-->

Contoh pidato tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan


Bungalow, House, Door, Windows, Roof

CONTOH PIDATO 1 KEBERSIHAN LINGUNGAN SEKOLAH


Assaalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMAN 9 Cirebon
Kepada yang terhormat Wakil kepala sekolah SMAN 9 Cirebon
Yang terhormat seluruh Bapak dan Ibu guru beserta jajaran Staf Tata Usaha SMAN 9 Cirebon

Pertama-tama mari kita panjatkan Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas berkat limpah dan rahmatnya kita semua dapat berada disini mengikuti upacara bendera dalam keadaan sehat amin yarrobal allamin. sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW kepada para keluarganya,sahabatnya serta pengikutnya sampai akhir zaman termasuk kita semua.

Di pagi yang cerah ini saya akan menyampaikan perihal tentang pentingnya menjaga kebersihan. masih banyak siswa beserta penghuni sekolah belum mengerti akan pentingnya menjaga kebersihan sekolah. dimana-mana masih terdapat sampah bahkan di kamar mandi terdapat banyak bekas sampah makanan yang meyumbat saluran air. diperlukan kesadaran pada diri sendiri untuk bisa memperbaiki semua ini. kebersihan merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh semua orang. tidak hanya pada lingkungan rumah saja tetapi diberbagai tempat kita harus selalu menjaga kebersihan seperti di sekolah,tempat kerja dan dilingkungan masyarakat. karena dengan lingkungan yang bersih akan mendatangkan hidup sehat serta terbebas dari penyakit. apabila lingkungan yang kita huni kotor dan tidak pernah dibersihkan tidak hanya mendatangkan penyakit saja namun bisa mendatangkan musibah yang bisa merugikan semua orang seperti banjir.

Agar dapat terwujudnya lingkungan yang bersih maka tidak ada salahnya membuat jadwal atau daftar piket bergilir misalkan hari senin adalah para guru, hari selasa untuk para penjaga sekolah,dan rabunya  untuk para siswa. dengan begini semua mempunyai tanggung jawab masing-masing untuk menjaga kebersihan. tetapi tidak hanya itu saja yang diperlukan. harus ada kesadaran pada diri sendiri agar bisa mengerti betapa pentingnya menjaga kebersihan. biasakan dulu dari hal-hal yang kecil seperti membuang sampah ke tempat sampah. maka dengan begitu kita akan terbiasa juga menjaga kebersihan.

Apabila semua hal itu sudah ada pada diri kita maka insya allah semua lingkungan sekolah ini akan bersih dan tidak ada satupun sampah yang tergeletak dijalan. apabila masih ada anak yang membuang sampah sembarangan dimohon para teman-teman untuk selalu mengingatkanya karena ini semua demi kebersihan sekolah kita juga. jadi jangan ragu menegur teman yang masih membuang sampah sembarangan. oleh karena itu yuk mari kita budayakan membuang sampah pada tempatnya dan ajaklah teman-teman untuk senantiasa menjaga kebersihan agar kita semua dapat mempunyai lingkungan yang bersih. apabila sudah bersih maka kita semua juga akan nyaman belajar.

Demikian pidato saya ini apabila terdapat salah kata mohon dimaafkan wabillahi taufiq walhidayah
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


CONTOH PIDATO 2 PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN


Cottage, House, Homestead, Veranda


Assaalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMA Kondang Sari
Kepada yang terhormat Wakil kepala sekolah SMA Kondang Sari
Yang terhormat seluruh Bapak dan Ibu guru beserta jajaran Staf Tata Usaha SMA Kondang Sari

Pertama-tama mari kita panjatkan Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas berkat limpah dan rahmatnya kita semua dapat berada disini mengikuti upacara bendera dalam keadaan sehat amin yarrobal allamin. sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW kepada para keluarganya,sahabatnya serta pengikutnya sampai akhir zaman termasuk kita semua.

Di pagi yang cerah ini saya akan menyampaikan perilhal tentang pentingnya menjaga kebersihan. pada saat ini banyak orang yang sedang sakit. mulai dari sakit ringan sampai sakit yang lumayan parah. begitupula baru-baru ini banyak dari daerah Indonesia sedang mengalami musibah banjir sampai memasuki rumah mereka. tentunya kita semua tidak mengiginkan terjangkit penyakit dan terkena musibah banjir seperti mereka bukan? nah untuk mengatasi ini bisa dimulai dari hal yang sangat kecil terlebih dahulu. kita ketahui dulu apa penyebab berawalnya musibah dan penyakit itu terjadi. bila dikaitkan keduanya memiliki penyebab yang sama. apa ada yang tahu karena apa? semuanya bisa terjadi karena berawal dari kurangnya menjaga kebersihan.

Mungkin teman-teman disini sudah mengetahui pentingnya menjaga kebersihan tetapi masih belum banyak yang mengetahui arti pentingnya secara jelas mengapa dikatakan bisa sangat penting. jawabanya bukan hanya menjadikan lingkungan bersih saja. akan tetapi bisa mencegah dari berbagai hal yang saya bilang sebelumnya seperti musibah banjir atau terserang penyakit. mari kita bahas apa penyebab utama dari banjir tersebut? tentunya awalnya dari lingkungan kotor yaitu sampah-sampah yang meyumbat aliran air menuju saluran air yang akhirnya mengakibatkan banjir.

Begitupula dengan penyakit. apabila lingkungan yang tidak bersih maka pasti akan banyak kuman dan binatang yang berbahaya yang bisa mendatangkan penyakit misalnya seperti nyamuk, kecoa,tikus binatang-binatang tersebut merupakan hewan yang membawa virus serta bakteri jahat yang pastinya akan mendatangkan penyakit kepada kita. dan nantinya kita semua akan terserang penyakit seperti demam berdarah, terkena diare, maupun saluran infeksi pernapasan. bukankah itu sangat berbahaya?

Nah untuk itu marilah semua mulailai menjaga kebersihan lingkungan. buanglah sampah-sampah yang berserakan jangan sampai kita bermalas-malasan untuk mengerjakanya karena ini semua bisa mendatangkan penyakit ataupun musibah yang bisa merugikan kita sendiri. sebaliknya apabila lingkungan bersih maka kita semua akan terbawa bersih dan juga sehat. kalo perlu lakukan kerja bakti bersama,beramai-ramai membersihkan lingkungan kita ini. sehingga semua pekerjaan akan bisa teratasi dengan cepat dan tidak melelahkan.

Demikian pidato dari saya ini semoga teman-teman semua bisa mengambil pelajaran dari apa yang saya sampaikan ini dan semoga dengan melakukan kewajiban kebersihan ini allah menjadikan kita sebagai orang-orang yang beriman amin yarobbal allamin. mohon maaf atas segala kekuranganya serta apabila ada kata-kata yang kurang berkenang mohon dimaafkan.
Wasalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel