-->

Info pengumuman Peserta seleksi SKB CPNS Kemenhumham 2020 terbaru


Saat ini seleksi CPNS sudah masuk pada tahap pertengahan dan sebentar lagi peserta akan memasuki sesi ujian berikutnya yaitu adalah seleksi SKB atau yang sering disebut sebagai seleksi kompetensi bidang. tidak hanya itu, berdasarkan pengumuman hasil dari BKN menyatakan bahwa peserta yang akan mengikuti seleksi kompetensi bidang ialah peserta yang masuk dalam perankingan 3x formasi yang dibutuhkan. dalam pengertian ini berarti dijelaskan bahwa tidak semua peserta yang lulus passing grade akan mengikuti SKB.

Tak luput dari hal itu saja. peserta peminat CPNS sangatlah banyak sekali yaitu dari berbagai belahan wilayah. bayangkan saja terutama dari formasi lulusan SMA ada lebih dari 10 ribu yang ikut dalam seleksi dan berkumpul di suatu tempat untuk melaksanakan ujian. hal tersebut membuktikan bahwa banyak sekali orang-orang yang ingin menjadi pegawai negeri.

Tidak semua orang dapat mewujudkan impianya menjadi pegawai negeri sipil. untuk itu haruslah berjuang sungguh-sungguh dalam menjalankan setiap step-step ujian yang diberikan. setelah itu anda akan dapat menjadi pegawai negeri. anda harus menjadi yang terbaik dari yang terbaik untuk dapat mengalahkan dari sekian banyak peserta. dimulai dari langkah awal yaitu ujian SKD dan dapat meraih passing grade setelah itu haruslah masuk ke dalam perangkingan.

Tentu bagi sebagian peserta dengan nilai yang pas-pasan akan merasa resah, karena memikirkan apakah mereka akan masuk ke skb atau tidak. bagi mereka tentu perjuangan mencapai nilai passing grade bukanlah hal yang mudah.  apalagi mereka harus berkorban tenaga,waktu dan biaya untuk dapat sampai ke tempat ujian. itu semua butuh perjuangan. pastinya mereka juga akan merasa kecewa apabila tidak lolos dan harus mengurungkan niatnya untuk dapat menjadi pegawai negeri sipil.

Menurut informasi hasil seleksi yang ada di instansi kemenhumham jawa barat sebanyak 20 ribu lebih peserta telah mengikuti ujian SKD dan banyak diantara mereka yang gagal dan hanya sebesar 25% saja dari mereka yang lulus passing grade. bagi peserta yang lulus passing grade berarti mereka adalah orang-orang yang hebat karena sudah bisa mengalahkan pesaing sebesar 15 ribu peserta dari segala penjuru wilayah di jawa barat. untuk perhitungan yang masuk passing grade saat ini adalah hanya sebesar 5 ribu peserta. dapat disimpulkan berarti hanya 10% saja yang dapat mengikuti skb. berdasarkan formasi kemenhumham penjaga tahanan jawa barat yang menerima kuota hanya sebesar 173 dikali 3x formasi yaitu berati hanya 500 peserta yang akan mengikuti skb.

BERAPA PASSING GRADE UNTUK SELEKSI CPNS TAHUN INI?

Pada tahun ini passing grade terbilang lebih kecil dari tahun sebelumnya yaitu untuk TWK 30 soal membutuhkan nilai 65, TIU 35 soal membutuhkan nilai 80 dan TKP dengan 35 soal membutuhkan nilai minimal 126. semua soal berjumlah 100 dan nilai passing grade ini sudah mengalami penurunan yang signifikan terutama pada materi TKP yang sebelumnya sekitar 140 untuk bisa lulus yang sekarang hanya membutuhkan nilai 126 saja. hal ini disebabkan oleh peserta tahun lalu yang banyak gagal di TKP sehingga nilai TKP sepakat untuk diturunkan.

LALU KAPAN PENGUMUMAN SKB SELANJUTNYA?

Menurut penjelasan panitia dan penjelasan dari kanwil kemenhumham Nusa tenggara timur bahwa pengumuman seleksi SKB CPNS akan diumumkan 2 minggu kedepan setelah pelaksaan seleksi SKD semua selesai. mereka mengabarkan pengumukan akan diadakan serentak secara keseluruhan yang berarti pengumuman tersebut tidak satu persatu diumumkan. dengan demikian peserta ujian tidak usah repot-repot lagi menunggu giliran pengumuman. berita tersebut dapat dilihat dari postingan dibawah ini.


Sembari menunggu pengumuman siapa-siapa saja yang lolos ke tahap SKD. peserta yang masuk passing grade diharapkan segera mempersiapkan diri untuk melatih fisik dan mental untuk persiapan menuju skb. hanya sekedar nasihat saja karena jika kita menunggu pengumuman baru setelah itu kita latihan maka waktunya bisa tidak cukup dikarenakan waktu pengumuman dan pelaksanaan lumayan dekat. oleh karena itu jangan pikirkan masuk atau tidak nya ke skb tetapi tetaplah berpikir optimis yakin kepada diri sendiri kita akan masuk skb. sikap ini yang akan membawa kita kepada kemenangan menuju seleksi skb.

STRATEGI MENGHADAPI SKB UNTUK FORMASI SMA KHUSUNYA


  • Perbanyaklah cari informasi tentang apa saja yang berkaitan dengan tes SKB entah dari mana saja tetapi pastikan sumber tersebut terpercaya. adik-adik bisa mencarinya melalui media sosial seperti facebook atau instagram. carilah fanspage atau akun instansi daerah kalian. biasanya mereka membuat akun resmi mereka di sosial media juga dan mengupdate beberapa informasi yang penting disana. jadi dengan demikian kamu bisa mendapatkan info terbaru disana sekaligus bisa mendapatkan gambaran tentang tes skd yang akan diadakan selanjutnya.
  • Selain mencari informasi masuklah ke grup CPNS yang ada di sosial media kamu untuk dapat saling berdiskusi membahas apa saja persiapan dan bisa melakukan tanya jawab apabila masih ada yang belum dimengerti. biasanya tiap sosmed ada grup cpns cpns masing-masing. jadi gabunglah secepatnya agar bisa mengetahui info-info terbaru. memang sekarang sudah zamanya digital jadi kita harus panda mencari-cari info yang sebanyak-banyaknya melalui internet.
  • Selain dari sosial media kamu juga bisa mencari informasi melalui google dari berbagai website situs media berita yang mungkin akan membantu kalian dalam menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan seleksi skb selanjutnya.
  • Bagi yang mempunyai teman yang pernah mengikuti tes skb tahun sebelumnya bisa menanyakan apa saja materi yang harus dipersiapkan menjelang tes skd. dengan begini tentu kamu akan mengetahui gambaran mengenai tes selanjutnya
  • Sehari sebelum tes sebaiknya anda tidak lagi melakukan latihan yang berat-berat dikarenakan hari tersebut harus dipakai untuk rileks dan menyimpan energi untuk keesokan harinya. mengapa? Karena disaat tes nanti bagi yang belum tahu disana akan menguras banyak energi dan stamina. kita melakukan tes keseluruhan dihari yang sama mulai dari push up,shutle run dan yang lainnya. oleh karena itu perbanyak makan yang bergizi dan menambah stamina agar tubuh lebih berenergi dan siap untuk menghadapi tes fisik tersebut. jangan anggap remeh hal ini karena banyak yang gagal karena kelelahan pada saat waktu seleksi dikarenakan kita terlalu memporsir tenaga pada waktu latihan kemarin, jadi jangan lakukan latihan sehari sebelum tes.
  • Baca secara cermat isi pengumuman yang telah diedarkan. yaitu mulai dari perlengkapan yang harus dibawa. pakaian yang harus dibawa dan yang paling terpenting adalah tempat dan tanggal pelaksanaan tes. jika memungkinkan anda bisa mensurvey tempat tes nya agar tidak kesulitan lagi dalam mencari nya nanti. perhatikan juga apa saja yang dilarang dan tidak diperkenankan dibawa pada saat ujian jangan sampai karena hal seperti ini yang menyebabkan anda tidak lulus.
  • Jangan lupa sebelum ujian berdoalah agar diberi kelancaran dalam menghadapi tes ini. karena usaha sekeras apapun kita jika tidak dibarengi dengan doa maka akan sia-sia saja. jangan lupa minta restu orang tua 

KAPAN PENGUMUMAN KELOLOSAN SKB?

Pada saat ini belum diketahui pengumuman resmi yang menyatakan siapa saja yang lulus dan berhak mengikuti tes kompetensi bidang. semua peserta dapat menceknya melalui web https://cpns.kemenkumham.go.id dan hanya disanalah pengumuman resminya.

Untuk dapat memprediksi secara akurat siapa-siapa saja yang dapat masuk ke tahap skb mungkin sebagai peserta cpns kemenhumham anda harus meluangkan waktu selama 6 hari untuk mengetahui hasilnya. yaitu dengan cara menghadiri setiap ujian persesi setiap harinya. dengan begini anda punya rekapan daftar nilai yang bisa diurutkan sendiri dan bisa menjadi sebuah acuan untuk dapat memprediksi berapa nilai minimal untuk dapat masuk ke skb. tetapi hal tersebut adalah hal yang sangat mustahil bagi peserta di luar daerah bandung. tetapi bagi orang bandung yang berdomisili disana bisa meluangkan waktunya untuk merekap nilainya ketimbang harus menunggu hasil akhir resmi nya yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

Perjuangan untuk dapat menjadi pegawai negeri sipil tentu bukanlah hal yang mudah kita harus mengikuti beberapa seleksi dan bukan hanya itu saja kita juga harus bersaing dengan ribuan orang disana. dengan begini peluang akan semakin sulit tetapi hal tersebut jangan menjadi halangan. kita harus tetap optimis agar semua itu dapat tercapai.

TIPS BELAJAR UNTUK CPNS DI TAHUN BERIKUTNYA

  • BELAJAR DARI JAUH JAUH HARI
Bagi anda yang ingin bersungguh-sungguh menjadi pns maka belajar adalah hal yang sangat penting dalam menghadapi ujian skd. tidak perlu tergesa-gesa kamu hanya perlu belajar sehari satu materi beserta soal-soalnya. mengingat hal itu nanti pasti kamu akan paham semua materi yang akan diujikan sampai hari ujian tiba. masih ada waktu 1 tahun lagi untuk mempersiapkan semuanya. jangan sampai waktu anda terbuang secara sia-sia.

  • SERING BERLATIH SOAL
Berlatih soal adalah salah satu tips belajar yang paling efektif. kebanyakan dengan cara ini mereka dapat mengerjakan soal-soal ujian dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan. dengan berlatih soal pastinya nanti kita akan terbiasa mengerjakan. Oleh karena itu kerjakan soal sebanyak-banyak nya dengan tipe soal yang bervariasi. sungguh disayangkan bagi orang yang belajar tetapi jarang melakukan latihan soal karena pasti mereka akan kesulitan dalam menjawab soal. kebanyakan orang melakukan hal ini dan tidak bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

  • HINDARI BELAJAR KEBUT SEMALAM
Belajar dengan cara sistem kebut semalam adalah cara yang sangat tidak efektif buat persiapan menghadapi ujian apalagi kebanyakan rata-rata orang indonesia belajar sehari sebelum ujian. hal tersebut akan membuat pikiran malah menjadi pusing belum lagi ditambah dengan materi yang sulit. otak kita tentu butuh waktu untuk memahami nya, tidak dalam waktu satu malam saja. apalagi dengan materi cpns yang jumlahnya sebesar satu buku tebal maka akan butuh waktu mungkin sampai 1 bulan untuk dapat menguasainya. hal tersebut juga tergantung dari kecerdasan otak kita juga. tetapi mustahil bagi orang yang bisa belajar materi banyak dalam satu malam saja walaupun itu orang cerdas sekalipun. Jadi hindari cara belajar ini.


  • BELAJAR DARI BANYAK SUMBER
Untuk dapat memahami materi tentunya kita butuh bahan belajar beserta soal yang banyak. kita tidak bisa begitu saja dong paham materi yang hanya berasal dari satu sumber. maka dari itu belajar lah dari sumber lain agar pemahaman kita terhadap materi tersebut menjadi lebih kaya. misalnya belajar dari youtube,situs bimbingan belajar, facebook, atau grup diskusi. pasti anda akan menemukan perbedaan materi dari sumber yang berbeda-beda tersebut walaupun materinya sama. Inilah yang bisa menjadi bahan pembelajaran yaitu belajar materi yang belum pernah dibahas.

  • JADWALKAN WAKTU BELAJAR DAN PENUHI TARGET BELAJAR
Dalam belajar tentu ada sesuatu yang kita ingin capai yaitu bisa menguasai semua materi yang dipelajari. nah dengan begini tentu kamu harus buat target untuk dapat bisa memprediksi kapan kamu akan menguasai materi tersebut semuanya. tentukan target harian yang harus kamu capai misalkan kamu harus bisa mengerjakan soal 10 soal sehari beserta materinya. dengan begitu kamu sudah bisa mengatur pola waktu belajar anda. jangan lupa juga mengatur jadwal belajar anda karena ini juga sangatlah penting untuk terwujudnya kesuksesan dalam belajar. atur waktu yang paling efektif bagi anda untuk belajar misalnya pagi hari dan jangan lupa juga atur jam istirahat untuk merilekskan otak.

Itulah tips belajar cpns semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel