-->

Pengalaman ikut pelatihan kerja di Balai pelatihan kerja Cirebon


Perkenalkan nama saya MSR pada tahun ini saya telah lulus SMA dan berencana ingin bekerja terlebih dahulu sembari mengumpulkan dana untuk biaya masuk kuliah. karena saya orangnya tidak mau menyusahkan kedua orang tua. saya berusaha mencari - cari pekerjaan sendiri dengan melamar ke beberapa tempat mulai dari pusat perbelanjaan sampai ke toko-toko siapa tahu ada yang membuka lowongan pekerjaan. setelah 2 minggu berlalu saya tak kunjung mendapat panggilan. saya berpikir mengapa tidak ada panggilan apakah karena saya tidak mempunyai pengalaman sama sekali jadi tidak layak untuk dipekerjakan hhmmm. yasudah apa boleh buat belum rezeki.

Setelah itu ada teman yang memberikan sebuah brosur lewat whatsap yang isi nya yaitu ada program pelatihan kerja yang disediakan oleh pemerintah. program tersebut terbuka untuk siapa saja dan tanpa dipungut biaya alias gratis tis tis. wah kebetulan sekali saya sangat tertarik untuk mengikutinya berhubung saya belum punya pengalaman jadi ini adalah kesempatan emas bagi saya untuk bisa mendapatkan pengalaman sebagai bekal untuk bekerja.

Tanpa basa basi lagi saya langsung mengikuti tata cara pendaftaranya secara online. disana ada banyak sekali bidang pelatihan yang bisa diikuti dimulai dari LAS, Desain Grafis, Menjahit, Front Office, House kipping dan juga ada IT. setelah daftar online saya harus mempersiapkan berkas untuk dibawa ke kantor disnaker agar langsung diserahkan yaitu berupa photo, kartu keluarga, ktp, surat print out pendaftaran online dan ijazah. setelah mendaftar saya tinggal menunggu informasi selanjutnya yang akan diumumkan secara online di facebook maupun instagram mereka.

Setelah kurang lebih seminggu menunggu akhirnya terbitlah postingan pengumuman tes seleksi yang bertuliskan apa-apa saja persayaratan tes tersebut yaitu dengan menggunakan pakaian hitam putih dan datang tepat waktu pada pukul 8 pagi. saya mengikuti ujian sekaligus interview disana. dan harus menunggu lagi pengumuman kelulusan nya beberapa hari kedepan.

Tiba saat nya pengumuman akhirnya saya lulus juga pada bidang desain grafis. dan akan memulai proses pelatihan selama 20 hari. hari pertama adalah pembukaan dimana saya dikasih baju serta atribut untuk pelatihan. ternyata saya tidak perlu repot lagi memikirkan tentang makan karena disana sudah ditanggung. yasudah syukurlah karena tidak repot-repot membawa nasi lagi hehe.

Hari kedua saya sudah mulai mengikuti pelatihan dan dipandu oleh guru. saya mengikuti dengan sangat antusias karena ingin mendapatkan sertifikat setelah mengikuti pelatihan ini. proses pelatihan ini berjalan dari mulai pukul 9 pagi hingga jam 2 siang. hari berjalan dengan cepat hingga akhirnya saya berada di akhir pelatihan dan sudah harus siap mengikuti tes kompetensi yang diadakan oleh seorang asesor dari bandung. jika saya tidak lulus pada pelatihan ini maka saya tidak akan mendapatkan sertifikat kompetensi. oleh karena itu saya harus benar-benar banyak belajar lagi agar bisa mendapatkan apa yang saya ingikan.

Setelah belajar semalaman tiba saat nya untuk membuktikan hasil belajar saya kepada seorang guru penguji. disana saya disuruh membuat spanduk dan kartu nama dalam kurun waktu satu jam setengah atau 90 menit. mulailah saya mengerjakan dengan sungguh-sungguh. setelah ujian selesai saya harus mengikuti tahap ujian selanjutnya yaitu adalah sesi wawancara yang nantinya kita akan ditanya secara langsung mengenai materi seputar desain grafis dan meminta menjelaskan beberapa fungsi dari tools-tools yang sudah saya gunakan pada ujian tadi.

Tes wawancara tersebut berlangsung lumayan lama karena di tes satu persatu oleh dua asesor dan jumlah peserta pelatihan saat itu ada 16 orang. setelah berjalan waktu cukup lama akhirnya tiba juga saat nya pengumuman siapa yang kompeten dan siapa yang tidak kompeten. dan usaha saya selama ini tidak sia-sia karena saya dinyatakan kompeten pada  ujian saat itu. dan bisa mendapatkan sertifikat dari BNSP ( Badan Sertifikasi Pelatihan) akan tetapi sertifikat tersebut hanya berlaku selama 3 tahun dan saya harus menunggu selama 3 bulan dulu untuk bisa mendapatkanya. karena memang sertifikatnya dibuat di bandung jadi membutuhkan waktu.

Tidak hanya itu, saya dikasih uang saku juga yang nominalnya sebesar 6 digit. lumayanlah untuk modal membuka usaha desain percetakan sendiri. nah itulah pengalaman mengikuti pelatihan kerja di disnaker kota Cirebon

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel