-->

Contoh teks pidato memperingati hari sumpah pemuda

CONTOH PIDATO 1 TENTANG HARI SUMPAH PEMUDA

International, Flag, Indonesia

Assaalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMAN 9 Cirebon
Kepada yang terhormat Wakil kepala sekolah SMAN 9 Cirebon

Yang terhormat seluruh Bapak dan Ibu guru beserta jajaran Staf Tata Usaha SMAN 9 Cirebon

Pertama-tama mari kita panjatkan Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas berkat limpah dan rahmatnya kita semua dapat berada disini mengikuti upacara bendera dalam keadaan sehat amin yarrobal allamin. sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW kepada para keluarganya,sahabatnya serta pengikutnya sampai akhir zaman termasuk kita semua.

Di pagi yang cerah ini saya akan menceritakan sebuah perjuangan yang dilakukan pemuda-pemudi Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaanya yang akhirnya terciptalah sumpah pemuda pada 28 oktober 1928. tentunya teman-teman sudah tau kan apa itu sumpah pemuda? sumpah pemuda adalah suatu janji para pemuda yang di ikrarkan untuk menyatukan tanah air dari beragam suku,ras dan budaya serta mempersatukan bahasa negara yaitu bahasa Indonesia. perjuangan para pemuda Indonesia sangatlah panjang sekali. dengan membentuk perhimpunan pelajar pelajar Indonesia atau yang disingkat PPPI seluruh pemuda Indonesia berkumpul untuk melakukan beberapa kali perumusan yang berakhir terbentuknya sumpah pemuda pada kongres pemuda II.

Tentunya dengan perjuangan yang sangat panjang itu membuktikan tidaklah mudah untuk meraih kemerdekaan. banyak sekali permasalahan yang harus segera diselesaikan demi terwujudnya tujuan para pemuda yaitu mempersatukan bangsa Indonesia dan memerdekakan negara Indonesia dari para penjajah. dengan tercapainya kemerdekaan Indonesia yang masih berlangsung sampai saat ini. para pemuda haruslah mempunyai pejuang yang sama seperti para pemuda-pemuda terdahulu. lantas apa yang harus diperjuangkan para pemuda saat ini setelah Indonesia merdeka? banyak berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mengisi hari sumpah pemuda ini yaitu dengan rajin belajar, mengikut upacara bendera, melakukan kerja bakti dan teruslah berkarya menghasilkan produk Indonesia yang bisa dipandang di mata dunia.

Sebagai bangsa Indonesia kita juga haruslah bangga terhadap negara ini. karena negara ini mempunyai banyak beragam cerita yang menarik pada masa penjajahan dan kita semua dapat mengambil pelajaran dari semua itu. jadi diharapkan teman-teman bisa menghargai jasa para pahlawan yang sudah melakukan banyak pengorbanan pada masa lalu dan selalu ingat akan pentingnya sebuah persatuan karena itulah awal terbukanya peluang Indonesia untuk dapat merdeka.

Mungkin itu saja pidato yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman sekalian. mohon maaf apabila ada kekurangan dan salah kata. saya akhiri  wabilahi taufik walhidayah. wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.


CONTOH PIDATO 2 TENTANG HARI SUMPAH PEMUDA

Heart, Love, Flag, National Flag

Assaalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMK Kemalang 
Kepada yang terhormat Wakil kepala sekolah SMK Kemalang

Yang terhormat seluruh Bapak dan Ibu guru beserta jajaran Staf Tata Usaha SMK Kemalang

Pertama-tama mari kita panjatkan Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas berkat limpah dan rahmatnya kita semua dapat berada disini mengikuti upacara bendera dalam keadaan sehat amin yarrobal allamin. sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW kepada para keluarganya,sahabatnya serta pengikutnya sampai akhir zaman termasuk kita semua.

Di pagi yang cerah ini saya akan menyampaikan arti pentingnya sumpah pemuda terhadap kemeredakaan Indonesia. sumpah pemuda memiliki arti yang sangat penting sekali bagi seluruh rakyat Indonesia terutama kepada para pemuda pada waktu itu. tujuanya adalah menyatukan bangsa dari berbagai daerah dan membangkitkan rasa nasionalisme pemuda untuk memerdekakan negara ini serta mengusir para penjajah. beberapa pertemuan sudah mereka lakukan dan tidak sehari saja akan tetapi beberapa hari mereka melakukan pertemuan. perjuangan mereka benar-benar sangat besar sekali dalam memerankan negara ini. mungkin jika para pemuda dan tokoh yang penting tersebut tidak ada. maka apa jadinya negara ini. mungkin saja masih berada dalam masa penjajahan pada saat ini.

Itulah arti penting yang harus kita semua pelajari dan teladani dihari sumpah pemuda ini. bukan berarti kita sudah merdeka tidak ada perjuangan lagi. namun perjuangan itu harus tetap ada. janganlah berpikir terlalu jauh karena hanya cukup rajin belajar saja kita sudah menyumbang semangat untuk bangsa ini. tumbuhkan dalam diri kita rasa semangat belajar. semangat berkarya dan semangat untuk menjadi pemuda yang berprestasi. dengan begitu kelak kita semua juga akan seperti mereka yaitu menjadi orang yang berjasa dengan menjadi tokoh penting yang memerankan negara Indonesia ini menjadi lebih maju lagi.

Itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat apa yang saya sampaikan tadi untuk teman-teman semua. kurang lebihnya mohon maaf. wabilahi taufik walhidayah. wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel