-->

Cara mudah menjaga lingkungan agar tehindar dari berbagai jenis penyakit

New Home, House, Construction, Estate

Menjaga lingkungan adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh semua orang. karena dengan menjaga lingkungan kita bisa hidup dengan sehat. pada saat ini masih banyak orang-orang yang masih tidak peduli dengan kebersihan lingkungan. yang akibatnya masih banyak sampah berserakan dimana-mana seperti di jalan raya, selokan dan terutama di sungai. mereka tidak peduli dengan hal tersebut padahal ada dampak yang sangat berbahaya yang akan didapat jika kita terus membiarkan nya yaitu akan munculnya berbagai penyakit yang bisa menyerang orang lain disekitarnya.

Tidak hanya itu. berbagai macam bencana pun bisa datang tidak terduga seperti banjir. sampah yang berserakan dimana-mana akan menyebabkan tersumbatnya saluran air sehingga menyebabkan air tidak bisa mengalir dengan normal yang pada akhirnya akan mengakibatkan air meluap dan keluar lalu masuk ke sekitaran perumahan. jika sudah terjadi seperti ini maka penyakit pun akan datang dengan mudah contohnya kutu air, gatal-gatal, hingga munculnya ruam merah disekitar kulit.

Untuk itu agar kita terhindar dari bencana dan penyakit yang berbahaya. kita semua harus menerapkan hidup sehat dengan menjaga lingkungan sekitar rumah. tidak hanya rumah saja, lingkungan kerja, sekolah dan masyarakat juga harus diperhatikan. karena dengan lingkungan yang bersih hidup juga akan lebih sehat.  ada banyak cara untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan rapih. bagaimana caranya? yuk simak penjelasan cara menjaga lingkungan yang baik dan benar dibawah ini.

CARA MENJAGA LINGKUNGAN AGAR TETAP BERSIH DAN SEHAT

1. Selalu membuang sampah pada tempat nya
Membuang sampah ke tempat sampah adalah budaya yang harus diterapkan dan dibiasakan oleh semua orang. karena jika masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan. maka lingkungan yang bersih sudah pasti tidak akan terwujud. bayangkan saja walaupun kita sudah bersusah payah untuk melakukan kerja bakti bersama-sama akan tetapi setelah itu masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan. maka beberapa saat kemudian juga lingkungan akan kotor kembali. oleh karena itu, untuk menjaga lingkungan tetap bersih. pertama, yang harus diterapkan adalah budaya buang sampah pada tempatnya.

2.Selalu membersihkan lingkungan setiap hari
Membersihkan lingkungan tidak hanya satu atau dua kali saja. akan tetapi haruslah dilakukan setiap hari. karena setiap hari pasti ada saja debu dan kotoran berterbangan yang berasal dari pabrik atau kendaraan bermotor. itulah sebabnya membersihkan lingkungan harus dilakukan rutin setiap hari. apalagi jika rumah anda berada pada daerah perkotaan. haruslah rajin dibersihkan. kalau bisa lakukan sehari dua kali pada waktu pagi dan sore. dengan begitu rumah dan lingkungan rumah anda akan selalu bersih dan sehat.

3.Lakukan kerja bakti bersama warga
Melakukan kerja bakti adalah satu cara yang tepat untuk membersihkan lingkungan. dengan begitu semua pekerjaan yang berat akan terasa ringan jika dilakukan secara bersama-sama. diskusikanlah dengan warga lainnya untuk membuat jadwal dilakukanya kerja bakti. kerja bakti yang minimal bisa dilakukan seminggu sekali. misalnya pada hari minggu. selain bisa mendatangkan hidup bebas penyakit. kerja bakti juga bisa membuat tubuh terasa lebih sehat seperti berolahraga.

4.Kurangi sampah dengan cara mendaur ulang
Cara ini adalah cara yang sangat tepat untuk mengurangi jumlah sampah. dengan mendaur ulang sampah kita bisa mengurangi dampak penumpukan sampah dan juga dapat memberikan banyak manfaat dari barang yang di daur ulang. misalnya botol bekas air mineral yang di daur ulang kembali dimanfaatkan sebagai tempat makan atau tempat alat tulis. tidak hanya botol saja, jika anda kreatif beberapa macam benda yang lain juga bisa di daur ulang dan dapat menghasilkan barang yang bermanfaat.

5.Lakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan
Agar seluruh masyarakat dapat menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan. maka diperlukan sosialisasi kebersihan. dengan begitu masyarakat dapat belajar tentang cara menjaga lingkungan dan apa-apa saja dampak yang akan didapat jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan. dengan begitu pasti masyarakat akan sadar dan membiasakan membersihkan lingkungan tempat tinggalnya dan bisa menerapkan lingkungan bersih. sehingga masalah kebersihan dapat teratasi.

Itulah beberapa cara untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih. perlu kalian ingat kebersihan adalah sebagian dari iman. jadi apabila kita sudah menjaga lingkungan dengan baik. maka sekaligus kita juga termasuk beribadah. sebelum kita terserang oleh macam-macam penyakit lebih baik kita cegah terlebih dahulu. karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel