-->

Contoh makalah tentang pencemaran udara di daerah ibu kota

BAB I

PENDAHULUAN

Latar belakang

Coal Fired Power Plant, Coal Energy


Salah satu masalah yang timbul ketika tinggal daerah ibu kota adalah polusi udara. polusi udara kerap kali menjadi hal yang biasa terjadi. padahal polusi udara sangat membahayakan bagi kesehatan masyarakat ketika terhirup akan banyak penyakit yang bisa ditimbulkan dari asap tersebut. hal seperti ini haruslah segera ditindak. ibu kota yang seharusnya menjadi tempat yang sehat karena menjadi tempat pusat pemerintahan suatu negara bahkan lebih buruk dari wilayah desa yang miliki udara yang segar dan asri.

Seperti halnya lingkungan yang sehat maka hidup kitapun akan sehat. udara juga perlu dijadikan masalah yang harus segera ditindaklanjuti. faktor yang menyebabkan tercemarnya polusi salah satunya ialah pabrik industri dan juga asap kendaraan. tiap harinya pabrik pasti akan terus beroperasi begitu juga dengan kendaraan seperti motor dan mobil yang selalu ada tiap hari. jika dibiarkan akan membuat udara di daerah ibu kota bisa bertambah buruk. 

Rumusan masalah
  1. Apa yang menyebabkan polusi udara di ibu kota selalu bertambah buruk?
  2. Bagaimana cara mengatasi pencemaran udara yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan?
  3. Bagaimana solusi supaya tetap sehat ketika hidup daerah yang banyak polusi udara?
  4. Penyakit apa saja yang dapat ditimbulkan oleh polusi udara?
Tujuan Penelitian
  1. Mengetahui apa yang menyebabkan polusi udara di daerah ibu kota menjadi memburuk
  2. Memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar menjaga anak dan keluarganya tidak keluar rumah ketika udara sedang tidak baik agar tidak terkena penyakit serius
  3. Memberikan masukan kepada walikota agar menindaklanjuti masalah polusi udara yang sedang terjadi saat ini
Manfaat penelitian
  1. Menjadikan lingkungan ibu kota bersih dari polusi udara
  2. Menjadikan masyarakat terbebas dari berbagai jenis penyakit 
  3. menjadikan masyarkat bisa beraktifitas dengan nyaman

BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian polusi udara
Polusi udara adalah suatu pencemaran udara yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan bagi yang menghirupnya. polusi udara sangat membahayakan masyarakat terutama pada anak-anak maupun orang tua dan bisa menyebabkan penyakit serius seperti penyakit pernapasan paru-paru, penyakit jantung, dan kambuhnya penyakit asma apabila mengidap asma. polusi udara mengandung banyak kandungan yang bisa membuat penghirupnya sesak seperti CO2,SO2,H2S. ketika seseorang sudah mengidap penyakit tersebut maka hal yang harus dilakukan adalah menjalani perawatan yang intensif di rumah sakit, oleh karena itu mencegah akan jauh lebih baik dari pada mengobati sebelum terlambat.

Bagaimana cara terhindar dari polusi udara?
Agar tidak terkena langsung udara yang kotor maka diharuskan menggunakan masker atau alat penutup hidung lainnya sehingga tidak mengenai langsung. dan jangan terlalu lama berada dilingkungan yang banyak polusinya disarankan jangan keluar rumah apabila masih terdapat udara yang kotor. hal ini dapat meminimalisir terjangkitnya suatu penyakit. apabila polusi tidak kunjung hilang disarankan pergi keluar kota agar bisa melakukan aktifitas dengan nyaman.

Apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan pencemaran udara ini?
Pencemaran udara bisa terjadi dari beberapa faktor, diantara bisa berasal dari asap pabrik, asap kendaraan, ataupun asap pembakaran sampah. Berikut merupakan cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir keadaan udara yang tercemar

Asap kendaraan
  • untuk mengatasi asap kendaraan hindari penggunaan kendaraan pribadi agar tidak menambah parah keadaan udara dan sekaligus menghilangkan macet.
  • Jangan menggunakan kendaraan yang menimbulkan banyak asap
  • gunakan kendaraan yang ramah lingkungan seperti sepedah
Asap pabrik
  • Melakukan penghijauan disekitar area tersebut
  • Memberikan masukan kepada pemilik pabrik agar mengolah limbah asap pabriknya terlebih dahulu sebelum dibuang ke udara bebas
  • tinggal di daerah jauh dari pabrik
Asap hasil pembakaran sampah
  • Melakukan daur ulang pada sampah
  • Menyalurkanya ke bank sampah selain mengurangi pembakaran bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan
Polusi udara mengandung banyak zat kimia CO2,SO2,H2S yang artinya mempunyai dampak yang sangat buruk terutama pada kesehatan. salah satu cara agar tidak terkena penyakit serius pada paru-paru adalah dengan menggunakan masker dan tidak berada pada daerah yang berpolusi. hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi polusi udara adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan,tidak membakar sampah, dan tidak tinggal di kawasan pabrik. hal itu semua bisa memperbaiki keadaan di udara. jika polusi udara terus bertambah dan dibiarkan secara terus-menerus bisa mengakibatkan hal yang lebih buruk lagi yaitu menipisnya lapisan ozon di atmosfer yang membuat bumi akan semakin panas.


Saran
Sebaiknya kurangi aktifitas yang dapat menngakibatkan polusi udara dan menggantinya dengan cara alternatif seperti penggunaan kendaraan bermotor digantikan dengan pemakaian sepeda yang lebih ramah lingkungan, melakukan pengolahan limbah asap pabrik terlebih dahulu sebelum dibebaskan dan usahakan melakukan daur ulang pada limbah dari sampah rumah sehingga akan membuat polusi udara berkurang dan masyarakat bisa melakukan aktifitas dengan nyaman. apabila masyarakat masih susah diatur wali kota haruslah secepatnya melakukan tindakan agar tidak menambah buruknya keadaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel