-->

Contoh makalah tentang penghijauan hutan alam dan lingkungan sekolah

BAB I

PENDAHULUAN


Environmental Protection

Latar belakang

Kita masih banyak melihat orang sering sekali menebang hutan tanpa izin dan tanpa rasa bersalah mereka menebang semua pohon tanpa ada satupun yang tersisa. kejadian seperti ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan bumi menjadi lebih panas dan gersang. pada media televisi yang sering kita lihat dampak dari penebangan hutan liar sangat banyak sekali terutama pada hewan yang tinggal di hutan tersebut. akibat hutan rusak karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. para binatang jadi lebih liar dan masuk ke dalam pemukiman warga. mereka mencari makanan minuman serta tempat tinggal. hal ini tentunya bisa membahayakan keselamatan warga. selain dampak dari hewan yang memasuki pemukiman warga. bencana banjir juga bisa menyerang wilayah disekitarnya. akibat  dari hutan yang gundul membuat air tidak ada yang menyerap yang akhirnya mengakibatkan banjir. oleh karena itu penghijauan haruslah segera dilakukan untuk mengatasi segala permasalahan ini.

Rumusan Masalah
  1. Apa itu penghijauan
  2. Bagaimana cara melakukan penghijauan
  3. Apa manfaat dari penghijauan
Manfaat Penelitian
  1. Mengetahui Manfaat penghijauan
  2. Mengetahui bagaimana cara melakukan penghijauan
  3. Mengetahui manfaat dari penghijauan
Tujuan Penelitian
  1. Membuat udara menjadi sejuk 
  2. Membuat hutan menjadi asri kembali
  3. Mencegah terjadinya bencana banjir
BAB II

PEMBAHASAN


Pengertian penghijauan
Penghijauan merupakan penanaman kembali hutan yang gundul disebabkan oleh penebangan liar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Penghijauan merupakan suatu hal yang harus dilakukan dikala keadaan lingkungan sedang gersang dan panas. oleh karena itu perlu ditanam berbagai jenis pepohonan agar suasana lingkungan menjadi asri dan sejuk. selain itu, melakukan penghijauan juga bisa meningkatkan kadar oksigen pada daerah tersebut yang membuat wilayah tersebut menjadi nyaman.

Cara melakukan penghijauan yaitu dengan menanamkan kembali tanaman yang sudah rusak atau ditebang. atau bisa juga menanam sejuta pohon untuk dapat mengembalikan kembali keadaan hutan yang sudah gersang dan panas. manfaat yang didapat sangatlah banyak sekali. selain mencegah banjir dan mengurangi panas penghijauan bisa untuk mengurangi hujan asam dan melindungi satwa hutan yang tadinya kehilangan tempat tinggal bisa kembali menempati hutan lamanya yang telah rusak. penghijauan tidak hanya dilakukan pada lingkungan sekolah dan rumah saja, akan tetapi bisa disemua tempat misalnya di lingkungan masyarakat seperti taman,jalan raya maupun daerah yang gersang

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan
Penghijauan merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan lingkungan dari keadaan gersang dan panas. selain itu bisa memperbanyak gas oksigen bagi sekitaran kota yang padat karena polusi udara. melakukan penghijauan adalah salah satu yang tepat dilakukan karena dengan begitu bisa mengurangi polusi udara dan membuat lingkungan menjadi lebih segar dan pernapasan tidak terganggu. penghijauan seringkali menjadi penyelamat para makhluk hidup seperti manusia dan hewan. tanpa adanya tumbuhan, hewan dan manusia tidak akan mendapatkan oksigen dan bisa mengurangi kandungan oksigen di bumi hal ini dapat membahayakan bagi kelangsungan hidup hewan dan manusia.

Saran
Sebaiknya tempat atau wilayah yang masih memiliki cuaca yang panas dan gersang sebaiknya dilakukan langkah penghijauan karena dengan begitu akan membuat suasana menjadi hidup. dengan adanya tanaman serta pepohonan membuat kita juga bisa lebih menikmati pemandangan disekitar area tersebut. ini membuktikan bahwa penghijauan itu sangat penting untuk kehidupan makhluk di bumi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel