-->

Penyebab tidak bisa cek pulsa telkomsel,tri,axis,indosat,smartfren,XL pada hp android


Saat ini penggunaan ponsel memang sudah banyak sekali di Indonesia. dengan melihat banyak orang yang menggunakanya sudah dipastikan betapa pentingnya komunikasi antara satu dengan yang lainnya apalagi kita sedang berada di tempat yang jauh dan diharuskan memberitahu pesan penting kepada saudara-saudara kita yang ada disana.

Dalam penggunaanya untuk komunikasi tentunya kita juga membutuhkan sebuah biaya yang harus dibayarkan kepada penyedia layanan (provider) untuk dapat terus menggunakanya yaitu dengan cara membeli sebuah pulsa, dengan membeli pulsa maka kita sudah dianggap membayar layanan operator seperti telepon atau sms ketika akan menggunakanya.

Untuk dapat selalu menikmati layanan komunikasi ini tentunya kita juga harus mengetahui berapa sisa saldo pulsa yang sudah kita keluarkan untuk menelepon atau sms. Oleh karena itu anda diharuskan mengecek pulsa anda secara berkala untuk mengetahui sisa saldo yang tersisa sehingga tidak terlewatkan untuk mengisi pulsa.

Tetapi saat ini masih saja diantara beberapa orang yang belum bisa melakukan pengecekan pulsa. tidak diketahui jelas apa penyebabnya. untuk itu kali ini kita akan membahas penyebab mengapa HP tidak bisa cek pulsa.

Sebelum memberitahu penyebab tidak bisa cek pulsa. saya akan menuliskan beberapa kode cek pulsa untuk setiap operator sehingga anda mengetahui bagaimana cara cek pulsa.

KODE CEK PULSA 

AXIS : *123#
INDOSAT : *123#
XL : *123#
TRI : *111*1#
TELKOMSEL : *888#
SMARTFREN : *999#

Diatas adalah beberapa kode dial cek pulsa yang bisa anda lakukan melalui papan tombol ponsel kalian.


PENYEBAB TIDAK BISA CEK PULSA

Sebenarnya permasalahan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga anda tidak dapat melakukan pengecekan. apa saja penyebabnya? Mari simak secara cermat apa penyebabnya dan bagaimana kita memperbaikinya.


  • Sinyal ponsel anda hilang/naik turun

Penyebab ponsel anda tidak bisa cek pulsa yang pertama adalah sinyal ponsel hilang atau tidak stabil (naik turun) sangatlah wajar anda tidak bisa cek pulsa karena hal ini, dalam hal ini bukan berarti kartu sim anda rusak. biasanya hal ini terjadi karena anda sedang berada di tempat tertutup atau tempat tidak terjangkau sinyal seperti di bioskop,gedung bertingkat,pedesaan. 

solusinya cobalah cari ruangan terbuka agar sinyal dapat masuk kedalam ponsel anda dan coba kembali melakukan pengecekan pulsa.


  • operator sedang mengalami gangguan

Dalam hal ini bisa saja anda tidak dapat melakukan pengecekan pulsa bahkan sampai melakukan hal lainnya seperti membuka internet,nelpon serta SMS.

Untuk mengetahui apakah memang sedang gangguan dalam operator yaitu dengan cara menanyakan kepada teman atau keluarga yang memakai provider yang sama dengan anda. jika mereka mengalami hal yang sama seperti anda maka bisa dipastikan operator sedang mengalami gangguan.

Permasalahan ini biasanya sedang diadakan maintenance atau perbaikan kualitas jaringan jadi harap ditunggu saja. pasti nanti akan berjalan normal kembali.


  • Kartu SIM sedang dalam masa tenggang

Pada kejadian seperti ini anda memang tidak bisa melakukan pengecekan pulsa dikarenakan kartu sim anda sebentar lagi bisa dinonaktifkan. hal ini disebabkan karena anda tidak melakukan pengisian pulsa dalam rentang waktu yang sudah ditentukan. 

Untuk itu anda sesegeralah mengisi pulsa untuk dapat terus menikmati layanan telepon sms dan internet anda. jangan sampai lupa mengisi pulsa anda dikarenakan jika sudah melewati masa tenggang maka anda bisa kehilanggan nomor ponsel tersebut dan harus mengganti dengan yang baru.


  • Kartu sim telah di blokir 

Penyebab anda tidak bisa melakukan pengecekan pulsa selanjutnya ialah kartu sim anda di blokir. dengan kejadian seperti ini anda tidak dapat lagi melakukan aktifitas apapun seperti sms telpon internet bahkan cek pulsa. 

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? 

Penyebab kartu anda diblokir ini ada berbagai faktor yaitu sebagai berikut :

Melanggar ketentuan dan layanan provider. misalnya melakukan pemalsuan data ketika registrasi kartu

Menyalahgunakan kartu sim untuk hal-hal yang buruk seperti mengerjai orang atau melakukan spam sms kepada teman.

Melakukan pengisian pulsa dengan kode vocher yang salah sebanyak 5x maka sim anda bisa di blokir.

Memasukan kode pin dan puk yang salah sebanyak 6 kali.

Untuk mengetahui apakah kartu sim anda diblokir atau tidak yaitu dengan cara melihat papan batang sinyal atau melihat nama provider di layar ponsel kalian. jika memang batang sinyal menunjukan tanda X dan bukan bertuliskan nama operator akan tetapi sim is blocked maka sudah jelas nomor anda di blokir.

Salah satu cara untuk dapat mengaktifkan kartu anda yakni adalah dengan mengunjungi graphari atau menghubungi call center dari provider sim anda untuk mengetahui lebih jelas penyebab sim anda di blokir.


  • Kartu SIM tidak terbaca

Penyebab terakhir yang menyebabkan anda tidak bisa cek pulsa yaitu adalah kartu SIM tidak terbaca.

Jika memang kartu sim anda tidak terdeteksi di ponsel anda maka langkah yang bisa dilakukan yaitu adalah memasangkan kembali dengan benar. jika memang masih saja tidak terbaca kemungkinan kuningan kartu sim anda sudah rusak dan anda harus mengunjungi graphari untuk dapat melakukan pergantian sim card yang baru dengan nomor yang sama.

Itulah beberapa penyebab tidak bisa cek pulsa semoga bisa membantu permasalahan anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel