-->

Contoh pidato bertema hari pendidikan nasional

CONTOH PIDATO 1 TEMA HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Knowledge, Book, Library, Glasses


Assaalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMAN 9 Cirebon
Kepada yang terhormat Wakil kepala sekolah SMAN 9 Cirebon

Yang terhormat seluruh Bapak dan Ibu guru beserta jajaran Staf Tata Usaha SMAN 9 Cirebon

Pertama-tama mari kita panjatkan Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas berkat limpah dan rahmatnya kita semua dapat berada disini mengikuti upacara bendera dalam keadaan sehat amin yarrobal allamin. sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW kepada para keluarganya,sahabatnya serta pengikutnya sampai akhir zaman termasuk kita semua.

Di pagi yang cerah ini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu hari pendidikan nasional atau yang disingkat HARDIKNAS. hari pendidikan nasional adalah hari lahirnya tokoh terpenting yang mempelopori pendidikan di Indonesia pada masa penjahan Belanda yang bernama Ki Hajar Dewantara. dulu Ki Hajar Dewantara mendirikan lembaga pendidikan yang bernama taman siswa yang bertujuan untuk mencerdaskan rakyat Indonesia karena waktu itu sangat sedikit sekali rakyat Indonesia yang bisa mendapatkan pendidikan. sebagai bentuk usaha keras mendirikan sekolah tersebut diperingatilah hari pendidikan nasional pada tanggal 2 Mei.

Dengan diperingatinya hari pendidkan nasional ini diharapkan teman-teman disini harus selalu bersyukur karena sudah bisa mendapatkan pendidikan sejak dini. bayangkan orang-orang pada masa itu betapa susahnya mereka mendapatkan pendidikan karena pada saat itu Belanda tidak mengizinkan rakyat Indonesia untuk bersekolah. manfaatkan segala waktu yang dimiliki untuk terus belajar menimba ilmu yang sangat banyak agar bisa mengapai cita-cita yang diinginkan.

Sebagai bangsa Indonesia yang telah merdeka pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting karena dengan bermodal pendidikan kita bisa mengetahui berbagai ilmu yang ada dalam kehidupan ini seperti memasak, bekerja, pendidikan juga bisa merubah pola pikir kita,menumbuhkan sikap sopan santun tertib dan mengubah pandangan hidup menjadi lebih baik dari sebelumnya oleh sebab itu mengapa pendidikan harus ditanamkan sejak kecil.

Janganlah memandang bahwa pendidikan adalah hal yang sangat tidak penting karena membuang-buang duit saja tetapi pendidikan merupakan modal utama untuk dapat terjun bergaul ke dalam lingkungan masyarakat yang beradab. karena masih saja banyak orang tua yang berpikir semacam itu. apabila pandangan tersebut masih saja ada maka akan menyebabkan terkuburnya cita-cita yang mereka inginkan.

Untungnya saat ini Indonesia mempunyai banyak fasilitas pendidikan yang lumayan memadai dan ada biaya bantuan dari pemerintah sehingga kita bisa bersekolah dengan murah dan juga dapat meringankan biaya orang tua dan bagi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi carilah program beasiswa agar bisa terus melanjutkan pendidikan menggunakan beasiswa tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui mengapa pendidikan adalah hal yang sangat penting. berterimakasihlah kepada bapak pendidikan Indonesia yaitu bapak Ki Hajar Dewantara yang mendirikan sekolah pertama kali untuk rakyat Indonesia. tanpa adanya beliau apa jadinya keadaan rakyat pada masa lalu yang berjuang memerdekakan Indonesia tanpa adanya ilmu pengetahuan pasti akan sulit. kurang lebihnya mohon maaf. wabilahi taufik walhidayah. wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Itulah pidato singkat untuk memperingati hari pendidikan nasional semoga bisa dijadikan referensi untuk teman-teman yang ingin membuat pidato dengan tema pendidikan. jika ada yang mau dibuatkan pidato dengan tema yang lain bisa request kepada kami untuk dibuatkan pidato dengan tema apapun nanti akan kami buatkan dengan senang hati.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel