-->

Contoh pidato Memperingati hari kemerdekaan Indonesia/HUT RI yang ke 74

Pada hari ini tepatnya 17 Agustus 2019 Indonesia sedang memperingatkan hari kemerdekaanya yang ke 74. semua orang sedang turut merayakanya karena Indonesia pada zaman dulu pernah dijajah selama beratus-ratus tahun lamanya dan sempat putus asa. namun dengan usaha gigih para pejuang untuk memerdekakan negara ini maka terwujudlah impian mereka yaitu memerdekakan Indonesia berkat pengorbanan jiwa maupun raga mereka sampai saat ini Indonesia masih berdiri kokoh dalam keadaan merdeka.

Berikut merupakan Contoh pidato untung memperingati hari kemerdekaan Indonesia

Assaalamualaikum Wr. Wb.

Ceremony, Independence Day, Red White

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMAN 9 Cirebon
Kepada yang terhormat Wakil kepala sekolah SMAN 9 Cirebon
Yang terhormat seluruh Bapak dan Ibu guru beserta jajaran Staf Tata Usaha SMAN 9 Cirebon

Pertama-tama mari kita panjatkan Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas berkat limpah dan rahmatnya kita semua dapat berada disini mengikuti upacara bendera dalam keadaan sehat amin yarrobal allamin. sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW kepada para keluarganya,sahabatnya serta pengikutnya sampai akhir zaman termasuk kita semua.

Di pagi yang cerah ini saya akan menyampaikan pidato tentang arti pentingnya kemerdekaan bagi suatu bangsa terutama bangsa Indonesia ini dimana para pejuang bangsa terdahulu yang telah banyak berkorban mengeluarkan segala tenaga serta jiwa dan raganya untuk memperjuangkan dan melindungi negara tercinta ini hingga sampailah pada hari dimana merupakan hari yang sangat bahagia yaitu adalah hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pada hari ini 17 Agustus 2019 kita sebagai siswa/siswi SMAN 9 Cirebon mengikuti upacara bendera sebagai bentuk rasa syukur atas merdekanya negara Indonesia yang ke 74. dengan ini kita sudah merasa bebas dari penjajah. tetapi rasa kemerdekaan ini tidak hanya berada pada kata-kata saja tetapi haruslah dibuktikan dengan tekad dan usaha yang keras.

Agar bisa berperan membangun negara tidak hanya melawan penjajah saja. untuk dapat melanjutkan perjuangan seperti pahlawan terdahulu. kita semua sebagai pelajar haruslah melakukan fungsinya dengan baik dan semaksimal mungkin yaitu menjadi lebih giat belajar dengan sungguh-sungguh, dengan begini kita juga mempunyai tujuan yang sama seperti para tokoh pejuang lainnya yaitu untuk membantu membangun negara Indonesia ini menjadi lebih maju dan merdeka.

Tidak bagi para pelajar saja. tetapi untuk semua masyarakat warga Indonesia haruslah ikut serta dalam membangun negara Indonesia ini menjadi lebih baik. seperti para guru harus semangat untuk mencerdaskan anak bangsa. sebagai seorang atlet teruslah kembangkan bakatmu agar bisa bertarung dalam pertandingan. serta para pedagang haruslah lebih kreatif membuat sebuah innovasi agar barang yang dihasilkan bisa dilirik di mata dunia.

Bukanlah hal yang sulit untuk dapat berperan membangun sebuah negara. tetapi mulailah terlebih dahulu pikirkan apa potensi dan keahlian yang dimiliki setelah itu kembangkan serta fokus terhadap apa yang telah dijalani lewati segala rintangan dan tantangan dan yakinkan bahwa semua yang dilakukan akan mencapai pada titik keberhasilan. apabila semua itu sudah dilewati niscaya kamu sudah berjaya dan bisa dikatakan bahwa anda sudah bisa berhasil seperti para pejuang yang telah memerdekakan negara ini.

Itulah cara yang bisa kita jalani agar dapat membangun negara ini menjadi lebih makmur persis seperti para pejuang yang telah mengorbankan segalanya untuk negeri ini. semoga kita semua dapat memetik pelajaran dari apa yang disampaikaan tadi. kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada kata-kata kurang berkenang. wabillahi taufiq wal hidayah
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


AKHIR KATA
Itulah pidato untuk memeringati hari kemerdekaan Indonesia semoga dengan adanya pidato ini membuat sobat bisa lebih mencintai tanah air dan lebih semangat lagi untuk belajar menggapai cita-cita. karena semua itu memerlukan perjuangan dan usaha yang sangat keras untuk mendapatkanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel