-->

Contoh makalah tentang sosialisasi gerakan literasi membaca

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Tea Time, Poetry, Coffee, Reading

Membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat sekali terutama bagi seorang pelajar. tidak hanya pelajar saja tapi semua kalangan diharuskan memperbanyak membaca, dengan membaca kita bisa mengetahui berbagai macam informasi yang sangat penting serta menambah ilmu dan wawasan kita. tetapi di era sekarang ini aktifitas membaca sudah mulai memudar, kebanyakan orang lebih senang menonton dari pada harus membaca. banyak dari orang-orang berpendapat membaca adalah hal yang sangat membosankan dan bikin cepat mengantuk. memang membaca tidak seenak dibandingkan dengan menonton, akan tetapi hanya dengan menonton saja sangatlah sedikit informasi yang didapat. kebiasaan ini haruslah segera di ubah dikarenakan apabila budaya membaca sudah berkurang maka dikhawatirkan bangsa ini akan buta informasi dan tidak bisa mengalami kemajuan seperti negara-negara maju lainnya.

Rumusan masalah
  1. Mengapa masyarakat sudah mengabaikan akan pentingnya membaca?
  2. Bagaimana cara merubah kebiasaan mereka betapa pentingnya membaca?
  3. Apa solusi agar kegiatan membaca lebih menyenangkan?
Tujuan Penelitian
  1. Memberikan sosialisasi kepada masyarakat betapa pentingnya membaca
  2. Merubah perilaku masyarakat agar lebih rajin membaca
  3. Memberikan metode yang tepat agar kegiatan membaca lebih menyenangkan
Manfaat penelitian
  1. Mengimbau agar masyarakat lebih sering membaca karena membaca adalah gudang ilmu
  2. Membuat masyarakat lebih mengenal berbagai informasi dari media tulisan

BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian membaca
Membaca adalah seuatu kegiatan yang sangat bermanfaat. mengapa demikian? karena dengan membaca kita bisa mengetahui bermacam-macam informasi yang didapat tergantung apa yang dibaca. dengan membaca kita juga bisa melatih cara berbahasa yang baik dan benar dan bisa memperbanyak kosa kata didalam otak kita sehingga sewaktu kita ingin berpidato atau menulis sebuah cerita maka kita tidak kehabisan kata yang membuat tulisan menjadi lebih banyak serta bervariasi. lakukanlah aktifitas membaca pada waktu senggang. selain bisa mengisi waktu kita bisa sambil belajar juga.

Bagaimana cara agar kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan?
Di era modern ini sudah mulai banyak orang tidak memperdulikan lagi dengan buku atau media tulis lainnya sehingga kemampuan membaca dan informasi yang didapat menjad kurang. padahal ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan. agar membaca menjadi lebih menyenangkan kita bisa mengadakan membaca bersama yang membuat suasana disekitar menjadi lebih tenang karena semua orang sedang fokus membaca. bisa juga membaca sambil menikmati cemilan pasti akan terasa lebih asyik terlebih lagi dengan berada disuasana yang sejuk contohnya di daerah sekitar pegunungan, di kamar atau disekitar taman.

Membaca tidaklah memandang usia karena ada pepatah mengatakan "carilah ilmu sampai ke negeri Cina" oleh karena itu pada kalangan muda ataupun tua diharuskan menuntut ilmu dengan membaca. tidak ada salahnya memulai membaca dari koran atau majalah secara terus-menerus pasti anda akan menemukan manfaat yang didapat dari membaca.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa dengan membaca membawa banyak sekali manfaat untuk kita khususnya dapat menambah ilmu dan memperkuat daya ingat kita. tak peduli pada waktu apapun dan dimanapun kegiatan membaca merupakan hal yang sangat mudah dilakukan. melakukan kegiatan membaca bersama teman atau kerabat merupakan salah satu cara agar menumbuhkan minat baca seseorang dan teruslah lakukan setiap harinya maka anda bisa merasakan manfaat yang akan didapat setelah membaca buku tersebut. atau anda bisa pergi ke perpustakaan beramai-ramai bersama untuk mengadakan membaca bersama pasti akan lebih terasa menyenangkan. tidak ada alasan untuk tidak membaca karena dengan memulai hal yang seperti inilah seseorang bisa tumbuh menjadi orang yang sukses.

Saran
Janganlah sia-siakan waktu anda. luangkanlah sedikit waktu anda untuk membaca entah buku apa saja karena membaca merupakan jembatan ilmu yang bisa membawa kita menjadi orang yang kaya ilmu. tidak jarang orang yang sukses berawal dari membaca sebuah buku. karena buku juga bisa membawa kita untuk mencari inspirasi untuk memulai sebuah karya. hilangkan rasa malas membaca yaitu dengan cara menumbuhkan rasa ingin tahu pada diri kita, dengan begitu membaca menjadi tidak lagi membosankan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel