-->

Contoh makalah tentang penyebab hilangnya budaya Indonesia akibat arus globalisasi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dancer, Asia, Art, Bangkok, Pretty

Budaya adalah suatu adat atau kebisaan yang sering dilakukan oleh masyarakat di suatu daerah atau kawasan tertentu yang biasanya diturunkan secara turun temurun kepada anak dan cucunya. di negara Indonesia sangat banyak sekali ragam macam budaya yang unik dan sangat khas yang bisa kita lihat di televisi. contoh nya upacara adat ngaben di bali,kesenian tari topeng,dan kesenian tari jaipong tetapi dari sekian banyak budaya yang ada di negara ini, pada saat ini sudah mulai tidak menampakan lagi keberadaanya yaitu sudah mulai pudar atau jarang sekali masyarakat melakukan budaya tersebut. hal ini tentunya akan membuat budaya tersebut akan hilang. tentunya kita tidak mau membuat budaya tersebut hilang begitu saja karena itu merupakan identitas yang bersumber dari daerah kita yang patut dibanggakan dan dilestarikan. diperlukan adanya tindakan yang harus dilakukan agar budaya tersebut tidak hilang. yang dikhawatirkan apabila budaya yang sebenarnya dari dulu kita miliki tetapi karena tidak melestarikanya maka bisa terjadi pencurian budaya oleh negara lain. 

Rumusan masalah

  1. Apa yang menyebabkan budaya daerah menjadi pudar?
  2. Bagaimana cara melestarikan budaya Indonesia agar tidak hilang?
  3. Apa manfaat dari adanya keberagaman budaya di Indonesia?
Tujuan penelitian
  1. Mengetahui apa penyebab budaya daerah mejadi pudar
  2. Mengetahui cara melestarikan budaya Indonesia agar tidak hilang
  3. Mengetahui manfaat dari adanya keberagaman budaya di Indonesia
Manfaat penelitian
  1. Agar budaya Indonesia terus tetap ada sampai sekarang ini
  2. Agar masyarakat mau mengakui dan mecintai budaya daerahnya masing-masing
  3. Agar budaya di Indonesia tidak diambil alih oleh negara lain

BAB II

PEMBAHASAN

Penyebab pudarnya budaya bangsa
Dalam berbagai suku ras dan antar golongan pasti memiliki berbagai macam budaya yang berbeda. budaya inilah yang bisa membedakan kita satu dengan yang lainnya yang mempunyai ciri khas tersendiri. tetapi belakangan ini budaya tersebut sudah mulai hilang karena faktor globalisasi yang sangat kuat. beberapa orang lebih menyukai budaya luar seperti meniru pakaian ala orang korea. hal ini akan berdampak pada pudarnya budaya yang kita miliki sendiri. seharusnya sebagai anak bangsa kita haruslah mencintai budaya bangsa kita sendiri tidak usah meniru budaya orang luar yang justru akan menimbulkan dampak menyimpang.

Seberapa pentingkah melestarikan budaya kita sendiri?
Budaya merupakan sesuatu yang harus kita lestarikan dan dijaga agar tidak sampai hilang karena semua itu adalah warisan budaya nenek kita yang telah lalu. terus bagaimana cara agar kita bisa melestarikan budaya tersebut agar tidak sampai hilang? agar tidak hilang kita harus mau mempelajari budaya kita sendiri dan selalu ikut serta di berbagai acara kebudayaan yang selalu dilakukan oleh para orang tua seperti mengikuti acara grebek syawal, dengan begitu budaya ini pasti tidak akan hilang dan akan terus ada sampai sekarang ini.

Seberapa manfaatkah budaya yang kita miliki ini?
Memiliki budaya sendiri merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena dengan begini kita bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dan apabila kita memajukan budaya sendiri akan dapat menjadikan identitas bangsa di mata dunia. jadi kita harus senantiasa melestarikan serta menjaganya agar budaya tidak sampai hilang atau dicuri oleh negara lain.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan
Memiliki budaya sendiri adalah sesuatu hal yang harus dibanggakan karena ini sebagai wujud identitas bangsa di mata orang asing dan harus terus kita jaga dan lestarikan agar keberadaan nya tidak hilang. 

Saran
Sebagai warga Indonesia sebaiknya tidak terikut dengan arus globalisasi yang sangat berlebihan. kita patut mencintai budaya kita sendiri dan tidak usah mengikuti budaya luar yang pastinya akan sangat menyimpang dari budaya kita sendiri. bahkan yang lebih parahnya lagi saking senangnya dengan budaya luar menjadikan budaya kita sendiri sudah tidak dipelajari dan lama kelamaan bisa hilang karena tidak dilestarikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel