-->

Contoh Makalah singkat tentang bencana alam di Indonesia

BAB I

PENDAHULUAN

Latar belakang

Pada saat ini Indonesia sedang mengalami bencana alam yang sangat dasyat sampai memakan banyak korban jiwa setiap tahunya. beberapa bencana nya yaitu adalah tsunami,gempa bumi dan masih banyak yang lainnya. akibat bencana ini ratusan orang kehilangan semua harta benda maupun tempat tinggal nya dan diharuskan mengungsi ke tempat tinggal yang jauh dari tempat asalnya. hal ini memang tidak dapat dihindari dan kita semua diharuskan selalu waspada terhadap bencana alam yang bisa mengancam jiwa. pada beberapa bencana alam ada hal yang mungkin bisa kita ketahui kehadiranya dengan selalu membuka informasi berita yang sedang terjadi sehingga kita bisa mengantisipasi datang nya hal tersebut.

Rumusan Masalah
  1. Mengapa bencana alam sering terjadi?
  2. Adakah cara untuk mengatasi bencana alam yang sedang terjadi?
  3. Hal-hal apa saja yang harus dilakukan ketika sedang terjadi bencana alam?
Tujuan Penelitian
  1. Untuk mengetahui apa penyebab dari bencana alam tersebut
  2. Untuk mengetahui hal apa saja untuk mencegah bencana alam terjadi
  3. Untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana alam
Manfaat Penelitian
  1. Sebagai himbauan kepada masyarakat untuk segera pergi mengungsi jika sedang terjadi bencana alam
  2. Mengetahui gejala yang mungkin akan terjadi bencana alam
  3. Melakukan sebuah hal untuk mencegah terjadinya korban jiwa yang lebih banyak lagi


BAB II

PEMBAHASAN  

Pengertian bencana alam

Bencana alam adalah suatu musibah yang menyebabkan kerusakan lingkungan yang sangat parah dan bisa menimbulkan korban jiwa jika tidak mengetahui kehadiranya. berbagai macam bencana alam yang sering terjadi di Indonesia adalah Gempa bumi,banjir,tsunami,gunung meletus. bencana alam terjadi karena beberapa hal yang tidak bisa kita cegah dan ada juga yang bisa kita cegah seperti gempa bumi yang bergeseran dari lempeng bumi yang tidak bisa kita cegah.
Berikut merupakan penjelasan secara rinci jenis-jenis bencana alam yang sering terjadi di Indonesia

A. Gempa bumi

Earthquake, Rubble, Collapse, Disaster

Gempa bumi adalah suatu peristiwa alam yang menyebabkan getaran yang terjad dipermukaan bumi. ada dua jenis gempa bumi yaitu gempa bumi tektonik dan gempa bumi vulkanik. gempa bumi tektonik merupakan gempa bumi yang diakibatkan oleh pergeseran lempeng bumi yang menyebabkan getaran disekitar daerah tersebut. gempa bumi vulkanik disebabkan oleh aktivitas gunung berapa yang dimana gempa nya hanya terjadi pada daerah sekitar gunung berapi saja. alat untuk mengukur gempa dinamakan seismometer. tingkat keparahan suatu gempa bumi diukur berdasarkan besar kecilnya magnitude. tidak ada hal yang bisa mencegah dari gempa bumi ini tetapi kita bisa mengantisipasi dengan mengungsi atau pergi ke tempat terbuka untuk bisa terhindar dari gempa bumi ini.

B. Tsunami

Fantasy, Dramatic, Tsunami, Water, City

Tsunami adalah suatu bencana alam yang menyebabkan gelombang air laut yang besar menimpa daratan yang diakibatkan karena adanya goncangan gempa yang terjadi di dasar laut. tsunami sangat berbahaya sekali karena bisa mengakibatkan kerusakan yang sangat besar dan yang paling parah terjadi di daerah yang berada di pinggir laut. untuk mengantisipasi terjadinya bencana ini apabila telah terjadi gempa pada dasar laut dihimbau masyarakat yang berada didaerah sekitar laut pergi ketempat yang lebih jauh dari lautan karena mungkin akan terjadi gempa susulan yang lebih besar lagi dari sebelumnya.

C.Banjir

Flooding, Surreal, Living Room, Design

banjir merupakan peristiwa air yang mengalir dari suatu perairan ke daratan sehingga menyebakan daratan terendam air. banjir merupakan sebuah bencana yang tidak cukup besar tetapi bisa merugikan masyarakat. banjir bisa disebabkan oleh hujan yang turun tanpa henti dan bisa juga diakibatkan oleh pembuangan sampah ke sungai yang menyebabkan air meluap ke daratan. untuk mengatasi banjir bisa dilakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan ke tempat aliran air atau membuat sumur resapan.

Dampak Bencana alam

  1. Dapat menelan korban jiwa yang sangat banyak
  2. Merusak kawasan daerah pemukiman masyarakat
  3. Hilangnya mata pencaharian masyarakat dan tempat tinggal
Upaya pencegahan

  • Selalu berdoa kepada tuhan agar selalu diberi lindugan dan keselamatan dari bencana banjir
  • Selalu waspada dengan datang nya bencana yang tak terduga dengan selalu memperhatikan keadaan sekitar
  • Apabila terjadi bencana alam langsunglah pergi ke tempat yang sangat jauh



BAB III

PENUTUP


Kesimpulan

Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa
  • Bencana Tsunami dan gempa bumi merupakan bencana alam yang sangat berbahaya dan bisa menelan korban jiwa yang tidak sedikit. bencana ini tidak dapat dihindari oleh karena itu kita diharuskan menghadapi nya dengan selalu waspada.
  • Bencana banjir merupakan bencana yang bisa kita atasi dengan cara melakukan pembuangan sampah tidak sembarangan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan 


Saran

Datangnya bencana alam seperti Tsunami atau gempa bumi tidak bisa kita hindari oleh karena itu bagi masyarakat yang tinggal didaerah pinggir laut dan dekat dengan gunung berapi yang masih sangat aktif selalu waspada dengan bencana apapun yang akan terjadi karena kita tidak akan mengetahui akan ada peristiwa apa yang bisa menimpa kita. apabila telah terjadi maka jalan salah satunya untuk menyelamatkan diri hanyalah mengungsi ketempat yang lebih aman sampai keadaan nya membaik

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel