kehilangan nomor ponsel nya jangan khawatir anda bisa ke gerai provider anda dan melakukan pergantian nomor tanpa perlu harus mengganti rekening e-wallet anda di prakerja

FAKTOR DARI DALAM

SISTEM PRAKERJA SEDANG SIBUK

Bagi anda yang sudah melakukan hal diatas tetapi insentif tak kunjung cair dan juga masih dalam proses terus sebaiknya anda lebih bersabar lagi karena kemungkinan sistem prakerja sedang sibuk dan sedang mengurusi pencairan peserta yang lainnya dan anda hanya menunggu giliran saja.

Karena yang daftar prakerja itu ratusan ribu pasti sebuah sistem akan ada saja mengalami kendala sehingga pencairan insentif mengalami keterlambatan. jadi harap tunggu saja

Itulah penyebab status insentif prakerja anda belum cair atau sedang dalam proses terus tanpa perubahan semoga membantu.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel