-->

Untuk apa asuransi jiwa & apa manfaat asuransi jiwa untuk kehidupan?


Sebagai seorang makhluk hidup pasti kita tidak akan selamanya hidup di dunia ini. tidak menutup kemungkinan juga bila kedepanya akan ada sesuatu yang akan terjadi pada diri kita misalnya kecelakaan,sakit atau hal lainnya yang dapat mengancam jiwa.  kita tidak akan tahu kapan dan dimana kejadian tersebut akan terjadi.

Dengan meninggalnya salah satu anggota keluarga pasti akan menimbulkan berbagai masalah yang dapat menguncang rumah tangga yang merupakan dampak dari keluarga yang ditinggalkan. apalagi jika orang yang meninggalkanya tersebut masih memiliki kewajiban dalam menafkahi keluarganya.
salah satu dampak tersebut contohnya yaitu keadaan ekonomi menjadi memburuk. 

Untuk mengatasi kekhawatiran ini asuransi jiwa dapat menolong untuk membantu menjawab permasalahan anda di atas. asuransi jiwa memberikan sesuatu jaminan kepada pembelinya agar dapat memberikan jaminan kepada keluarga yang ditinggalkan. contohnya apabila anda membeli asuransi jiwa maka bila sewaktu terjadi sesuatu kepada anda di lain hari maka anda tidak perlu khawatir lagi dengan keluarga yang ditinggalkan. pihak keluarga anda bisa melakukan claim asuransi jiwa untuk dapat memenuhi kebutuhan sebagai pengganti nafkah anda.

Asuransi jiwa memberikan jaminan berupa dana, dengan begitu keluarga anda bisa melanjutkan kehidupanya tanpa harus terkendala masalah ekonomi.

Asuransi jiwa bisa diggunakan untuk berbagai hal yang menyangkut kehidupan keluarga anda setelah anda tidak ada yaitu membiayai sekolah,membayar tagihan,membayar utang,memenuhi kebutuhan sehari-hari dan masih banyak yang lainnya. 

Dalam dunia asuransi ada beberapa hal yang harus anda pahami terlebih dahulu diantara yakni adalah 

1. PREMI

Ketika kita ingin membeli asuransi pasti anda diwajibkan membayar premi.
premi ialah jumlah uang yang wajib dibayarkan oleh pembeli asuransi. besarnya biaya premi tersebut ditentukan dari masa kontrak polis. premi yang harus dikeluarkan biasanya dipungut setiap bulan atau tahun.

 2. POLIS

Polis adalah surat yang berisikan perjanjian antara nasabah dengan pihak asuransi. pada surat ini juga tertulis jumlah besar nilai premi yang harus dibayarkan kepada managemen asuransi kemudian ditanda-tangani oleh direktur asuransi jiwa. harap pahami dan cermati ketentuan-ketentuan yang tertulis pada surat premi tersebut. karena hal tersebut sangatlah penting sekali agar kedepanya anda sudah mengetahui apa-apa saja yang diperbolehkan dan tidsk diperbolehkan sehingga proses persetujuan melakukan klaim bisa berjalan dengan lancar.

Besaran premi yang ditetapkan perusahaan juga tergantung dari setiap keadaan para nasabahnya baik dalam hal profesi maupun kesehatan. Contohnya jika nasabah memiliki pekerjaan yang mempunyai resiko yang besar terhadap keselamatanya maka premi yang ditetapkan maka akan semakin besar begitupula dengan kondisi kesehatan anda, apabila anda memiliki riwayat penyakit atau seorang yang perokok itupun dapat mempengaruhi besaran premi yang dikeluarkan oleh anda.

Biasanya pada saat membeli asuransi jiwa anda akan dimintai info tentang data diri anda beserta jumlah anggota keluarga dan juga riwayat kesehatan yang and miliki. oleh karena itu apabila anda tidak memiliki tanggungan yang banyak serta kondisi anda yang selalu sehat maka bisa dipastikan premi yang anda bayarkan akan kecil.

SEBERAPA PENTINGKAH ASURANSI JIWA?

Asuransi ditujukan kepada seseorang yang sudah memiliki penghasilan tetap perbulanya dan masih memiliki tanggungan. asuransi dapat dikatakan penting jika keluarga atau seseorang yang anda tanggungkan tidak memiliki pemasukan selain dari anda. oleh karena itu pastikan anda memang membutuhkan asuransi jiwa jika memang sudah menjadi pilihan anda dan sudah menjadi jalan satu satunya untuk menjadikan hidup masa depan keluarga anda menjadi lebih baik.

CARA CLAIM ASURANSI JIWA

Asuransi jiwa bisa di klaim jika tertanggung sudah wafat entah itu karena kecelakaan atau faktor usia. kemungkinan besar jika disebabkan oleh kecelakaan perusahaan asuransi akan meminta data lengkap mengenai peristiwa kecelakaan yang terjadi pada tertanggung untuk menghindari tindak penipuan.

Adapun cara klaimnya yaitu :

Baca persyaratan pengajuan klaim 

Hal paling pertama yang harus anda lakukan adalah membaca seluruh persyaratan tentang persyaratan pengajuan klaim asuransi jiwa. karena jika kita tidak mengetahui syarat dan caranya bagaimana anda akan melakukan klaim. 

Lengkapi persyaratan yang tertulis pada formulir asuransi klaim.

Lengkapi seluruh persyaratan yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi agar proses klaim berhasil dan berjalan dengan lancar. dokumen tersebut seperti Polis asli, fotocopy identitas Tetanggung, Pemegang Polis dan juga ahli waris, surat kematian resmi yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit atau dokter, akte kematian, formulir klaim meninggal dunia yang diisi oleh dokter, formulir pemberitahuan nomor rekening bank, surat kuasa isi rekam medis, buku polis asli, fotokopi KTP, apabila karena kecelakaan perlu melampirkan surat BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dari kepolisian, dan dokumen lain yang menunjang jika diperlukan.

Jika anda sudah menyerahkan apa saja yang dibutuhkan pihak perusahaan untuk mengklaim asuransi maka selanjutnya pihak asuransi akan segera memverifikasi kelengkapan dokumen yang sudah di terima. setelah itu akan melakukan proses analisa dan jika perlu maka pihak asuransi akan meminta kembali persyaratan lain untuk mendukung keperluan analisa mereka. jika proses analisa sudah selesai maka tinggal menunggu keputusan klaim dan jika diterima maka dana akan segera bisa dicairkan. dan jika gagal klaim akan diberitahukan beserta alasanya dan anda bisa memperbaiki penyebab penolakanya.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ASURANSI JIWA

Pada asuransi jiwa tentunya memiliki kelebihan dan juga kelemahan. sebagai nasabah yang ingin berpartispasi anda haruslah tau apa saja kelebihan dan kelemahanya. Berikut ini kelebihan dan kelemahanya.

KELEBIHAN

1.Mencegah terjadinya kerugian yang besar
2.Perasaan aman
3.Melindungi ahli waris
4.Pengelolaan keuangan yang tepat
5.Mengantisipasi resiko mendadak

KELEMAHAN

1.Uang klaim hanya bisa diambil sekali seumur hidup
2.Pembayaran premi lebih mahal jika memiliki riwayat penyakit
3.Banyak persyaratan yang harus dipenuhi

Itulah beberapa informasi mengenai asuransi jiwa. jika memang anda ingin membeli asuransi jiwa maka pastikan dulu lembaga asuransi jiwa tersebut terjamin keamananya. karena saat ini banyak sekali asuransi palsu yang menawarkan premi murah tetapi berujung penipuan. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel