-->

Cara memasang MCB Pengganti sekring di rumah Terbaru

Mcb, Electrical, Switch, Electrician


Apakah di rumah anda menggunakan listrik? pastinya dong. listrik merupakan sebuah kebutuhan rumah tangga yang wajib dipenuhi. tanpa adanya listrik penggunaan barang elektronik tidak dapat diggunakan termasuk menggunakan lampu untuk menerangi seisi rumah. oleh karena itu jika anda ingin menggunakan atau mengganti komponen yang berhubungan dengan listrik di rumah. terlebih dahulu anda harus mengetahui apa fungsi dari komponen listrik itu sendiri. dengan begitu anda tidak salah langkah dalam mengambil sebuah keputusan. apalagi tanpa adanya perbekalan ilmu pengetahuan yang cukup bisa-bisa terjadi hal yang tidak diinginkan dirumah seperti terjadinya konsleting listrik yang akan menyebabkan kebarakan. tentunya hal tersebut jangan sampai terjadi. akan tetapi tenang saja, jika kita teliti dan mengikuti seluruh step by step nya pasti akan berjalan dengan lancar.

Pernahkah kalian melihat benda seperti di atas di setiap rumah? benda itu merupakan MCB atau Miniatur Circuit Breaker yaitu sebuah perangkat elektromekanikal yang berfungsi sebagai pelindung rangkaian listrik dari arus yang berlebihan. fungsi dari MCB ini sangatlah penting sekali karena jika setiap kali ada arus yang kelebihan beban yang terdeteksi oleh MCB maka MCB akan langsung memutus arus listrik dengan otomatis. Jenis-jenis arus yang ada pada tiap MCB sangat bermacam-macam. jadi sebelum membeli MCB anda harus mengetahui dulu berapa besar arus listrik yang ada di rumah yang nantinya akan disesuaikan dengan beban arus yang ada di MCB. dan juga pastikan ketika membeli MCB harus memilih merk dengan kualitas yang bagus. karena di toko elektronik banyak yang menjual MCB dengan kualitas kurang bagus yang bisa mempengaruhi kinerja arus listrik di kemudian hari.

Memang memilih jenis merk MCB yang sangat bagus membutuhkan biaya yang lumayan mahal dibanding membeli MCB yang biasa. yaitu berkisar antara 70 hingga 120 ribu. akan tetapi fungsinya akan lebih bagus yaitu bisa bertahan hingga bertahun tahun (jangka panjang) dari pada membeli yang biasa tetapi setelah beberapa hari terjadi kerusakan dan harus membeli yang baru sangat merepotkan sekali.

JENIS - JENIS MCB

  • MCB TIPE B

Digunakan pada isntalasi listrik rumah atau di industri ringan. akan trip jika arus beban yang dimiliki lebih besar 3 hingga 5 kali dari arus maksimum yang tertera pada MCB.

  • MCB TIPE C
MCB dengan tipe C biasanya diggunakan pada industri yang membutuhkan arus listrik yang tinggi seperti pada lampu penerangan gedung dan motor-motor kecil. akan trip jika arus yang dibebankan melebihi 5 hingga 10 kali lipat dari arus maksimum yang tertulis pada MCB
  • MCB TIPE D
MCB tipe ini biasanya diggunakan pada arus listrik yang sangat tinggi seperti sinar X, Mesin Las , motor - motor besar dan mesin mesin produksi industri yang membutuhkan listrik bertegangan tinggi. akan tip jika arus yang dikeluarkan 10 hingga 25 kali dari arus maksimum yang tertera pada MCB.

CARA MEMASANG MCB SENDIRI DI RUMAH

Pertama ada hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu :
  • MCB
  • TANG
  • Kotak MCB
  • Kabel 3 warna coklat, Kuning hijau, dan biru
Ketahui dulu fungsi dari setiap kabel

WARNA BIRU = NETRAL
WARNA COKLAT/HITAM = FASA
WARNA KUNING HIJAU = GROUND


Pertama disini saya akan melakukan grounding yaitu membuat kabel ground atau kabel yang berwarna hijau biru dipasangkan pada terminal. sebelum memasukan ke terminal pastikan kabel telah di kupas dari kulitnya. terminal berada pada kotak MCB yang ada bagian sekrupnya. cara memasangkanya buka terlebih dahulu sekrupnya sedikit lalu masukan kabel  nya lalu diakhiri dengan mengencangkan kembali sekrupnya. contohnya seperti gambar dibawah ini..


Setelah itu pada kabel netral atau kabel biru dililitkan saja dengan kabel biru atas dan bawah. agar lebih kencang usahakan gunakan tiga lilitan. setelah dililitkan jangan lupa bekas lilitan gunakan lakban hitam agar tidak bersentuhan dengan kabel lain dan terhindar dari konsleting. contohnya seperti gambar dibawah ini.

Lilitkan dengan 3 lilitan agar kuat


Lakban bekas lilitan agar aman

Dan yang terakhir pasang kabel fasa dengan cara menghubungkan nya ke MCB. pastikan pemasangan MCB tidak salah. jika saklar nya ke bawah untuk memutus aliran dan yang atas untuk mengalirkan aliran. pasangkan setiap ujung kabel fasa ke MCB. kupas minimal 2 cm agar bisa masuk. agar bisa kuat pemasanganya kamu bisa bengkokan seperti pegangan payung seperti gambar dibawah ini.

bentuk seperti gagang payung agar kencang

Masukan kabel fasa ke MCB

Seperti biasa kendorkan dulu sekrup nya lalu jika sudah masuk kencangkan lagi sekrupnya. dan coba di tes terlebih dahulu apakah pemasangan nya sudah kuat apa belum.
Dan hasilnya akan seperti dibawah ini. anda tinggal memasang tutupnya agar terhindar dari debu atau jangkauan anak-anak.


Itulah acara memasang MCB semoga bermanfaat. perlu anda tahu arus MCB ada banyak sekali macam nya. biasanya arus yang sering dijual di toko elektronik ada 13 macam yaitu : 6A 10A 13A 16A 20A 25A 32A 40A 50A 63A 80A 100A 125A akan tetapi kebanyakan orang jarang menggunakan lebih dari 32A karena biasanya  mereka membeli hanya untuk kebutuhan rumah saja. dan untuk merk MCB yang bagus yaitu bernama SCHNEIDER yang sering banyak dibeli oleh orang-orang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel