-->

Antara investasi saham dengan trading, lebih untung yang mana?

Pasti kalian pernah mendengar istilah trading dan investasi kan? investasi dan trading adalah suatu hal yang tidak berbeda jauh. anggaplah sebagai kakak dan adik.

Pada umumnya trading dan investasi saham merupakan sebuah cara mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus keluar rumah. yang anda harus lakukan hanyalah duduk sambil bermain ponsel atau laptop yang terkoneksi dengan internet.

Perlu anda ketahui ketika anda ingin melakukan trading atau investasi saham anda harus mendaftar pada perusahaan sekuritas terlebih dahulu lalu membuat rekening dana nasabah untuk melakukan deposit.

Saat ini ada banyak perusahaan sekuritas yang bisa anda gunakan untuk trading maupun investasi saham. contohnya yaitu indo premier dan mnc sekuritas. kedua perusahaan sekuritas tersebut sudah bisa melakukan pendaftaran secara full online tanpa harus ke perusahaanya.

Lantas apa perbedaan diantara keduanya? 

Pertama kita bahas dulu trading.


Trading merupakan sebuah investasi jangka pendek yang memungkinkan anda mendapatkan penghasilan besar dalam waktu singkat. dengan melakukan trading anda bisa mendapatkan uang dalam hitungan menit saja asalkan permainan trading anda tepat sasaran.

Mengapa tepat sasaran?

Melakukan trading bukanlah hal yang mudah. karena kita dituntut untuk memperhatikan pergerakan mata uang asing serta memprediksi kedepanya apakah akan naik atau turun. sederhana nya anda hanya menebak pada menit keberapakah mata uang tersebut akan naik atau turun. jika tebakan anda benar maka anda akan mendapatkan profit sesuai dengan jumlah keuntungan yang ditertera. sebaliknya jika tebakan anda salah maka jumlah uang yang telah anda terapkan akan habis.

Melakukan trading juga anda harus memerlukan modal terlebih dahulu dan modal inilah yang akan kita terapkan untuk mencari tambahan modal lainnya. singkatnya hampir mirip seperti melakukan permainan nomor togel dimana kita harus menebak angka. tetapi berbeda dengan trading disini kita bermain spekulasi tidak hanya asal menebak saja.

Pada trading ini resiko yang dihadapi memang sangatlah besar. jadi anda harus berhati-hati memasang harga. serta harus menentukan prediksi dengan sangat matang. semakin anda memasang harga yang besar maka keuntungan yang didapat akan semakin besar begitupula sebaliknya.

Sekarang kita akan bahas investasi saham


Investasi saham adalah pembelian suatu saham perusahaan lalu menimbun dalam kurun waktu tertentu lalu anda menjualnya kepada investor lain.

Melakukan investasi saham memerlukan waktu yang lumayan lama tergantung pergerakan harga saham perusahaan tersebut bisa perminggu,bulan atau bahkan tahun. 

Pada intinya anda membeli saham pada perusahaan lalu menjual kepada orang lain dengan harga mahal. tetapi kenaikan harga saham ini perlu waktu sehingga kita harus menunggu agar harga saham naik.

Resiko permainan investasi saham ini sedang. karena anda sudah bisa mengetahui keuntungan serta kerugian ketika anda ingin menjual saham tersebut berbeda dengan trading yang menebak-nebak grafik dan kita belum mengetahui apakah kita akan untung atau rugi.

Pada investasi sahan kita bisa mendapatkan dua penghasilan. yang pertama adalah hasil dari dividen yaitu keuntungan yang berasal dari perusahaan atas pemegang saham yaitu kita sendiri. kedua capital gain yaitu keuntungan yang didapat dari jual saham.

Untuk melakukan investasi saham ini anda juga perlu modal untuk melakukan pembelian saham. saham yang anda ingin beli bisa langsung dari perusahaan atau orang lain. pilihlah saja salah satu manakah harga saham yang sedang turun dan berpotensi memberikan keuntungan.

harga saham ini dihitung perlembar. untuk mendapatkan keuntungan yang besar anda harus membeli saham minimal 1 lot. 1 lot yaitu berisi 100 lembar. harga saham perlembar biasanya diantara rentang harga 700 hingga 1000 rupiah. 

Setelah kita bahas kali antara trading dengan investasi sahan sekarang kita sudah bisa menyimpulkan perbedaan diantara keduanya yaitu :

Perbedaan investasi saham dan trading

1.Investasi saham memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan trading, sehingga kerugianya tidak sebesar trading begitu pula sebaliknya.

2. Investasi saham membutuhkan waktu 1 bulan atau bahkan 1 tahun untuk bisa mendapatkan keuntungan karena kita harus melihat harga pasar saham untuk dapat untung. kalau trading kita bisa mendapatkan keuntungan permenit jika kita bisa memasang serta memprediksi grafik naik turun mata uang saham.

3.Keuntungan yang didapat dari trading hanyalah dari satu tempat saja jika investasi saham bisa didapatkan dari capital gain dan dividen.

Setelah kita telusuri lebih jauh tentang trading dan investasi saham maka anda sudah memiliki gambaran tentang keduanya. sekarang tinggal anda pilih saja diantara keduanya dengan memperhatikan plus dan minus nya.

Harap bijaklah dalam mencari penghasilan dari metode trading dan investasi saham jika anda tidak mau rugi besar. jangan mengikuti hawa nafsu ketika menjalaninya. nanti yang ada anda hanya mengalami kerugian saja.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel