-->

5 Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui lengkap Terbaru

Solar Power, Sun, Barn, Power, Energy

Sebagai warga Indonesia yang kaya akan sumber daya alam hewan dan tumbuhan. sudah sepantasnya harus kita rawat dan jaga agar tidak mengalami kelangkaan apalagi sampai mengalami kepunahan. dengan menjaga semua sumber daya alam tersebut berarti kita sudah membantu membuat negara Indonesia menjad lebih baik lagi.dikarenakan pada saat ini sumber daya alam seperti bahan bakar bensin dan juga minyak tanah sudah terpakai lumayan sangat banyak dan hampir mengalami kelangkaan.oleh sebab itu kita tidak boleh membuang sia-sia sumber daya yang tinggal tersisa sedikit tersebut.

Pada dasarnya sumber daya alam terbagi menjadi dua yaitu ada sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan ada yang tidak dapat diperbaharui. apa saja sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui itu? simak penjelasanya dibawah ini. 

5 CONTOH SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBARUI

Sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu adalah sumber daya apabila kita gunakan secara terus menerus tidak akan habis karena dapat kita hasilkan lagi. jadi keberadaan nya dapat kita gunakan secara terus menerus asal kita bisa mengolahnya sehingga dapat menghasilkan yang baru lagi. berikut adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui.

1.HEWAN
Cock, Farm, Village, Chicken, Polygamy
Jenis sumber daya alam hewan adalah sumber daya yang sangat mudah diperbarui. karena hewan merupakan binatang yang dapat menghasilkan individu kembali yang sama persis dengan apa yang sudah diggunakan sebelumnya. cara melestarikanya yaitu adalah misalnya dengan berternak ayam. memberi makan ayam setiap hari lalu mengawinkanya agar ayam tersebut bisa bertelur dan menghasilkan anak ayam yang bisa kita konsumsi kembali. dengan begitu populasi ayam tidak akan pernah habis. karena kita bisa memperbaruinya kembali.

Memiliki sumber daya alam hewan juga bisa mendapatkan keuntungan bagi para peternak. selain bisa mengkonsumsinya kita juga bisa jadikan mata pencaharian. carilah hewan yang paling mudah dibudidayakan contohnya ayam. siapa tahu anda bisa menjadi pengusaha ayam sukses dengan cara memanfaatkan sumber daya hewani ini.

2.TUMBUHAN

Oregano, Spice, Aromatic Herbs 

Tumbuhan merupakan sumber daya nabati yang bisa diperbarui sekaligus bisa dijadikan berbagai macam manfaat. bukan hanya untuk dikonsumsi saja melainkan untuk pengobatan herbal atau membuat kerajinan seperti kumis kucing untuk mengobati menurunkan tekanan darah dan daun kelapa sebagai kerajinan membuat ketupat. dengan menjaga dan melestarikan tumbuhan tentu hasil yang akan didapatkan menjadi lebih bagus dan baik. selain bisa memberikan manfaat pada diri sendiri. hasil panen bisa untuk dijual. cukup anda membeli benih di toko tanaman dan pilih jenis tanaman yang banyak dicari orang. dengan begitu usaha memenfaatkan sumber daya nabati untuk usaha bisa membuahkan hasil yang maksimal

Berbagai manfaat lain dari melestarikan sumber daya nabati yaitu bisa melindungi kita menahan serangan banjir, membantu menyerap air ketika hujan agar tidak terjadi tanah longsor, dan yang paling penting dalam kehidupan manusia yaitu menghasilkan gas O2 agar udara di bumi ini menjadi lebih nyaman dan asri. marilah mulai bercocok tanam dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

3.AIR

Drops Of Water, Water, Liquid, Fresh 

Air merupakan sumber daya alam yang tidak dapat habis dan masih bisa gunakan lagi. selain sebagai sumber daya alam yang tidak dapat habis. air juga menjadi sumber kehidupan manusia karena tanpa air manusia tidak akan bisa hidup. menjaga keleastarian air sangatlah penting sekali agar kita bisa mengkonsumsi nya dan dapat diggunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti mandi, cuci piring, cuci baju dan yang lainnya. untuk dapat menjaga kelestarian sumber daya air bisa dilakukan dengan berbagai cara. yaitu bisa dengan melakukan penghematan, membuang sampah pada tempatnya, menjaga lingkungan dari pencemaran dan masih banyak lagi. selain itu juga air bisa kita manfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik. contoh nya pada daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh PLN maka bisa menggunakan pembangkit listrik tenaga air ini agar bisa mendapatkan aliran listrik ke daerahmu.

4.UDARA

white feather in close up photography 

Udara adalah salah satu unsur pendukung kehidupan manusia. tanpa udara manusia tidak dapat hidup. udara merupakan sumber daya alam yang akan tersedia terus dan tidak bakal habis. ada banyak sekali manfaat yang di dapat  dari udara diantaranya bisa untuk mengeringkan pakaian, membantu nelayan mendorong kapal, menerbangkan layang-layang dan bisa juga sebagai pembangkit listrik tenaga udara. pada kandungan udara juga terdapat macam-macam unsur gas seperti CO2 dan O2 yang berguna untuk pernapasan makhluk hidup seperti manusia dan tumbuhan. apabila udara memang sumber daya yang tidak dapat diperbarui mungkin kehidupan di bumi akan lenyap secara perlahan.

5.CAHAYA MATAHARI

Nature, Forest, Sun, Moss, Rays, Green 

Cahaya matahari adalah sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak akan pernah habis. adanya matahari memberikan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. seperti membantu nelayan mengeringkan ikan asin, membantu proses fotosintesis, membantu mengeringkan pakaian sampai dapat mengisi energi untuk pembangkit listrik. jika tidak ada cahaya matahari bumi kita akan mengalami kegelapan yang sangat panjang. dan suhu udara perlahan-lahan akan turun menjadi dingin. benar-benar sangat mengerikan. oleh karena itu bersyukurlah karena kita telah diberikan kebutuhan yang cukup dan layak untuk dapat hidup di dunia ini.

Itulah beberapa contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi seputar sumber daya alam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel