-->

Cara mengatasi flashdisk tidak terdeteksi di komputer atau laptop terbaru

Flashdisk, Usb, Drive, Files, Memory

Pada zaman modern ini, flashdisk merupakan alat elektronik yang sangat penting sekali. dimulai dari anak sekolah hingga orang kantoran banyak yang menggunakan nya untuk berbagai macam keperluan  seperti persentasi, mengirim file, menyimpan data dan masih banyak lagi kegunaanya. akan tetapi tidak sedikit orang yang mengalami masalah pada flashdisknya salah satu permasalahanya yaitu tidak berfungsinya flashdisk atau error sehingga tidak bisa diggunakan. dengan begitu komputer kita tidak dapat membaca apa isi dari flashdisk tersebut.

Kebanyakan orang belum mengerti apa penyebab dari tidak terdeteksinya flashdisk tersebut dan juga tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. tenang saja tidak perlu panik. ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar flashdisk kamu bisa kembali normal lagi. berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar flashdisk dapat normal kembali.

1.Cabut dan colokan kembali flashdisk

Computer, Laptop, Desk, Headphone
Hal pertama yang dilakukan yaitu kamu bisa melakukan pencabutan flashdisk kemudian membersihkanya lalu memasangkanya kembali. bisa saja flashdisk kamu tidak terdeteksi dikarenakan terdapat debu yang menutupi kuninganya. hal itulah yang menyebabkan flashdisk kamu tidak terdeteksi. dan pastikan juga kamu memasukanya dengan benar. tidak terbalik atau tidak terlalu longgar. karena banyak orang yang tidak menyadari bahwa flashdisk yang dipasangnya tidak benar sehingga tidak terbaca oleh komputer.

2.Restart komputer atau laptop anda

Laptop, Break, Coffee, Technology

Penyebab flashdisk kamu tidak terdeteksi kemungkinan diakibatkan komputer sedang dalam keadaan error atau not responding sehabis menjalankan suatu program. kamu bisa coba cabut flashdisk lalu restart komputer dan colokan kembali. fungsi dari merestart komputer ini yaitu untuk menghilangkan error yang ada pada komputer dan mengembalikan komputer dalam keadaan normal lagi. sebelum memasukan flashdisk nya coba kamu refresh dulu dengan klik kanan pada desktop lalu pilih refresh.

3.Pilih port USB yang lain

Keyboard, Notebook, Keys, Computer
Penyebab flashdisk kamu tidak terdeteksi kemungkinan port usb yang kamu gunakan rusak sehingga tidak bisa membaca. coba pindahkan flashdisk nya ke port yang lain. ada banyak port usb yang bisa kamu masukan yaitu ada dua di depan dan tigas dibelakang. coba saja satu persatu. jika memang memang masih tidak terdeteksi semuanya kemungkinan flashdisk kamu yang bermasalah.

4.Periksa keadaan flashdisk USB anda

Memory Stick, Memory, Media 

Penyebab flashdisk tidak dapat terbaca bisa jadi dikarenakan flashdisk sudah rusak dan tidak bisa diggunakan. jika kamu merasa sebelumnya flashdisk masih dapat diggunakan. cobalah untuk menggunakan flashdisk lain terlebih dahulu. jika memang flashdisk yang baru bisa terdeteksi maka sudah dipastikan flashdisk lama anda yang rusak dan harus digganti.

5.Uninstal hidden device

Penyebab lain flashdisk kamu tidak dapat terdeteksi bisa dikarenakan sudah banyak device yang terinstal di komputer anda. cara agar menghilangkanya yaitu dengan menguninstalnya. caranya yaitu pergi ke halaman menu > start > lalu pilih device manager > action > nanti pada menu action kamu bisa menguninstal beberapa device yang telah terinstal seperti gambar dibawah ini.


6.Unplug power supply

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi USB not recognized pada flashdisk yaitu bisa dengan mencabut kabel power supply yang ada di belakang cpu anda. cara ini berlaku bagi komputer karena pada laptop tidak ada kabel power supply. cobalah cabut power suppy maka otomatis komputer akan mati. jika sudah mati coba diamkan dulu beberapa menit untuk mengistirahatkanya. lalu setelah itu coba lagi sambungan usb anda.

7.Mematikan power management pada USB root Hub

Cara lain yang bisa diggunakan untuk mengatasi flashdisk not recognized yaitu dengan cara mengubah settingan pada power management USB. caranya masuk ke start > lalu pilih control panel > device manager > pilih universal serial bus controller > pilih USB root Hub > pilih bagian power management lalu hilangkan tanda ceklis pada " allow computer to turn off this device to save power lalu ok. tampilan nya bisa anda lihat seperti gambar dibawah ini.


8. Scan hardware change

Untuk mengatasi permasalahan dalam komputer anda coba termasuk usb tidak terdeteksi coba kamu scan komputer kamu melalu scan hardware change. caranya yaitu pergi ke halaman menu > start > lalu pilih device manager > action dan selanjutnya scan hardware change. tujuan dari scan ini untuk memperbaiki permasalahan atau perubahan maka otomatis komputer akan refresh
seperti gambar dibawah ini


Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi flasdisk tidak terbaca semoga bermanfaat dan bisa menyelesaikan permasalahan anda. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel