-->

Contoh makalah tentang pentingnya kebersihan lingkungan

BAB I

PENDAHULUAN

Latar belakang

Trees, Hill, Green, Blue, Nature, Park


Kebersihan merupakan satu hal yang paling penting dan harus selalu dijaga agar lingkungan menjadi bersih,nyaman dan terbebas dari berbagai macam penyakit. kebersihan tidak hanya dilakukan dirumah saja melainkan disemua tempat yang kita tinggali seperti sekolah,kantor dan tempat ibadah. apabila kebersihan tidak dijaga maka bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. 

Pada era modern ini masyarakat mulai banyak yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan, kebanyakan dari mereka bersikap anti sosial sehingga budaya gotong royong untuk membersihkan lingkungan sudah berkurang. hal ini tentunya akan membuat lingkungan menjadi kotor. oleh karena itu diperlukan menyadari masyarakat akan pentingnya gotong royong membersihkan lingkungan.

Rumusan masalah

  1. Apa pentingnya membersihkan lingkungan?
  2. Apa penyebab yang ditimbulkan akibat dari lingkungan yang kotor?
  3. Bagaiman cara menjaga kebersihan lingkungan?
Tujuan penelitian

  1. Menjelaskan akan pentingnya membersihkan lingkungan?
  2. Mengetahui berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyerang apabila berada pada lingkungan yang kotor
  3. Menjelaskan bagaimana cara menjaga kebersihan yang baik dan benar
Manfaat Penelitian 
  1. Menjadikan lingkungan agar selalu berssih dan bebas dari penyakit
  2. Menjadikan masyarakat supaya selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit
  3. Agar masyarakat dapat selalu rajin membersihkan lingkungan dengan melakukan gotong-royong 
BAB II

PEMBAHASAN


Seberapa pentingkah membersihkan lingkungan?
Salah satu cara agar kita dapat terbebas dari penyakit adalah kita harus senantiasa menjaga lingkungan tetap bersih. selain dapat terbebas dari penyakit, lingkungan yang bersih juga dapat membuat kita menjadi lebih nyaman serta lebih enak di pandang. sebagai seorang masyarakat yang beriman seharusnya sudah ada kesadaran sendiri untuk melakukan kebersihan rutin tiap hari atau seminimal mungkin satu minggu sekali. dampak yang mungkin terjadi apabila lingkungan tidak dijaga dan dirawat bisa menimbulkan banyak musibah yang bisa merugikan kita maupun orang lain salah satunya adalah banjir.

Penyakit apa saja yang dapat menyerang jika lingkungan kotor?
Jika lingkungan kotor akan banyak mendatangkan penyakit diantaranya adalah akan banyak nyamuk yang membuat orang bisa terserang penyakit demam berdarah, penyakit saluran pernapasan, serta penyakit gatal-gatal. dan masih banyak lagi. jika dilihat dari kebersihan Indonesia merupakan negara yang masih kurang memperhatikan kebersihan karena masih banyak sungai yang didalam nya terdapat tumpukan sampah,aliran air yang tersumbat dengan dedaunan dan juga jalanan yang berserakan plastik-plastik makanan tentunya kita sebagai warga lokal akan malu melihat lingkungan negara kita sangat kotor apabila dikunjungi oleh turis asing. oleh keran itu selalu jagalah kebersihan.

Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan?
Cara menjaga kebersihan linkungan yang pertama adalah dimulai dari sendiri bahwa menjaga kebersihan adalah hal yang sangat penting. yang kedua selalu rajin membersihan lingkungan dimanapun kita berada dan kalo perlu adakan bersih-bersih yang dilakukan oleh warga masyarkat minimal 1 minggu agar jalanan menjadi lebih bersih. yang ketiga lakukan kebiasaan untuk sering membuang sampah pada tempatnya karena hal ini yang akan menentukan seberapa bersih lingkungan kita apabila kita sering membuang sampah pada tempatnya.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan
Dari yang dijelaskan diatas menjaga kebersihan lingkungan adalah hal yang paling penting dilakukan. karena jika lingkungan dibiarkan begitu saja akan banyak menimbulkan berbagai penyakit. tentunya kita tidak ingin penyakit datang menyerang oleh karena itu kita dapat mencegahnya dengan menjaga kebersihan. jika kita sebagai warga negara Indonesia tidak bisa membersihkan lingkungan nya sendiri maka siapa lagi yang dapat menjaganya?

Saran
Kebersihan adalah sebagian dari iman. oleh karena itu, dengan membersihkan lingkungan maka kita sudah termasuk dalam orang-orang yang beriman. janganlah malas dalam melakukanya. karena apabila tidak dilakukan akan berdampak pada diri kita sendiri seperti terserang penyakit yang sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa contohnya penyakit demam berdarah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel