-->

Penyebab mengapa kartu Debit/ATM tidak ada nomor VCC nya


Jika kamu sering mengunakan ATM pasti tau yang namanya VCC. Yap VCC adalah kependekan dari Virtual Credit Card yaitu adalah sebuah kode 3-4 digit angka yang biasanya terletak di belakang kartu ATM

Contoh nomor VCC


Walaupun hanya beruba kode pendek VCC ini sangatlah penting sekali untuk melakukan transaksi terutama bagi orang yang sering belanja online pada situs web luar negeri. karena VCC ini fungsinya hampir sama persis dengan kartu kredit.

Mengapa hampir sama dengan kartu kredit? 

Banyak orang yang ingin berbelanja di situs seperti ecommerce sebut saja situs marketplace terbesar di dunia yakni amazon. tentunya dengan berbelanja disana kita tidak bisa melakukan metode payment seperti pada situs jual beli online di negara kita bukan? karena pada web jual beli diluar sana mereka hanya menyediakan payment melalui kartu kredit atau kartu debit mastercard/visa

Oleh karena itu disini lah VCC sangat berperan dalam sistem payment kartu debet luar negeri. ketika anda ingin melakukan pembayaran online di situs luar negeri pasti saja sering menemukan form VCC yang harus diisi pada pembayaran kartu debet anda.

Contohnya yaitu pada pembayaran di situs rank alexa dengan menggunakan paypal sebagai metode payment debet. Seperti berikut dibawah ini.


Pada form untuk menghubungkan kartu debit tersebut ada beberapa kolom yang harus di isi untuk dapat menghubungkan kartu debit anda agar bisa melanjutkan pembayaran. Salah satu kolom yang harus di isi adalah kolom VCC yang nomor 3. jadi disitulah pentingnya VCC untuk dapat melakukan pembayaran pada situs web luar negeri.

Banyak sekali orang yang terheran heran ketika ingin melakukan pembayaran atau menghubungkan kartu debitnya tidak bisa menemukan nomor VCC nya. tentu tanpa nomor VCC anda tidak bisa melanjutkanya. 

Mengapa ada sebagian kartu debit/ATM yang tidak memiliki nomor VCC ?

Baru-baru ini di indonesia sudah menghadirkan type dengan logo kartu yang berbeda. coba perhatikan kedua kartu dibawah ini.



Nah sudah tertera jelas perbedaan logo diantara keduanya. inilah yang menyebabkan kartu debit anda tidak memiliki VCC. pasti kartu jenis debet anda memiliki logo GPN bukan Mastercard. sehingga tidak memiliki nomor VCC. Padahal VCC sangat berperan penting dalam pembayaran belanja online.

mengapa kartu logo GPN tidak memiliki nomor VCC? sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya kartu dengan type GPN merupakan kartu lokal yang hanya bisa dipakai didalam negeri sehingga anda tidak dapat melakukan transaksi di luar negeri baik secara offline maupun online. 

GPN merupakan produk yang dikeluarkan pemerintah yaitu kepanjangan dari Gerbang Pembayaran Nasional tujuan dari pengeluaran GPN ini adalah untuk menekan biaya pertransaksi agar lebih murah. dengan begini kita tidak perlu lagi melakukan pembayaran lewat mastercard yang biayanya tergolong lebih besar dibanding GPN.

Itulah sebabnya pada saat ini kemunculan kartu Debet/ATM sekarang perlahan-lahan sudah banyak berkeluaran GPN dibanding Mastercard. dan memang petugas teller bank banyak yang menyarankan menggunakan kartu GPN ini karena lebih murah.

Tetapi bagi anda yang memerlukan VCC untuk berbelanja online di luar negeri atau ingin membayar dengan paypal, tidak perlu khawatir karena anda masih bisa mengganti kartu GPN anda dengan Mastercard. anda hanya perlu datang ke kantor cabang bank anda dan bertemu dengan teller untuk membicarakan bagaimana alur proses perubahan kartu GPN menjadi Mastercard. 

Tentunya proses pergantian kartu memerlukan dana. Jadi, siapkan setidaknya uang 100 ribu untuk berjaga-jaga.

KESIMPULAN

Menurut saya. Apabila anda tidak ada kepentingan berpergian keluar megeri atau berbelanja online seperti di amazon maka disarankan anda tidak usah mengganti kartu GPN anda ke Mastercard dikarenakan jika isi saldo di kartu ATM anda masih terbilang sedikit akan sangat berat sekali jika perbulanya harus membayar lebih besar dibandingkan yang versi GPN. karena memang kartu mastercard memiliki biaya lebih berkisar 2-3 % pertransaksi dibandingkan GPN yang hanya 1% saja.

Tetapi bagi anda yang menginginkan pergantian ke kartu mastercard dengan keperluan yang penting sangat sekali dianjurkan. dikarenakan lebih baik melakukan pergantian kartu ke mastercard dibandingkan anda harus membuat kartu kredit untuk belanja. dikarenakan kartu kredit lebih rentan terkena bobol dibanding menggunakan debet.

Jangan sekali-kali anda juga memamerkan kartu debet anda ke sosial media atau ke orang lain dikarenakan nomor kartu dan VCC bisa disalahgunakan oleh orang lain. jika nomor kartu dan VCC anda sudah ada yang tahu dikhawatirkan ada yang menyimpan akun kartu debetmu untuk bertransaksi online alhasil beban biayanya ditangguhkan oleh anda.

Perhatikan keperluan kartu debet mu agar tidak banyak biaya yang dikeluarkan tiap bulannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel