-->

Car Free Day adalah, Pengertian Car Free Day dan macam-macam Car Free Day lengkap

Jogging, Run, Sport, Jog, Sporty, Race

Pernahkah kalian melihat lalu lintas bersih tanpa kendaraan dan yang terlihat hanya sekumpulan orang pejalan kaki? kalau kamu melihat peristiwa ini maka di kota kamu sedang merayakan Hari bebas kendaraan bermotor atau bahasa keren nya yaitu Car Free Day. Pada hari bebas kendaraan bermotor maka masyarakat tidak boleh menggunakan kendaraan mobil motor ataupun alat transportasi lainnya dan yang diperbolehkan yaitu hanya berjalan kaki. tujuan dari car free day ini adalah untuk menghilangkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. biasanya acara car free day ini dilaksanakan pada daerah tertentu aja disuatu kota serta dilaksanakan pada weekend terutama hari minggu dan juga biasanya ada jam-jam tertentu dimana car free day itu berlaku.

Semua masyarakat diperbolehkan keluar tanpa kendaraan selama waktu yang telah ditentukan. acara car free day ini juga sangat bermanfaat karena membuat orang-orang yang jarang berolahraga pasti akan terjun juga keluar untuk berjalan kaki. dengan begitu akan membuat tubuh menjadi sehat. selain itu keadaan kota akan terbebas dari asap kendaraan dan juga menghilangkan suara bising dari kendaraan tersebut. selain itu acara ini juga biasanya dimeriahkan bersama anggota marching band agar suasana menjadi lebih terasa segar. dalam acara ini juga akan diadakan jalan santai bersama-sama yang akan dipandu oleh aktivis bidang lingkungan dan transportasi.

Akan tetapi tenang saja bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan panjang ada transportasi umum yang bisa mengantar ke tempat tujuan. jadi tidak usah khawatir semua kendaraan akan tidak ada, karena masih ada transportasi umum yang diperuntukan bagi yang ingin pergi jarak jauh. acara car free day biasanya diadakan pada pukul 8 pagi hingga 14 siang, tetapi itu tergantung daerahnya. di Indonesia sudah banyak yang menggelar acara car free day ini yaitu jakarta,bandung,surabaya,banten,tangerang,bogor dan masih banyak lagi.

Hal ini juga bisa membuat masyarakat sadar bahwa jika ingin berpergian namun jaraknya tidak seberapa maka akan terbiasa berjalan kaki dibandingkan harus membawa motor yang akan menguras bensin. dengan begini juga akan menghemat bahan bakar bensin serta terhindarnya dari kelangkaan. banyak yang sudah mendukung dan menyukai acara ini dimulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua karena selain dapat berolahraga mereka juga bisa merasakan kebersamaan nya dapat mengobrol secara panjang lebar ketika berjalan kaki.

Bagaimana? apakah anda tetarik untuk mengikutinya? jika ya coba kamu cari informasi disekitar kotamu di sekitar jalan manakah yang akan diselenggarakan car free day. atau jika memang belum ada acara ini kamu bisa pergi ke kota lain untuk mengikuti acara jalan kaki bersama ini.  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel