-->

Perbedaan Formasi CPNS Sipir Kemenhumham dan Kejaksaan agung untuk Lulusan SMA/SLTA


Pada saat ini pendaftaran CPNS tidak hanya untuk lulusan D3 dan Sarjana saja. akan tetapi lulusan SMA/SLTA bahkan bisa berpartisipasi untuk bergabung menjadi pegawai negeri sipil. ini merupakan kesempatan emas bagi para lulusan SMA yang ingin membahagiakan kedua orang tua. karena memang banyak orang bilang menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil akan mendapatkan masa depan yang sangat cerah dan bisa hidup bahagia untuk kedepan nya dibandingkan bekerja untuk swasta. apakah hal tersebut memang benar?

Dilihat dari gaji pegawai negeri yang baru-baru ini menjabat memang mereka memiliki gaji yang lumayan besar (tergantung juga seberapa lama mereka bekerja). belum lagi ditambah dengan tunjangan yang akan mereka dapat. yang pasti akan serasa mendapatkan dobel gajih yang sangat menggiurkan. mungkin itulah alasan banyak orang-orang yang ingin memperebutkan kursi untuk dapat meraih menjadi pegawai negeri sipil. hal itu juga dapat dilihat dari banyaknya peserta pendaftar yang hingga mencapai 100 ribu pelamar. jumlah nya hampir berkali-kali lipat dibandingkan dengan jumlah kuota yang dibutuhkan. tentu persaingan akan sangat ketat dan hanya sedikit yang bisa lolos.

Sebenarnya ada banyak sekali formasi yang menyediakan untuk lulusan SMA akan tetapi dari sekian banyak formasi hanya ada dua formasi yang memiliki kuota terbanyak (lebih dari 100) yaitu dari kemenhumham sebagai penjaga tahanan dan kejaksaan agung sebagai pengawal tahanan. sedangkan formasi yang lainnya membutuhkan kuota kurang dari 100. untuk itu bagi kalian yang ingin mendaftar disarankan memilih diantara kedua formasi ini. dikarenakan peluang kamu bisa masuk akan lebih besar ketimbang memilih formasi yang sangat sedikit kuota nya. tetapi itu juga tergantung dari tekad dan niat kamu dalam menjalani tes CPNS ini. jika kamu sungguh-sungguh menjalani nya. maka insya allah akan ada peluang untuk masuk.

Pada kedua formasi ini yaitu penjaga tahanan di Kemenhumham dan pengawal tahanan di Kejaksaan agung. dilihat secara sekilas memang kedua formasi ini nanti kita akan bekerja untuk para tahanan. akan tetapi ada perbedaan dari setiap tugas dan fungsi dari kedua instansi tersebut. yang pertama tentu tempat bekerja nya berbeda jika kejaksaan agung akan ditempatkan pada tiap-tiap kantor wilayah kejaksaan dan kemenhumham akan ditempatkan pada setiap kanwil kemenhumham sesuai dengan apa yang telah ditentukan oleh atasan.

Untuk para pengawal tahanan di kejaksaan agung tugas utama nya yaitu mendampingi hingga menjaga para tahanan dimulai dari menjemputnya di rutan (Rumah Tahanan) dan mengantarnya sampai ke kejaksaan negeri untuk menjalani proses sidang di pengadilan negeri. setelah itu membawanya kembali ke rumah tahanan. tugas menjadi seorang pengawal tahanan harus siap waspada dan juga diperlukan mental yang kuat. karena dalam proses perjalanan kita harus memastikan para tahanan tetap aman dan memastikan situasinya terkendali. karena memang pada situasi seperti inilah banyak para tahanan yang memanfaatkanya untuk kabur.

Pada posisi penjaga tahanan di kemenhumham bertugas menjaga para tahanan di lapas. tetapi tenang saja tidak selamanya kita akan menjaga 24 jam. karena akan disediakan sistem shift sehingga kita bisa bergantian kepada penjaga yang lain untuk menjaganya. tugas dari penjaga tahanan tidak hanya menjaga saja. melainkan melakukan beberapa kegiatan seperti melakukan pembinaan kepada para tahanan seperti mengobrol bercakap-cakap dengan mereka menceritakan apa yang mereka ingin ceritakan. membawa tahanan berjalan-jalan untuk menghilangkan suntuk dan jika ada yang sakit atau keluarganya meninggal kita juga harus mengawalnya ke rumah sakit atau ke tempat tinggal nya hingga urusan mereka disana selesai.

Dilihat dari persyaratan nya. pada pengawal tahanan di kejaksaan agung diharuskan memiliki sertifikat bela diri. dikarenakan sebagai pengawal tahanan harus memiliki persiapan bela diri untuk mengatasi tahanan yang sewaktu-waktu kabur atau melarikan diri. dan untuk penjaga tahanan di kemenhumham apakah diperlukan juga? dilihat dari pengumuman tahun ini tidak tertulis diperlukanya persyaratan tersebut. tetapi jika anda mempunyai sertifikat bela diri bisa menjadi nilai tambah pada tahap proses seleksi.

Itulah sekedar gambaran bagi anda yang ingin melamar pada kedua formasi tersebut. dilihat dari pekerjaan sebagai penjaga dan pengawal tahanan di atas memang sedikit lebih beresiko. karena itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab mereka. semua pekerjaan pasti mempunyai resiko jadi kita harus selalu menghadapinya dengan lapang dada. karena jika itu semua kita hadapi dengan ikhlas. pasti akan terasa lebih santai dan tenang

Bagi para pendaftar CPNS tahun ini. jangan patah semangat. selalu banyak berdoa dan belajar agar bisa lolos dalam seleksi calon pegawai negeri sipil. jika kita lakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil yang baik. pepatah mengatakan usaha tidak akan menghianati hasil. jadi keep spirit pejuang CPNS

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel