-->

penyebab status insentif prakerja "gagal" dan solusi cara mengatasinya


Seperti yang kita ketahui saat ini para peserta program kartu prakerja pada gelombang 1 sampai dengan 7 sudah berada pada tahap pencairan insentif. yang berarti dimana mereka akan menerima bantuan uang tunai sebesar 600.000 selama 4 kali setiap bulanya.

Akan tetapi, pada saat mencapai tahap pencairan insentif ini banyak orang yang merasa terkejut dengan status insentif yang terlihat pada dashboard akun prakerja mereka yaitu tentang status jadwal pencairan yang tadinya status masih dalam proses ternyata bukan berubah menjadi berhasil melainkan "gagal"

Tentu pemberitahuan insentif gagal cair ini akan membuat para peserta menjadi gelisah dan marah dikarenakan uang  yang mereka harapkan dan di tunggu-tunggu tak kunjung cair dalam artian hilang dengan sekejap.

Tapi sebelum itu janganlah panik terlebih dahulu, sebelum menelpon bantuan kepada call center prakerja ketahuilah penyebabnya terlebih dahulu mengapa insentif kartu prakerja anda berubah yang tadinya status dalam proses menjadi gagal.

Berikut ini adalah kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi yang menyebabkan insentif kartu prakerja anda statusnya menjadi gagal. Harap disimak

1.BELUM UPGRADE E-WALLET

Penyebab pertama status insentif prakerja anda gagal adalah anda belum melakukan upgrade E-wallet. 

Jika anda menggunakan gopay,ovo atau linkaja sebagai tempat untuk menerima insentif maka anda wajib untuk melakukan upgrade terlebih dahulu sebelum proses pencairan prakerja anda dimulai.

Caranya yaitu anda hanya perlu menginstal aplikasi dari pilihan ketiga e-wallet yang sudah disebutkan tadi. lalu anda tinggal melakukan upgrade dengan mengupload ktp serta foto diri. Seperti gambar dibawah ini.


Proses upgrade ini membutuhkan waktu 1x24 jam kerja

Jika anda ingin lebih cepat prosesnya sebaiknya gunakanlah gopay karena menurut pengalaman gopaylah yang proses upgradenya lebih cepat. atau jika anda ingin mengetahui mana yang lebih cepat anda bisa melakukan upgrade e-wallet tersebut ketiganya secara bersamaan dan tinggal menunggu yang mana yang prosesnya lebih cepat.

2.BELUM MEMBELI RATING DAN ULASAN

Yang kedua penyebab insentif prakerja anda gagal cair yaitu anda belum memberikan rating serta ulasan dilembaga pelatihan yang sudah anda pilih.

Ternyata memberikan rating dan ulasan adalah hal yang sangat penting dalam proses kelancaran pencairan insentif kartu prakerja. jika anda peserta kartu prakerja gelombang 4 dan seterusnya dalam webinar akan dijelaskan bahwa memberikan rating dan ulasan kepada pihak lembaga pelatihan adalah hal yang wajib dilakukan sebab akan menambah progres terselesainya pelatihan dan insentif kita akan turun dengan segera.

Jadi jika anda merasa belum memberikan rating silahkan cek terlebih dahulu di mitra pelatihan yang sudah anda pilih lalu berikan ulasanya.

3. REKENING/ E -WALLET TIDAK SESUAI DENGAN DATA PRAKERJA 

Hal yang perlu diperhatikan ketika anda melakukan sebuah upgrade akun e-wallet atau pembuatan rekening bank untuk prakerja adalah identitas yang anda gunakan. 

Dalam hal ini pihak managemen prakerja selalu selektif terhadap keamanan data akun peserta prakerja untuk menghindari pemalsuan data dan penyalahgunaan akun. karena saat ini sangat banyak oknum-oknum yang memanfaatkan prakerja ini untuk mendaftar dengan data palsu hanya demi mendapatkan insentif.

Jadi jika anda ingin upgrade akun e-wallet atau daftar rekening usahakan gunakan data yang sama dengan data yang ada di prakerja pada saat pendaftaran akun prakerja pertama kali. Misalnya seperti KTP,nomor telepon dan nama pengguna diusahakan harus sama.

4.JANGAN MENGGANTI REKENING

Ketika anda akan mengganti sebuah rekening yang sudah tersambung pada akun prakerja maka kemungkinan akan menyebabkan gagalnya insentif masuk ke akun rekening anda. terlebih lagi jika pergantian rekeningnya sudah mendekati hari pencairan insentif itu akan sangat fatal sekali.

Mengganti rekening yang sudah ada di akun prakerja boleh saja akan tetapi usahakan menggantinya jauh-jauh hari sebelum jadwal insentif di dashboard prakerja muncul atau minimal 5 hari sebelum pencairan insentif.

5. ERROR SISTEM

Jika anda tidak mengalami ke 4 hal yang ada di atas sebaiknya anda tidak perlu terlalu khawatir terhadap status gagal insentif di dashboard akun prakerja. bisa jadi itu memang kesalahan sistem dan memang sebenarnya saldo kita sudah masuk ke akun e-wallet atau rekening bank anda tapi statusnya gagal.

Jangan terburu-buru untuk melaporkan hal ini. jika memang sudah 2-3 hari dana insentif belum masuk dan statusnya masih gagal baru anda bisa menguhubungi pihak prakerja di email prakera : info@prakerja.go.id atau menghubungi call center di nomor 021-25541246

Itulah beberapa penyebab insentif prakerja gagal cair semoga bisa mengatasi permasalahan anda.

Tag : penyebab status insentif prakerja tanggal 12 september gagal

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel