-->

Friday adalah hari , Friday hari apa?


Dalam bahasa inggri. friday mempunyai arti hari jumat. hari jumat adalah urutan hari ke 6. namun di Indonesia hari jumat adalah urutan hari ke 5. karena pada bahasa inggris hari pertama di diawali dengan hari minggu. di indonesia hari jumat adalah hari yang sangat mulia bagi umat muslim. karena pada hari itu jika kita melakukan amalan kepada anak yatim piatu akan mendapatkat pahala yang sangat besar dibandingkan hari yang lainnya. oleh karena itu banyak masjid-masjid yang menyediakan makanan gratis untuk para fakir miskin dan dhuafa setiap hari jumat.

Di hari jumat juga umat muslim ada yang namanya sholat jumat. dan itu dilakukan secara bersama-sama. umat muslim wajib melaksanakanya. karena dengan begitu kita akan mendapatkan pahala yang lebih serta bisa mempererat persaudaraan antara sesama muslim. disana juga ada acara khutbah yang sangat memberikan manfaat untuk kita sendiri pribadi. acara sholat jumat harus di hadiri minimal 40 orang. karena jika kurang dari itu maka sholat jumat tidak bisa dilaksanakan.

Di Indonesia banyak sekali masjid di setiap daerah. oleh karena itu kita sebagai umat muslim tidak usah khawatir dengan ibadah nya. anda bisa ke masjid kapan saja dan yang paling penting jarak nya tidak terlalu jauh. bahkan di dalam satu komplek perumahan ada lebih dari satu masjid dengan letak yang tidak terlalu jauh lokasinya.

Umat islam mempunyai kewajiban yaitu sholat lima waktu. yang pertama adalah subuh yang dilakukan pagi hari sekitar pukul setengah lima pagi. lalu sholat dzuhur pada siang hari pukul 12. selanjutnya sholat ashar pada sore hari puikul 3 sore. lalu dilanjut maghrib pada saat matahari terbenam pada pukul 6 sore. dan yang terakhir ada sholat isya pada malam hari pukul 7 ( satu jam setelah sholat maghrib) semua itu harus umat islam lakukan setiap harinya. karena sholat merupakan tiang agama yang tidak boleh ditinggalkan.

Selain itu juga ada beberapa sholat sunnah lainnya yang dianjurkan untuk dikerjakan. yaitu ada sholat dhuha pada pagi hari sekitar pukul 7 hingga 11 lalu sholat tahajud pada malam hari (setelah tertidur) dan sholat sunnah rawatib yaitu sebelum dan sesudah sholat fardu. jika semua itu dikerjakan maka anda akan mendapatkan pahala yang sangat besar sekali.

Selain itu ada juga bulan kemuliaan bagi para umat muslim yaitu adalah bulan ramadhan. pada bulan tersebut umat muslim berpuasa selama satu bulan full. mereka tidak boleh makan dari mulai sholat subuh hingga terbenamnya matahari diwaktu maghrib. amalan puasa akan sangat besar sekali jika dilakukan dengan ikhlas dan sabar. karena pada saat itulah keimanan kita sebagai umat muslim sangat benar-benar diuji.

Ada juga ibadah sholat khusus yang diadakan pada bulan ramadhan yaitu sholat tarawih. sholat tersebut dikerjakan setelah sholat sunnah. sholat ini termasuk sholat sunnah tetapi sangat dianjurkan sekali. pengerjaan nya yaitu adalah 21 rakaat ( 18 tarawih dan 3 witir) namun ada juga yang mengerjakanya 11 rakaat ( 8 tarawih dan 3 witir)

Hal yang ada pada bulan puasa juga yaitu acara buka puasa. setelah berpuasa selama satu hari yaitu tepatnya lebih dari 10 jam tidak makan. banyak makanan yang sangat lezat sekali yang menanti. karena pada saat moment inilah kebersamaan umat muslim sangat erat. mereka makan dengan nikmatnya bersama-sama.

Setelah bulan puasa yaitu saatnya umat muslim merayakan hari kemenangan yaitu hari idul fitri yang jatuh pada 1 syawal. pada saat ini seluruh umat muslim saling bermaaf maafan kepada semua orang. dengan begini dosa yang kita miliki akan luntur dan seperti bayi yang baru lahir kembali. pada saat ini juga orang indonesia mempunyai tradisi mengenakan pakaian baru di hari idul fitri. tidak tahu kenapa karena ini sudah menjadi tradisi orang Indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel