-->

Pengertian Stunting adalah, Penyebab , dampak , Ciri-ciri , dan Cara mencegahnya

 Baby, Boy, Smiling, Kid, Infant, Happy

Apakah tinggi anak anda berbeda jauh dari anak lain seusianya? jika ternyata memang benar awas mungkin anak anda menderita stunting. stunting adalah kondisi dimana anak lebih pendek dari anak-anak lain seusianya. stunting juga dapat dilihat berdasarkan batas minimal tinggi usia anak. apabila anak tidak memenuhi tinggi pada usia yang diinjakinya maka bisa disebut bahwa anak anda terkena stunting.

Stunting terjadi disebabkan oleh banyak faktor yang dialaminya yaitu kurang nya pemberian gizi ketika anak masih berada pada kandungan diantaranya kurangnya asupan protein kalsium serta mineral. oleh karena itu pada usia ibu hamil kebutuhan gizi haruslah selalu dipenuhi agar anak tidak mengalami masalah pada kondisinya. seperti memakan buah-buahan,sayuran yang mengandung banyak protein dan vitamin. penderita stunting pada anak juga bisa diakibatkan karena pewarisan gen dari orang tuanya. misalnya ayahnya atau ibunya yang memiliki masalah pada bentuk tinggi badan di usia normalnya

Selain itu dampak yang didapat pada anak yang menderita stunting tidak hanya tinggi badan saja melainkan bisa mempengaruhi kinerja fungsi otak pada anak. begitu juga dengan perkembangan organ pada anak akan terganggu. dan yang paling berbahaya menurunya sistem kekebalan tubuh yang membuat anak bisa rentan terkena berbagai penyakit. apabila jika sudah terkena penyakit maka penyakit tersebut akan sulit sembuh dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang kurang maksimal melakukan tugasnya. oleh sebab itu pada anak yang menderita stunting selalu jagalah dengan baik jangan biarkan anak bermain di lingkungan yang kotor serta jagalah kebersihan rumah anda agar terhindar dari penyakit.

Pada ciri-ciri anak yang menderita stunting bisa dilihat dari bentuk tubuhnya yang tidak sewajarnya pada seusianya serta badan yang kurus. penyakit stunting ini memang bisa dibilang kondisi perkembangan yang tidak bisa diperbaiki lagi. tetapi hal itu masih bisa kita cegah. oleh karena itu untuk dapat mencegah hal ini terjadi. lakukan perawatan terbaik pada ibu yang sedang mengandung dengan memberikan perawatan serta asupan makanan yang bagus yang kaya akan protein dan vitamin serta rajinlah berolahraga yang sewajarnya dan terutama atur pola waktu tidur dengan baik. untuk mencegah kondisi bayi mengalami stunting sebaiknya selalu kontrol dengan rutin supaya mengetahui bagaimana kondisi serta perkembangan anak pada janin anda.

Itulah penjelasan mengenai penyakit stunting. mulai dari sekarang bagi ibu hamil sebaiknya menerapkan tips kesehatan ibu hamil agar kondisi bayi menjadi sehat dan lahir dengan sempurna. yaitu dengan membuat sebuah jadwal aktivitas untuk ibu hamil. kapan kita harus makan , kapan kita harus tidur , olahraga, periksa kandungan , istirahat itu semua harus dijalani setiap hari dengan teratur. jika anak anda lahir dengan sehat pasti kita juga akan senang melihatnya. dengan begitu anak bisa bergembira bermain bersama anak-anak seusianya. tanpa harus takut lagi dengan penyakit yang akan datang padanya. karena jika anak sudah terlahir dengan normal maka kedepanya pasti akan baik dan tidak akan ada masalah serius asalkan kita merawat dan memberi makan dengan baik.

Lain halnya yang terjadi pada anak yang menderita stunting. karena anak yang menderita stunting harus selalu memerlukan perawatan dan pengawasan yang ketat dari orang tuanya. ia tidak boleh bermain secara bebas dilingkungan terbuka karena akan rentan terhadap penyakit. selain itu ia harus melakukan kontrol rutin pada dokter untuk memeriksa penyakit yang dideritanya serta memantau gizi nya. tidak hanya ketika pada usia anak-anak saja. bila sudah dewasa ia juga harus selalu kontrol kesehatanya. oleh sebab itu tegakan hidup sehat sekarang juga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel