-->

Contoh makalah tentang pentingnya imunisasi pada anak-anak

BAB I

PENDAHULUAN

Latar belakang

Syringe, Shot, Medicine, Bottle, Medical


Semua ibu pasti ingin memberikan yang terbaik pada anaknya termasuk dalam hal kesehatan. apabila anak sehat maka pertumbuhanya juga akan tumbuh dengan baik. tidak sedikit anak-anak di Indonesia mengalami kasus penyakit berbahaya seperti tifus demam berdarah dan masih banyak yang lainnya. dengan begitu pertumbuhan anak akan tertunda dan anakpun akan mengalami pertumbuhan yang sangat lambat. untuk mengatasi ini diperlukan cara untuk menjaga kesehatan anak dari berbagai macam penyakit. tetapi tidak hanya dengan memberikan asupan makanan yang sehat saja tetapi diharuskan melakukan imunisasi agar anak kebal terhadap macam-macam penyakit. Imunisasi adalah pemberian vaksin kepada anak agar anak menjadi lebih kebal terhadap suatu penyakit. dengan begini keadaan imunitas anak akan terjaga dan tidak bisa terserang penyakit. bukanya tidak mungkin anak terkena penyakit tetapi ini akan mengecilkan kemungkinan anak terserang penyakit. tetapi masih banyak ibu-ibu yang tidak memperdulikan pemberian imunisasi kepada anak-anaknya padahal imunisasi sangat-sangatlah penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Rumusan masalah
  1. Apa manfaat dari imunsisasi?
  2. Bagaimana cara melakukan imunisasi?
  3. Apa efek samping dari imunisasi?
Manfaat penelitian
  1. Mengetahui manfaat imunisasi
  2. Mengetahui bagaimana cara melakukan imunisasi
  3. Mengetahui apa efek samping dari imunisasi
Tujuan penelitian
  1. Agar anak-anak dapat terlindungi dari berbagai macam penyakit
  2. Agar ibu-ibu mengetahui seberapa pentingnya imunisasi bagi anak
  3. Agar terciptanya anak-anak terbebas dari penyakit

BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian imunisasi
Imunisasi adalah pemberian vaksin kepada anak-anak agar anak mempunyai anti bodi yang kuat dan dapat melindungi dari berbagai macam virus penyakit. vaksin yaitu sebuah virus yang dilemahkan yang dimasukan kedalam tubuh anak untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. pemberian vaksin dilakukan dengan cara di suntik atau tetes mulut. memang sebenarnya anak sudah mempunyai sistem imun yang berasal dari ibunya dari sewaktu lahir tetapi sistem imun tersebut tidak bertahan lama sehingga harus dibentuk sistem imun yang baru kepada anak. dengan pemberian vaksin anak bisa terlindungi 90 % dari penyakit. memang tidak 100% terlindungi akan tetapi peluang terkena penyakitnya akan menjadi lebih kecil jika memberinya imunisasi. Pemberian imunisasi bisa dilakukan pada posyandu terdekat atau bisa dilakukan di puskesmas. sebaiknya segeralah melakukan imunisasi kepada sang buah hati anda sebelum terlambat. karena pemberian imunisasi sangat menolong anak agar tidak terkena penyakit yang berbahaya.

Terdapat banyak sekali jenis-jenis imunisasi yang dapat diberikan untuk anak diantaranya adalah
  1. Hepatitis B
  2. Dengue
  3. HPV
  4. Varisela
  5. Hepatiti A
  6. Tifus
  7. Influenza
  8. PCV 
  9. MMR
  10. Campak
  11. DPT
  12. BCG
  13. Polio
  14. Rotavirus
  15. Hib
Efek samping imunisasi
Melakukan imunisasi akan kemungkinan mengalami efek samping seperti nyeri pada daerah bekas suntikan,flu,demam ringan serta lemas dan pegal-pegal. tetapi gejala tersebut ada yang mengalaminya dan ada juga yang tidak mengalaminya tergantung kondisi anak tersebut dan jika mengalaminya pasti akan hilang dalam waktu beberapa hari. tetapi ada juga diantara anak-anak yang mengalami penyakit serius setelah melakukan imunisasi seperti kejang,demam tinggi,infeksi paru-paru tetapi kejadian ini sangat jarang terjadi.

Seberapa pentingkah melakukan imunisasi
Melakukan imunisasi memang bisa saja menimbulkan efek samping tetapi jika dibandingkan dengan khasiatnya untuk anak-anak tentunya lebih banyak ketimbang dengan dampak buruknya. tetapi saat ini imunisasi sudah terbilang aman dan diawasi oleh badan resmi Indonesia yaitu Kementrian kesehatan. jadi kita sebagai seorang ibu tidak perlu khawatir dengan program imunisasi ini. melakukan pencegahan akan lebih baik dari pada harus mengobati. bukankah begitu?


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan
Imunisasi adalah pemberian vaksin kepada anak-anak yang bertujuan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh agar anak bisa kebal terhadap jenis penyakit apapun. vaksin berupa virus yang dilemahkan yang dimasukan kedalam tubuh anak untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. pemberian vaksin bisa dilakukan melalui jarum suntik atau bisa melalui tetes mulut. melakukan imunisasi memang bisa menimbulkan efek samping ringan seperti flu,lemas serta demam ringan. tetapi keuntungan yang didapat dari imunisasi jauh lebih banyak dibandingkan efek samping yang bisa hilang dalam beberapa hari. 

Saran
Janganlah ragu untuk memberikan imunisasi kepada anak-anak karena sekarang ini imunisasi sudah diawasi oleh menteri kesehatan sehingga sudah terbukti sangat aman. jadi sebagai orang tua tidak perlu takut atau ragu ketika ingin memberikan imunisasi kepada anaknya karena manfaat yang didapat bisa dipakai dalam jangka panjang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel