-->

Cara supaya artikel blog muncul di halaman pencarian google

Sebagai seorang blogger kita pasti ingin artikel nya dapat dilihat dan dibaca oleh orang lain.  jika ada yang membaca apalagi sampai mengomentari hasil karya tulis kita sendiri pastinya akan ada rasa kebanggaan pada diri sendiri yang berarti bahwa tulisan kita menarik atau sangat dibutuhkan oleh orang lain. akan tetapi kebanyakan para pengguna blogger tidak mengetahui bagaimana caranya agar blog nya dapat dilihat dan dibaca oleh banyak orang. tentunya hal ini pastinya akan menurunkan semangat menulis dan yang paling tragisnya penulis akan berhenti memposting dikarenakan sama sekali tidak ada yang membaca.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar artikel kita dapat dilihat dan dibaca oleh orang lain. diantaranya yaitu dengan men-sharenya keberbagai media sosial  seperti facebook,instagram, pinterest atau ke berbagai platform yang ramai. pastinya artikal kita akan banyak yang membaca. akan tetapi dengan cara seperti ini akan memakan banyak waktu dan seiringnya berjalanya waktu pasti artikel kita akan tertimbun dan akhirnya tidak bisa dilihat oleh orang lain lagi. satu-satunya cara agar artikel kita dapat dilihat oleh orang terus-menerus tanpa batasan waktu adalah dengan mendaftarkanya ke situs mesin pencari. situs mesin pencari merupakan sebuah situs yang memudahkan orang untuk mencari artikel yang mereka inginkan. tentunya situs mesin pencari ini pasti selalu ramai dong. yaiyalah sekarang kan zamanya modern jika ada yang tidak tahu bisa mencarinya di situs mesin pencari.

Ada banyak sekali situs mesin pencari yaitu ada Google,Bing,yahoo,Duckduck,baidu dan masih banyak lagi. dari semua situs mesin pencari yang paling ramai dan banyak peminatnya yaitu adalah Google. bagaimana tidak, google bukan hanya sebuah situs mesin pencari melainkan banyak produk-produk google yang lainnya seperti Google mail,Google Play store,Google books,Google Foto dan lain-lain. dengan begitu bukanlah hal yang tidak mungkin banyak orang lebih memilih google. nah pertanyaan nya yaitu bagaimana cara mendaftaarkan situs atau blog kita agar bisa muncul dihalaman pencarian google? jangan khawatir disini saya akan menjelaskan bagaimana caranya agar situs kita muncul pada halaman pencarian google.

CARA AGAR SITUS BLOG MUNCUL DI HALAMAN PENCARIAN GOOGLE

Caranya terbilang mudah akan tetapi bagi yang belum mengetahuinya pastinya akan kesulitan. berikut langkah-langkahnya.
  • Pertama kunjungi situs google webmaster tool di pencarian google atau bisa langsung kunjungi link ini Google webmaster tool maka tampilanya akan seperti dibawah ini maka klik search console.
  • Setelah klik search console maka akan muncul tampilan google search console. apabila situs sudah terdaftar maka tinggal pilih situs atau nama blognya dan apabila situs yang ingin kita daftarkan di google belum ada maka harus add properti terlebih dahulu. harap diingat ya blog artikel yang kita ingin daftarkan di google harus sesuai denga url blognya ya.
  • Caranya memasukan situsnya tinggal isi aja contoh pengetahuanku79.blogspot.com. kalau mau diawali dengan https pilih yang sebelah kanan yang bacaanya awalan URL. bisa dilihat dibawah ini


  • Jika sudah maka url blog teman-teman sudah tertera dan tinggal memasukan url postingan yang mau didatarkan ke google. contoh seperti dibawah ini 
  • Setelah dimasukan klik enter maka tunggu
  • Setelah itu ada tulisan URL is not on Google maka klik request indexing seperti gambar dibawah ini. lalu tunggu lagi selama beberapa menit maka nanti ada tulisan request complete itu artinya artikel kamu sudah didaftarkan ke google dan akan segera tampil di halaman pencarian google.
  • Cara mengetahui postingan kita sudah muncul apa belum yaitu dengan memasukan url blog ke pencarian google seperti dibawah ini. jika belum muncul tunggu beberapa menit atau 1 sampai 2 hari terkadang google itu tidak tentu. kadang cepat dan kadang lama dalam pengindeksan

Itulah cara agar postingan artikel kita muncul di halaman pencarian google. dengan adanya situs kita yang terdaftar di google maka akan lebih banyak orang bisa melihat artikel kita. tetapi hal itu belum tentu juga artikel kita banyak yang melihat karena harus memerhatikan 2 hal yaitu penulisan kata kunci dan persaingan jenis artikel. jika artikel kamu kata kunci nya sulit atau tidak banyak diketik orang maka otomatis url blog kamu tidak akan muncul di pencarian. karena mesin pencari google akan menampilkan url kita sesuai dengan judul kata kunci yang di cari pengguna. jadi pastikan kamu memberikan judul yang mudah dicari orang

Yang kedua yaitu persaingan jenis artikel. jika artikel kamu sudah diatur dengan kata kunci sebagus mungkin dan seing banyak orang cari belum tentu artikel kamu muncul (mungkin muncul di halaman 2 atau 3 google dst) karena banyaknya persaingan web-web besar seperti liputan6 atau detik.com membuat blog kamu tidak sanggup berada dihalaman pertama google. jadi usahakan kamu membuat jenis artikel yang tingkat persaingan nya kecil tetapi banyak orang yang nyari supaya artikel kamu bisa berada pada halaman pertama google.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel