-->

Contoh makalah tentang naiknya harga sembako di pasar

BAB I 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Noodles, Rice, Potatoes, Food, Eat


Sembako atau sembilan bahan pokok merupakan salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. sembako terdiri dari 9 jenis bahan makanan yaitu beras,telor,kecap,gula pasir,minyak goreng,susu, jagung,minyak tanah, dan garam. namun kebutuhan pokok yang sangat diperlukan sehari-hari ini semakin kesini semakin meroket harganya. tidak seribu ataupun dua ribu bahkan naiknya mencapai 50 persen dari harga normal. tentunya ini sangat meresahkan masyarakat khususnya bagi yang memiliki keadaan ekonominya sangat minim sekali. terlebih lagi pada saat menjelang hari raya seperti idul fitri harganya bukan main-main sampai naik dua kali lipat dari biasanya.

Rumusan Masalah
  1. Apa yang menyebabkan naiknya harga sembako?
  2.  Bagaimana cara yang harus dilakukan agar harga sembako dipasar menjadi normal kembali?
  3. Bagaimana cara menyikapi tentang masalah kenaikan harga sembako yang mencapai 50 persen ini?
Tujuan penelitian
  1. Mengetahui apa penyebab naiknya harga sembako
  2. Mengetahui cara yang harus dilakukan agar harga sembako menjadi normal
  3. Mengetahui cara menyikapi kenaikan harga sembako yang lagi naik ini
Manfaat penelitian
  1. Menjadikan harga sembako dipasaran menjadi normal kembali
  2. Menjadikan warga menjadi lebih sejahtera
  3. Supaya pemerintah mau turun tangan untuk membantu menurunkan harga sembako 


BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Sembako
Sembako atau kepanjangan dari sembilan bahan pokok adalah kebutuhan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. pada saat ini sembako sedang mengalami penaikan yang cukup besar-besaran sehingga masyarakat tidak mampu membeli bahan sembako untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. hal ini tentunya membuat masyarakat menjadi harus mengurangi barang belanjaanya dan lebih ekstra berhemat agar bisa memenuhi kebutuhanya. faktor yang menyebabkan harga sembako naik sangat bermacam-macam diantaranya menaiknya permintaan suatu barang sedangkan suplai barang rendah atau bisa juga karena meningkatnya ongkos produksi. tentunya semua ini dapat kita sikapi dengan membeli bahan pengganti yang memiliki fungsi yang sama. contohnya membeli gandum mempunyai fungsi yang sama dengan beras yaitu sebagai makanan pokok dikala beras sedang mengalami kenaikan harga.

Apa tindakan yang harus dilakukan agar harga sembako normal kembali?
Untuk mengatasi harga sembako menjadi normal kembali diharapkan pemerintah ikut turun tangan dengan mengadakan operasi pasar. operasi pasar adalah program yang diadakan pemerintah yaitu menjual berbagai macam bahan sembako dengan harga normal atau dibawah harga normal sehingga masyarakat bisa mendapatkan bahan sembako dengan harga murah. hal ini perlu dilakukan mengingat harga sembako yang makin hari terus menaik dipasaran. dengan begini juga bisa membuat para penjual sembako akan menurunkan harga jualnya menjadi harga seperti biasa karena adanya operasi pasar.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan
Sembako merupakan singkatan dari sembilan bahan pokok yang terdiri dari beras,telor,kecap,gula pasir,minyak goreng,susu, jagung,minyak tanah, dan garam. namun pada sekarang ini harga sembako makin hari makin meningkat seiring berjalanya waktu. praduga penyebabnya adalah meningkatnya permintaan atau meningkatnya harga produksi. mengingat kebutuhan harga sembako yang makin lama makin menaik diharuskan ada tindakan dari pemerintah untuk menurunkan harga sembako menjadi normal kembali. salah satunya adalah dengan melakukan operasi pasar dengan bertujuan untuk menurunkan harga sembako menjadi kembali normal. hal ini akan membuat para warga dapat menikmati harga sembako murah dan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Saran
Sebaiknya para oknum-oknum yang membuat harga pasar menjadi melonjak segera ditindaklanjuti mengingat keadaan ekonomi masyarakat yang masih memprihatinkan. yaitu para oknum yang membeli hasil panen dalam jumlah yang besar kemudian hasil yang mereka dapatkan ditimbun dan disimpan sampai persediaan pasar menipis setelah itu mereka menjualnya dengan harga yang sangat mahal. hal yang seperti inilah yang bisa merugikan semua orang. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel