-->

Apa itu Surat Keputusan/SK PNS adalah Fungsi dan kegunaan Pada Pegawai Negeri Sipil


Menjadi pegawai negeri adalah suatu hal yang sangat diinginkan oleh hampir semua orang. hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pelamar yang mengikuti tes seleksi CPNS yang berjumlah hingga beratus-ratus ribu. itupun masih dalam satu formasi belum lagi jika digabungkan dengan seluruh formasi yang ada maka jumlah nya hampir mendekati angka jutaan. setiap tahun nya pasti pendaftaran selesksi cpns akan selalu ramai dikunjungi oleh banyak pelamar mulai dari jenjang SMA hingga sarjana. sebenarnya apa sih keuntungan yang bisa didapatkan ketika menjadi seorang pegawai negeri sipil? mengapa orang-orang sampai ingin memperebutkan posisi untuk bisa menjadi seorang pegawai negeri? yuk simak keuntungan yang akan didapat dari seorang pegawai negeri sipil dibawah ini.

Sebagai seorang pegawai negeri sipil ada banyak keuntungan yang didapat salah satunya yaitu memiliki uang pensiun. uang pensiun yaitu adalah uang yang diberikan kepada pegawai uang PNS yang telah pensiun yang diterima setiap bulan nya. jadi tidak usah khawatir lagi bagi seorang PNS yang telah pensiun karena akan mendapatkan upah gaji pensiunan seumur hidupnya. untuk jam kerja pegawai negeri sipil pun tidak terlalu lama. bisa dikatakan standar yaitu dimulai dari jam 8 pagi hingga pukul 4 sore. diluar jam itu anda bisa meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga atau menjalani aktivitas yang lainnya.

Ketika seseorang sudah lulus tes menjadi pegawai negeri sipil mereka akan menerima sebuah surat keputusan yang disingkat SK dan juga Nomer Induk Pegawai atau juga yang disebut sebagai NIP. dari surat-surat tersebut tentunya banyak memiliki beberapa macam fungsi yang sangat penting. yang pertama : Pegawai negeri yang sudah memiliki SK bisa melakukan pinjaman kepada bank dengan menjadikan SK sebagai jaminan nya.

Tentunya pinjaman tersebut masih dalam batas wajar untuk dapat dilunasi. tujuan bank menjadikan SK sebagai jaminan yaitu untuk membuktikan bahwa seseorang tersebut dapat melunasi pinjaman nya. SK juga dapat dijadikan pengajuan pensiun dalam hal ini jika tidak ada SK tersebut maka tidak memenuhi syarat untuk melakukan pengajuan pensiun. Fungsi dari surat keputusan itu sendiri adalah sebagai bukti bahwa seseorang tersebut telah lolos tahapan seleksi calon pegawai negeri sipil.

Jika dilihat dari karirnya, seorang PNS memiliki karir yang sangat cemerlang. berbeda dari seorang pegawai swasta karena PNS tidak mengenal pemecatan pegawai atau yang sering disebut PHK. belum lagi tunjangan yang diberikan lumayan sangat besar sekali bahkan melebihi dari gaji pokoknya. oleh sebab itu banyak orang yang berlomba-lomba menginginkan menjadi seorang PNS. akan tetapi tidak semua orang bisa menjadi pegawai negeri karena memang kuota nya sangatlah terbatas dan hanya orang yang tertentu saja yang memenuhi kualifikasi yang dapat bergabung menjadi PNS. oleh karena itu banyak-banyaklah belajar dan berlatih agar bisa lolos dalam tahapan seleksi calon pegawai negeri sipil.

Pembukaan lowongan calon pegawai negeri sipil dilakukan satu tahun sekali. ada berbagai macam lowongan yang bisa anda lamar dimulai dari jenjang pendidikan SMA hingga Sarjana. sebelum meneruskanya ke tahap seleksi biasanya pendaftar CPNS akan disuruh untuk mendaftar di website portal SSCN dan harus melengkapi persyaratan yang dinamakan persyaratan administrasi. jika telah lolos dari persyaratan administrasi maka selanjutnya ke tahap ujian SKD dan juga ada beberapa tahap lain yang harus dilewati sebelum akhirnya bisa lulus resmi menjadi dari seleksi calon pegawai negeri. beberapa tahap seleksi CPNS bisa anda lihat dibawah ini. 


Itulah penjelasan mengenai surat keputusan seputar PNS semoga bisa membantu menjadi bahan referensi anda untuk mengetahui fungsi dan kegunaan nya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel