-->

Cara memasang booster TV penguat sinyal dirumah tanpa ribet terbaru


TV merupakan barang elektronik yang hampir dimiliki oleh semua orang. televisi saat ini sudah menjadi kebutuhan utama karena dengan televisilah biasanya keluarga berkumpul untuk menyantap makanan sambil bercakap-cakap. tapi pernahkah kamu mengalami masalah dengan tv anda dirumah? permasalahan mengenai televisi pasti saja banyak dialami oleh semua orang terutama yaitu hilangnya channel atau karena siaran televisi yang brecek, terlebih lagi channel tersebut sering dilihat oleh kita tiap hari dirumah. dengan begini kamu akan merasa terganggun karena tidak bisa menonton dengan nyaman.

Namun sebenarnya permasalahan ini akan cepat teratasi jika kita mempunyai keahlian dalam bidang elektronik. tetapi jika tidak, mau tidak mau kita harus memanggil teknisi yang harus membenarkanya. tapi tunggu dulu sebelum memperbaiki nya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab yang membuat televisi anda menjadi bermasalah terutama pada channel tv yang brecek.

Ada banyak faktor kemungkinan yang dapat menyebabkan tv anda brecek salah satu utamanya ialah karena kurang nya sinyal yang diterima oleh antena tv anda. hal ini dikarenakan mungkin kamu berada pada daerah jauh dari sinyal seperti di pedesaan atau terhalang oleh banyak gedung atau bukit yang menyebabkan sinyal sulit masuk atau tertangkap antena tv. hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi ini bisa dilakukan dengan memasang booster tv.

Booster Tv merupakan alat penguat sinyal untuk menguatkan pancaran sinyal agar dapat tertangkap oleh antena tv. booster tv ini sangat bagus jika dipakai dalam keadaan susah sinyal karena akan memperbaiki kualitas siaran channel tv menjadi lebih baik. biasanya booster tv diggunakan pada sinyal anterna outdoor.

KOMPONEN PADA BOOSTER

Pada umumnya booster terdiri dari dua bagian yaitu bagian booster atas dan booster bawah didalamnya terdapat trafo kecil yang berfungsi sebagai power supply dan dapat dicolok ke arus listrik. booster memiliki dua terminal input dari antena. pertama untuk antena VHF dan yang kedua untuk antena UHF

Saat ini pemancar tv rata-rata menggunakan sinyal UHF. jadi kita hanya menggunakan terminal untuk UHF saja sebagai input antena dan untuk output bagian booster nya disambungkan dengan kabel antena ke arah catu daya booster (booster bawah) sambungkan pada terminal dicatu daya booster yang terdapat tulisan to booster. pada catu daya mempunyai dua terminal to booster yang disambungkan ke bagian booster dan to tv yang disambungkan ke tv. usahakan panjang kabel antena nya dari catu daya ke tv jangan terlalu panjang.

Kalau serasa sinyal yang diterima tv sudah bagus, maka bagian booster bisa dipasang di dalam rumah karena jika ditaruh diluar dikhawatirkan terkena hujan dan bisa mengakibatkan kerusakan. akan tetapi jika sinyalnya masih jelek bagian booster dipasang sekitar 1-1,5 meter dibawah antena outdoor.

Jika anda ingin membuat paralel antena, paralel bisa diambil dari terminal to tv di bagian catu daya booster. jika tv yang ingin diparalelkan antena jaraknya lumayan jauh dan pada akhirnya sinyal yang diterima kurang bagus, paralel bisa diambil dari terminal to booster pada catu daya dengan memasang kondensor keramik yang nilainya sama dengan yang terdapat didalam catu daya pada ujung kabel antena sebelum masuk ke tv. cara pemasangan kondensor sangatlah mudah yaitu seperti pada terminal to tv pada catu daya booster.

BERIKUT GAMBAR DIAGRAM ANTENA BOOSTER DAN TV


Keterangan:
A=Sambungan ke driver antena
B=Terminal ke antena UHF
C=Terminal ke antena VHF
D=Terminal catu daya ke booster
E=Terminal dari catu daya ke Tv
F=Tempat kabel tembaga
G=Tempat kabel serabut
H=Penghubung ke arus listrik

Begitulah cara memasang booster antena semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang kebingungan memasang booster dirumah. tutorial ini bisa dijadikan referensi untuk memasang nya. akan tetapi perlu diketahui bahwa pemasangan booster tidak selalu menjadikan gambar bening. karena ada juga yang menghasilkan gambar jelek ataupun tidak berpengaruh sama sekali. booster tv sebenarnya tidak perlu dipasang di dekat antena. karena kamu cukup hanya menyimpanya didalam rumah dekat tv anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel