-->

Laporan hasil wawancara observasi budidaya buah naga

Fruit, Fruits, Dragon Fruits, Dragon

I.Latar Belakang
Buah naga merupakan salah satu buah yang ukuran nya besar layaknya seperti pepaya dan semangka. buah naga mempunyai warna yang merah dan rasanya manis jika sudah matang. banyak orang yang mengatakan buah naga karena memang buah tersebut memiliki bentuk seperti naga dengan adanya beberapa lembar helai dari kulit buah yang menyerupai bentuk sayap naga. buah naga bisa dibuat beraneka macam jenis minuman serta makanan seperti jus, es krim, keripik dan selai. banyak orang yang belum mengetahui bahwa buah naga memiliki banyak manfaat yang terkandung didalam nya. memang buah naga masih terlalu jarang berada di pasaran dan belum banyak orang mengetahui rasanya. manfaat dari buah naga ini diantaranya ialah menjaga stamina tubuh, melancarkan  pencernaan, dan untuk yang sedang dalam program diet bisa untuk menurunkan berat badan. belum lagi harga buah naga ini tidak berbeda jauh dari harga buah seperti pisang dan pepaya. jadi bagi kalian yang belum mencoba rasanya alangkah baiknya membeli buah naga ini. dikarenakan rasa buah ini sangat enak dan manis. terlebih lagi dibuat jus dingin maka akan terasa lebih segar sekali.

II. Maksud dan Tujuan
1.Memenuhi tugas bahasa Indonesia
2.Melatih kerja sama antar kelompok
3.Mengetahui cara menanam dan budidaya buah naga
4.Melatih siswa untuk dapat memperoleh informasi dari narasumber
5.Menambah pengetahuan siswa seputar budidaya buah naga

III.Waktu dan Tempat
Tanggal 21 Oktober 2019
waktu pukul 12.53 WIB
Tempat : Perkebunan Buah naga pak Adi Susilo

IV.Anggota Wawancara
Narasumber : Pak Usnan Prayoga
Ketua: Gilang darmaga
Sekretaris : Lolita ismayanti
Juru Foto: Iksan Juliansyah
Juru Video : Sofian Abdul Rozak
Juru Rekam : Aprilia hanna pramesti

V.Percakapan Wawancara
Pewawancara : Permisi pak saya dari Sekolag SMA Negeri 4 ingin mewawancara bapak seputar budidaya buah naga. apakah saya boleh meminta waktu nya sebentar?
Narasumber : Oh boleh. silahkan
Pewawancara : Pak Sudah berapa lama bapak melakukan budidaya buah naga ini?
Narasumber : sudah hampir 4 tahun nak
Pewawancara : Bapak melakukan ini semua seorang diri?
Narasumber : tidak, bapak punya karyawan untuk mengurus kebun buah naga ini. ada 5 karyawan dengan fungsi dan tugas masing-masing. ada yang melakukan penanaman benih, ada juga yang bagian merawat, memberi pupuk, menyiram dan memanen hasil buah nya.
Pewawancara : Bapak biasanya hasil panen buah naga ini untuk apa?
Narasumber : Biasanya untuk dijual lagi. buat sendiri juga dan dibuat olahan seperti keripik dan berbagai macam makanan yang lain. jadi bapak tidak hanya menjual buahnya saja.
Pewawancara : kira-kira berapa harga buah naga ini per satu kilogram nya pak?
Narasumber : biasanya sekitar
Pewawancara : pak boleh tau ga bagaimana sih cara budidaya buah naga ini? tolong berikan penjelasan singkat saja.
Narasumber : Budidaya buah naga ini tidak terlalu sulit pertama yang harus dipikirkan yaitu menyiapkan lahan atau bisa juga menggunakan pot. akan tetapi jika didalam pot nanti pasti akan dipindahkan juga ke dalam tanah karena nanti ukuran batang dan daun buah naga akan bertambah besar seiring bertumbuhnya tanaman. jadi lebih baik di tanam di tanah langsung saja. kedua yang harus diperhatikan ialah memilih bibit yang bagus. adek bisa beli di toko perlengkapan tumbuhan disana akan banyak dijajakan benih-benih buah. bilang saja benih buah naga. pilih bibit yang berwarna hijau keabuan itu adalah bibit yang bagus. ketiga perhatikan lahan yang ingin ditanam. usahain jangan ada tumbuhan yang menggangu. dan jangan lupa juga kondisi tanahnya yang subur agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. keempat jika tanaman sudah mulai tumbuh membesar diperlukan tiang penopah yang fungsinya sebagai penegak daun agar tanaman berdiri tegak. setelah tanaman tumbuh besar rawatlah dengan menyiram dan memberikan pupuk yang teratur hingga buah masak. begitu caranya
Pewawancara : Wah lumayan mudah ya pak tidak beda jauh dari menanam buah yang lain nya. dalam satu kali panen bapak bisa menghasilkan berapa buah naga pak dalam satu perkebunan ini?
Narasumber: kira-kira sekitar 20 hingga 30 buah nak. kadang kalau lagi ga subuh hanya bisa dapat 15 buah saja. tergantung musimnya juga sih soalnya.
Pewawancara : oh begitu. terimakasih ya pak atas wawancara nya semoga sukses selalu usaha budidaya buah naga nya.
Narasumber : iya sama-sama nak

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel