-->

Cara menghitung harga gadai BPKB motor di pegadaian


Saat ini uang sudah menjadi alat untuk memenuhi kebutuhan hidup seluruh masyarakat. sebagai alat pertukaran yang sah uang dijadikan alat pembayaran berupa barang dan jasa. apabila seseorang sudah memiliki banyak uang pasti hidup mereka 90% sudah terpenuhi.

Lantas bagaimanakah dengan seseorang yang kondisi ekonominya sedang memburuk? Bisakah mereka memenuhi kebutuhan hidup yang serba kekurangan?

Tenang saja saat ini sudah ada lembaga yang memberikan pinjaman uang yakni adalah pegadaian. pegadaian adalah lembaga resmi yang mengelola keuangan dengan cara gadai yang artinya masyarakat bisa melakukan pinjaman uang dengan memberikan barang untuk digadaikan.

seperti slogan yang tertera di kantornya "mengatasi masalah tanpa masalah" membuat pegadaian ini menjadi tempat penyelamat masyarakat khususnya yang sedang membutuhkan dana.

Tetapi sebelum anda melakukan pinjaman uang ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar proses peminjaman uang dapat diterima. 

Apa saja syarat melakukan pinjaman uang di pegadaian?

Syarat melakukan pinjaman uang di bank tentu saja anda harus memiliki barang untuk digadai. 

Tidak semua barang diterima oleh pihak pegadaian. oleh karena itu ketahui jenis barang apa saja yang bisa digadaikan. yang paling pasti barang tersebut haruslah memiliki nilai yang berharga dan setara dengan jumlah yang akan dipinjam.

Barang yang bisa digadai diantaranya adalah :

1.Sertifikat rumah

Sertifikat rumah adalah sebuah barang berharga yang sangat besar nilai nya. dengan menggadaikan sertifikat rumah tentu besar juga pinjaman uang yang didapatkan. apalagi jika rumah tersebut memiliki harga jual yang tinggi akan lebih banyak mendapatkan pinjamanya. 

Dengan mengadaikan sertifikat rumah anda dapat memperbaiki keadaan ekonomi hidup anda dan mengubahnya menjadi lebih baik.

2. Surat kendaraan bermotor

Apabila anda sedang mengalami kondisi keuangan yang memburuk menggadaikan surat kendaraan bermotor menjadi sebuah cara yang tepat untuk mengatasi masalah anda. menggadaikan motor juga memiliki harga pinjaman yang lumayan besar. 

Untuk mengadaikan motor anda tidak perlu khawatir akan kehilangan motor anda. karena yang digadaikan hanyalah surat BPKB motornya saja. untuk motornya anda bisa gunakan untuk aktivitas sehari hari.

Berapa harga menggadaikan kendaraan bermotor? 

Sesuai judul artikel kali ini. diakhir artikel ini saya akan membahas mengenai besaran hitungan harga pinjaman yang didapat ketika melakukan gadai motor.

3.Perhiasan

Sesuai dengan nilai harganya, emas dapat diggunakan sebagar barang gadai. kebanyakan dari orang menggunakan emas sebagai barang simpanan yang akan diggunakan untuk keperluan mendesak seperti biaya uang sekolah, modal usaha serta keperluan penting lainnya.

4.Barang elektronik

Barang elektronik sangat bisa diggunakan untuk menjadi jaminan barang dipegadaian. tetapi perlu anda ketahui menggadaikan barang seperti barang elektronik ada ketentuan jenis barang yang bisa digunakan untuk digadai yaitu barang elektronik setidaknya berumur kurang dari satu tahun.

Pihak pegadaian menginginkan barang elektronik terbaru agar nilainya belum terlalu menurun dan mudah dijual.

5.Barang barang bermerk

Apabila anda memiliki barang-barang mewah yang istilahnya branded maka anda bisa gunakan barang tersebut untuk di gadaikan.

Contoh barang yang branded yaitu jam tangan,tas,topi,sepatu dan masih banyak lagi.

CARA MENGETAHUI NILAI PINJAMAN BARANG YANG AKAN DI GADAI

Bagi anda yang penasaran berapa harga gadai barang yang mau digadaikan. kini anda bisa menghitung sendiri total nya.

Saat ini Otoritas jasa keuangan atau OJK sudah menetapkan batas minimal pinjaman yang dipakai pagadaian untuk meminjamkan dana kepada para nasabahnya.

Berapa nilai pinjaman tersebut?

Untuk barang seperti kendaraan bermotor akan mendapatkan dana pinjaman paling rendah sebesar 70% persen,  barang elektronik sebesar 60%, dan barang seperti perhiasan akan mendapatkan dana paling besar yaitu sebesar 75%. 

CARA MENGHITUNG NILAI TAKSIRAN HARGA GADAI PINJAMAN BPKB MOTOR

Untuk dapat menilai taksiran harga anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang kisaran harga motor yang akan digadaikan. ada dua metode yang bisa kamu lakukan untuk menghitung nilai taksiran motor anda yaitu metode On the road dan off the road.

On The Road adalah harga yang dihitung dari unit motor itu sendiri ditambah ditambah dengan biaya mengurus surat-surat motor itu seperti BPKB dan STNK.

Off The Road adalah harga yang dihitung berdasarkan unit motor tersebut tanpa ditambah dengan biaya pengurusan surat motor tersebut.

Biasanya penentuan harga gadai BPKB motor adalah dengan menghitung harga on the road. memang penggunaan nilai dengan cara on the road ini nilai pinjaman kita akan menjadi lebih tinggi sehingga sangat menguntungkan.

Tetapi nilai pinjaman juga bukan hanya dilihat dari harga on the road saja melainkan juga melihat kondisi keadaan fisik motor,pajak motor serta tahun dikeluarkanya motor tersebut. yang pasti harga gadai tersebut hanya perkiraan, bisa juga harga tidak sesuai dengan apa yang telah dihitung.

Sehingga dapat disimpulkan rumus mencari harga nilai pinjaman BPKB motor ialah 

HARGA NILAI PINJAMAN = ESTIMASI HARGA OTR X 70% 

CONTOH CARA MENGHITUNG NILAI PINJAMAN 

Pak andi memiliki sebuah motor honda beat tahun 2018 dan setelah ditaksir harga motor tersebut bernilai sebesar 14 juta. Berapa harga gadai motor beat tersebut?

HARGA NILAI PINJAMAN = ESTIMASI HARGA OTR X 70% 

14.000.000 X 70% = Rp 9.800.000

Jadi harga nilai pinjaman pak Andi di sebuah pegadaian adalah sebesar 9.800.000

Catatan : Tahun terbit motor juga bisa menjadi pertimbangan bisa tidaknya motor tersebut untuk digadaikan.

BAGAIMANA JIKA MOTOR YANG DIGADAIKAN ATAS NAMA ORANG LAIN?

Jika motor yang anda ingin gadaikan atas nama orang lain maka perhitungan nilai pinjaman dikurangi 10% 

Jadi dapat dilihat rumusnya 

HARGA NILAI PINJAMAN = ESTIMASI NILAI OTR X 60% 

APAKAH PAJAK MOTOR YANG MATI BISA DIGADAIKAN?

Permasalahan ini memang tergantung dari jenis lembaga yang anda gadaikan karena memang ada yang menerimanya dan ada juga tidak. untuk di pegadaian coba anda konfirmasi lagi ke pihak pegadaian nya apakah pajak motor yang mati bisa di gadaikan atau tidak. 

Tetapi ada kabar biasanya jika ingin mengadaikan motor yang pajaknya mati anda masih bisa menggadaikanya. akan tetapi harga pinjaman akan dikurangi dengan nilai pajak yang belum terbayarkan. bisa ditulis

HARGA NILAI PINJAMAN = ESTIMASI NILAI OTR X 70% -  PAJAK

Begitulah cara menilai harga gadai BPKB motor. Harap diingat perhitungan ini berdasarkan hasil dari batas minimal yang dikeluarkan OJK. Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel