-->

Cara menghitung persen pada sebagian jumlah benda di kehidupan sehari-hari


Percent, Discount, Reduction, Decreasing

Dalam perhitungan matematika pastinya suatu saat kita butuh mengubah-ubah bentuk bilangan. ada tiga macam bilangan yaitu ada persen,desimal dan pecahan. dari macam-macam bilangan tersebut juga kita dapat mengubahnya dari bilangan satu ke bilangan yang lain nya dengan mudah. hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar memudahkan kita dalam melakukan perhitungan. misalnya dalam suatu pekerjaan, kita disuruh untuk menghitung sejumlah kursi dalam ruangan dan dari hasil tersebut harus diminta dalam bentuk persen maka haruslah mengubahnya sesuai permintaan yaitu persen. jadi itu semua di perlukan sesuai kebutuhan apa yang diminta dalam kehidupan sehari-hari.

Mengubah bentuk bilangan tidaklah terlalu sulit karena ini merupakan pelajaran dasar matematika yang sering ada pada pelajaran anak sekolah SD. jadi bagi kamu yang lupa atau belum memahami sama sekali tentang cara mengubahnya bisa mengikuti caranya dengan perlahan-lahan hingga bisa mengubah sendiri dengan lancar. saya akan menjelaskan dalam bentuk soal cerita agar dapat dipahami dan diterapkan oleh semua orang termasuk orang yang bekerja dibagian itung-itungan.

CARA MENGUBAH BENTUK BILANGAN MENJADI PERSEN 

Contoh soal 1

Pak Budi sedang mengitung jumlah balon yang telah ditiupnya dan ternyata berjumlah 45 dari 150 balon yang harus ia tiup. berapa persen jumlah balon yang telah di tiup pak Budi?

Jawaban : dalam menghitung bilangan persen. pertama-tama kita harus mengetahui bahwa jumlah 100% adalah total dari keseluruhan jumlah bilangan. yang berarti 150 adalah jumlah keseluruhan dari balon yang pak budi harus tiup. jadi untuk menghitung berapa persen jumlah balon pak budi yang sudah ia tiup adalah sebagai berikut.
(Jumlah sebagian/jumlah keseluruhan) X 100% =  45/150 X 100% = 4500/150 = 30%

Jadi jumlah balon yang sudah ditiup pak Budi adalah 30% dan yang masih belum ditiup 70%

Contoh soal 2

Bu Rika sedang memasang harga di toko baju nya yang baru saja ia buka. pada setiap bajunya beliau menjualnya dengan harga 70 ribu. setelah beberapa hari ada kenaikan harga dari toko baju bu rika karena bahan-bahan kainya mengalami kenaikan. seluruh bajunya mengalami kenaikan sebesar 20% dari harga normal. berapa harga baju ibu rika sekarang?

Jawaban : kenaikan harga baju bu Rika 70.000 + 20% untuk soal semacam ini di tetapkan rumus (Harga baju normal) X 20%. tinggal masukan sesuai rumus yang tadi 70.000 X 20% atau mau diubah dulu persen nya ke pecahan biasa agar lebih jelas 70.000 X 20/100 = 14.000.

Jadi kenaikan harga baju bu Rika adalah 14.000 yang berarti harga baju bu Rika saat udah naik menjadi 70.000 + 14.000 = 84.000

Contoh soal 3

Andi sedang mengisi kotak yang berisi sabun. pada saat mengisi kotak tersebut andi disuruh ibunya beli cabe di warung dan meminta adiknya Sesil untuk melanjutkan mengisi kotak sabun tersebut. kotak tersebut sudah terisi sabun sebanyak 60% dari jumlah keseluruhan sabun yang harus ia isi sebesar 230 sabun. berapa lagi jumlah sabun yang harus ia isi ke dalam kotak tersebut?

Jawaban : sebelum memulai untuk menghitung jumlah sabun yang harus di isi pertama-tama kita harus menghitung jumlah sabun yang sudah di isi. jumlah seluruh sabun 230 dan baru di isi sebesar 60%  maka dapat dihitung seperti ini. 230 X 60% = 230 X 60/100 = 138 Jumlah sabun yang telah di isi.
Jumlah sabun seluruhnya - Jumlah sabun yang telah di isi : 230 - 138 = 92
Jadi jumlah sabun yang harus Sesil isi adalah sebanyak 92 sabun lagi

Jadi itulah variasi soal cara mengubah bilangan menjadi persen dan sebaliknya. semoga bisa bermanfaat buat kalian yang sedang ujian sekolah atau yang sedang bekerja dan lagi ditugaskan oleh bos dalam masalah itung-itungan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel